Juragan kapal Jerman, Peter Dohle merupakan pemesan terakhir yang diindikasi membangun ka-ge dan sudah menandatangani letter of intent (LOI) 8 x 10.000 TEUs dari galangan kapal RRCina, Yangzijiang Shipbuilding.
Media International Freighting Weekly (IFW) menyebutkan tumbuhnya order-order megabox di rute jarak jauh, untuk mengurangi biaya operasional supaya lebih hemat. Sederet nama besar yang sudah memesan ka-ge : Seaspan, Hanjin Shipping (HJS), NOL dan Rickmers Maritime.
Seaspan memesan 10 x 10.000 TEUs dengan opsi tambahan 18 unit lainnya, dengan nilai total USD 2,5 milyar. Sementara itu, HJS mengorder 5 x 13.000 TEUs seharga USD 850 juta namun tidak disebutkan galangan yang mendapat order HJS.
Ka-ge yang juga dikategorikan sebagai ultra large containerships (ULCS) diminati pelayaran-pelayaran global dengan alasan skala ekonomis. Efeknya dua sisi, bila berhasil bisa melindas kompetitor, bila gagal bersiaplah dengan krisis finansil internal.
Lantas ada sederet nama lain yang juga berangsur-angsur mengikuti sang pendahulu karena bila tak beradaptasi betul-betul bisa dilibas sang lawan. Waspadalah karena persaingan benar-benar bakal menggila !
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar