Pemegang saham individual di
pelayaran terbesar Jerman Hapag-Lloyd (H-L), Klaus-Michael Kuehne, menyarankan
agar H-L bisa digabung dengan Hamburg-Sud (H-S) untuk memperkuat posisinya
menjadi kekuatan ke-4 terbesar didunia sebagai operator kapal kontainer.
Dengan kekuatan agregat 1,05
juta TEUs, gabungan antara H-L dan H-S bisa semakin kuat dibelakang Maersk
Line, MSC dan CMA CGM. Media riset Alphaliner melihat kemungkinan tersebut tipis
kemungkinannya dan nyaris sulit diwujudkan.
Pasalnya, pemilik H-S,
Oetker Group sebelumnya pernah ditawari usulan serupa namun ngga digubris. Saat
ini H-S merupakan pemain ke-12 terbesar dan mengoperasikan 411.000 TEUs di
seluruh dunia.
H-L sendiri mengoperasikan
642.000 TEUs. Saham H-L kini dikuasai oleh Kuehne dan HGV (afiliasi pemerintah
kota Hamburg) dengan menguasai 77,9 % sementara TUI AG memiliki sisanya 22,1 %.
Posisi H-L kini no. 6 dibelakang COSCO (RRCina) dan Evergreen (Taiwan).
Seperti diketahui, mulai
awal 2013, TUI AG bakal melepas semua sahamnya dan cabut dari bisnis kontainer,
serta sudah melepas 17,4 % ke pihak H-L bulan Juni kemaren senilai euro 475
juta. Alphaliner pesimistis dengan usulan Kuehne diatas.
Kita tunggu perkembangan
selanjutnya saja, kadang si-kon industri maritim aneh bin ajaib.
Sumber : SN-TR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar