Setelah
sempat bertahan beberapa lama dan isu santernya di awal tahun 2017 lalu, PT Alken Line yang selama ini dikenal sebagai salah satu pemain di
wilayah timur, akhirnya menutup operasinya per tgl 12/01/17 dan dinyatakan pailit.
Kabar
ini jujur aja membuat sejarah dunia
pelayaran semakin muram. Gak cuma di dalam negeri tapi di luar negeri sono,
industri pelayaran pun tengah berkonsolidasi. Jadi, bila tahun ini baru merebak
di tanah air, semoga gak berkelanjutan.
Tahun
2016, ditandai dengan akuisisi APL oleh CMA CGM Group. Hapag-Lloyd (H-L) digabungkan dengan United Arab Shipping Co. (UASC) sehingga armada kapal H-L semakin
muda dan besar dari sisi kapasitas, apalagi sebelumnya H-L baru mengakuisisi CSAV Cile.
Awal
tahun 2017, Hamburg-Sud yang selama ini adem ayem diakuisisi oleh Maersk Line dengan nilai yang besar
tapi gak disebutin berapa jumlahnya. Kadang suka timbul pertanyaan menggelitik,
kenapa Maersk gak tertarik mengakuisisi pelayaran kecil untuk dijadikan feeder
?
Maksudnya
untuk wilayah Indonesia, gitu. Ato
udah ada cuma gak mo diramein he he he.
Ayoo kita simak dulu dampak bangkrutnya
Alken seperti apa ? Yang pasti isu kepemilikan container (karena sebagian besar
sewa), posisi kapal yang ada dan juga transaksi yang tertunda dengan vendor bisa
memiliki konsekuensi hukum.
Jangan
salah ya, bangkrutnya Hanjin Shipping
(HJS) sebagai pelayaran terbesar ke-7
di dunia saat itu (tahun 2016)
gak cuma menghebohkan dunia, koq bisa ? Tetapi dampak yang ditimbulkan, sealaihim
gedenya.
Sewa
kapal gak terbayar, kontainer sewa berceceran, transaksi pengiriman yang blon
tuntas, kerjasama dengan agen pelayaran sehingga menimbulkan klaim dan lain
sebagainya. Pokoknya, masalahnya bejibun dan butuh waktu sekian tahun untuk
membereskannya.
Nah
apakah dampak Alken bisa diminimalisir ato akan merugikan Pelanggan yang gak
tahu-menahu ihwal bangkrutnya pelayaran nasional yang pernah Berjaya di Tanah
Air ? Alken gak gede2 mat tetapi di awal sejarah, sempat dikenal dengan rute Surabaya – Luwuknya.
Ikut
prihatin.
Sumber
: Dari Sana-sini.
Kami dari PT. TWIN Logistics Ingin menawarkan penawaran kerjasama dalam pengurusan barang Import-Export dengan sistem RESMI & BORONGAN.
BalasHapusService Kami,
Import-Export Service
Customs Clearance Service
Pengiriman Door to Door Service
Penyewaan Bendera Perusahaan (Under-Name)
Pengiriman Domestic Keseluruh Wilayah Indonesia
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
DOOR TO DOOR SERVICES
NEGARA ASAL-JAKARTA
SINGAPORE To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
MALAYSIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
SHENZEN To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
YIWU To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
GUANGZHOU To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
SHANGHAI To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
HONGKONG To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
KOREA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
TAIWAN To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BANGKOK To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
AMERIKA ( U.S.A) To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
ARGENTINA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
AUSTRALIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
ALJAZAIR To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
AFRIKA SELATAN To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
AUSTRIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
ALBANIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BRUNAI DARUSALAM To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BULGARIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BOLIVIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BOSNIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BANGLADESH To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BELANDA BELGIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BRAZIL To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BELORUSIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
CHILLI To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
CEKOSLOWAKIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
CROASIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189