Minggu, 27 Juli 2014

JT 270714 : Libur Lebaran 2014 (27-31/07/14)

Dear Pembaca Yang Setia.

Guna menghormati acara ritual tahunan umat Muslim yang akan merayakan hari kemenangan di kampong halaman, kami pun berinisiatif untuk meliburkan diri, sekaligus menghormati hari libur nasional.

Tak ada kabar yang sempurna karena yang sempurna hanya milik Allah SWT. Tak ada juga informasi yang pas 100 persen karena selalu saja ada bias didalamnya. Tak ada gading yang tak retak dan tak ada manusia yang luput dari kesalahan.

Dari lubuk hati yang terdalam, kami menyampaikan “Selamat Idul Fitri 1 Syawal 14345 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin”.  

Kami libur mulai hari ini, tgl 27/07 sampai dengan 31/07. Semoga mulai tgl 01/08 semuanya sudah bisa normal kembali. Yang mau mudik, selamat mudik dan berhati-hatilah selama perjalanan. Sampai jumpa.

Wassalam, e-DITOR.

Sabtu, 26 Juli 2014

JT 260714 : "CSBC" Serahkan “Ever Loading” 8.508 TEUs

Ekspansi pelayaran Taiwan yang tengah membangun armada yang lebih modern dan baru, terus berlanjut. Belum lama ini, pihak Ëvergreen Line menerima kapal “Ever Loading” kapasitas 8.508 TEUs.

Kapal tipe L ato L-type di armada Evergreen ini buatan galangan kapal CSBC Corporation, Taiwan dan merupakan kapal ke-6 yang diserahkan CSBC ke pihak Evergreen. Ato merupakan kapal ke-26 dari total order pelayaran pengidola warna hijau ini.

Sepuluh unit diserahkan galangan Taiwan dan 20 unit lainnya dipercayakan ke galangan kapal Korea Selatan. Total kapal L-type yang dipesan mencapai 30 unit. Evergreen melancarkan program ekspansif di tahun 2010.

Empat kapal sisanya, akan diterima oleh pihak Evergreen tahun 2015 – kuartal 3 mendatang. Kesemua kapal akan dioperasikan di semua rute Evergreen namun penempatannya, ya terserah yang punya hajat.

Congrats !

Sumber : SN-TR.

Jumat, 25 Juli 2014

JT 250714 : Pesawat “Äir Algerie” Hilang Kontak


Otoritas bandara Aljazair mengaku telah hilang kontak dengan pesawat milik maskapai penerbangan nasional Aljazair, “’Äir Algerie” yang berpenumpang 116 orang. Pesawat tengah dalam perjalanan dari Ougadougou (Burkina Faso) ke Aljazair.

Kantor berita Aljazair, APS, pesawat yang hilang memiliki nomor penerbangan AH 5017, sejam setelah terbang dari Burkina Faso. Maskapai penerbangan Spanyol Swiftair mengkonfirmasi telah hilang kontak dengan pesawat MD-83 yang disewa Air Algerie.

Hingga kini, keberadaan pesawat masih belum diketahui. Namun sebelum kejadian hilangnya pesawat tersebut, cuaca di sekitar gurun Sahara memang sedang tidak bersahabat dan factor ini yang diduga membawa pesawat jatuh.

Pihak Swiftair menyebutkan, pesawat dengan kode ekor EC-LTV ini merupakan buatan McDonnel Douglas (MD) tahun 1996. Di tahun 1997, MD merger dengan Boeing dan menghentikan produksi pesawat berjenis MD-80 tahun berikutnya.

Serpihan pesawat AH 5017 ditemukan di dekat Gao dan 51 penumpang (berdasarkan manifest pesawat) berkewarganegaraan Perancis, penumpang lain terdiri dari beberapa negara sekitar. Ikut berbelasungkawa.

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 24 Juli 2014

JT 240714 : Boss “Sewol” Ditemukan Tewas


Hari Selasa 22/07 kemarin, masyarakat Korea Selatan bisa terkaget-kaget mendengar isu ini. Pasalnya, boss “Chonghaejin Marine Co.” yakni Yoo Byung-eun dikabarkan telah meninggal dunia dengan cara yang agak aneh.

Pihak kepolisian setempat di Suncheon Police Station menyatakan kepastian tersebut diperoleh setelah melakukan identifikasi sidik jari dan pemeriksaan DNA yang bersangkutan. Chonghaejin Marine Co. adalah pemilik kapal feri “Sewol” yang menewaskan 200 orang lebih beberapa waktu lalu.

Kematiannya dianggap rada aneh karena diperkirakan jasad Yoo sudah meninggal sejak tgl 12/06 lalu namun baru diproses dan diproses beberapa waktu kemudian sehingga boleh dibilang lemot. Pria berusia 73 tahun ini diduga meninggal akibat beban mental dan moral akibat insiden Sewol.

Pihak kepolisian dianggap lalai juga karena penyelidikan dianggap kurang akurat. Penyebab lamanya, karena penyelidikan forensic yang agak lama. Jadi National Forensic Service ikut ketempuhan juga.

Yoo sempat ditahan setelah insiden tgl 16/04 saat Sewol mengalami tragedi teburuk di Korea Selatan yang menewaskan banyak korban. Namun pada saat perpanjangan Yoo sempat dilepas sehingga mengundang tanda tanya besar.


Kini, Yoo telah tiada namun penuntutan atas insiden Sewol akan tetap berlanjut, kayaknya. Yoo dianggap memodifikasi kapal, dengan menambah kabin dikapal tanpa mempertimbangkan faktor keselamatan. Ujungnya, tragedi Sewol.

Kelanjutan beritanya, menyusul. Berita terkait dengan insiden Sewol, silahkan baca : JT 120514 : Insiden “Sewol” Akibat Tekanan LCC ?, JT 300414 : Kapten Kapal “Sewol” Diancam Hukuman Berat, JT 260414 : Update 1 – Korban “Sewol” Bertambah Terus, JT 180414 : Update – “Sewol” Bikin Sewot dan JT 160414 : Kapal Feri “Sewol” Tenggelam Di Korsel.

Sumber : Dari Sana-sini.  

Rabu, 23 Juli 2014

JT 230714 : Pesawat “TransAsia” Jatuh Di Taiwan

Lagi, sebuah kecelakaan pesawat terbang terjadi, kali ini di Taiwan. Menurut informasi yang ada, sebuah peswat milik TransAsia, jatuh di pemukiman penduduk di Pulau Penghu, Taiwan dan menewaskan 47 orang penumpangnya.

Pesawat berjenis ATR-72 dengan nomor penerbangan GE222, jatuh setelah berusaha melakukan pendaratan untuk kedua kalinya, di tengah badai yang menerjang Pulau Penghu. Pendaratan gagal dan seluruh penumpang tewas. Kejadiannya hari ini. Lima hari setelah kasus pesawat MAS MH-17.

Pesawat TransAsia membawa 58 orang penumpang, termasuk 4 awak pesawat. Pesawat TransAsia adalah maskapai penerbangan yang berpusat di Taiwan dan melayani rute domestik, plus Jepang, Kamboja dan Thailand.

Seperti diketahui, kawasan sekitar Taiwan dan sekitarnya tengah diterjang Topan Matmo sehingga melumpuhkan seluruh aktifitas di Taiwan. Ikut prihatin.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Wong Yao-wen.

Selasa, 22 Juli 2014

JT 220714 : Petaka Di Udara, Jenazah Korban MH-17 Diangkut KA


Dunia masih berduka, gak cuma Malaysia si pemilik pesawat Boeing dengan nomor penerbangan MH-17. Untuk kali kedua, maskapai penerbangan negeri Jiran tengah diuji oleh masyarakat internasional, bagaimana solusi yang ditawarkan.

Sebelumnya, ada pesawat MAS MH-317 yang hingga hari ini masih misterius keberadaannya, ditambah lagi minggu lalu muncul berita duka berikutnya, pesawat MAS MH-17 dirudal oleh kelompok gerilyawan yang konon pro-Rusia.

Sulitnya, bila penerbangan berada di jalur konflik, siapa pun bisa menjadi korban, gak peduli sipil, militer, pejabat pemerintahan, orang baik ato jahat. Kini pemerintah Malaysia tengah berupaya untuk mencari bukti dan melakukan investigasi independen.


Masalahnya, itu daerah konlik. Jangankan investigasi, untuk evakuasi korban MH-17 pun sulitnya bukan main. Berdasarkan manifest penumpang yang dikeluarkan pihak MAS, lebih dari 20 keluarga langsung hilang.


Dua keluarga yang terdiri dari 6 orang, berasal dari Belanda dan Malaysia, tewas dalam kejadian ini. Sementara ada beberapa keluarga lainnya, kehilangan 3, 4 hingga 5 orang. Sebagian korban meninggal adalah anak-anak dan berusia dibawah 12 tahun. Astagfirullah al adzhiim.


Jinte Wals adalah anak berusia 15 tahun, dan akan pergi berlibur bersama keluarganya. Namun kenyataan berbicara lain, dia tewas bersama Jorgen (ayahnya), Nicole (ibunya), Brett (kakak laki-laki), Amel (adik Jinte, 12 tahun) serta Solenn (adik Jinte, 9 tahun). Keluarga Wals berasal dari kota kecil Neerkant di Belanda.


Tragis dan merupakan pekerjaan biadab dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, mengorbankan nyawa orang tak berdosa untuk sebuah pertikaian ato kepentingan politik tertentu. Kini pemerintah Ukraina dan Rusia tengah berdebat, siapa yang sebenarnya menembak pesawat MH-17.


Belakangan, jenazah korban MH-17 dievakuasi menggunakan kereta api (KA). Sudah ditemukan 291 jenazah berikut perlengkapan yang mereka bawa dan sempat diselamatkan tim (lihat foto yang dirilis oleh kantor berita Reuters).


Tim monitor evakuasi berasal dari Organization for Security and Cooperation in Europe (OSCE) dan tim anggota sempat memeriksa KA yang dilengkapi dengan alat pendingin yang digunakan untuk membawa jenazah korban insiden MAS MH-17.

Foto ini dirilis Reuters di kota Torez pada tgl 21/07 dan yang menyediakan KA ini adalah pemerintah Ukraina. Proses evaluasi ini dikawal ketat  oleh tentara pemberontak pro-Rusia, beberapa diantaranya menutup hidung karena bau menyengat dari korban MH-17.

Rujukan sebelumnya, silahkan baca :  JT 180714 : Pesawat MAS MH-17 Dirudal Kaum Separatis dan JT 170714 : Pesawat MAS MH -17 Jatuh Ditembak.

Turut bersimpati dan berduka cita.

Sumber : Dari Sana-sini.

Senin, 21 Juli 2014

JT 210714 : Posko Angkutan Lebaran 2014 Dimulai


Acara ritual tahunan paling sensasional di PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah mengamankan angkutan mudik selama Idul Fitri berlangsung. Kejadiannya, bisa 2 (dua) minggu sebelum dan 2 (dua) minggu setelah hari-H.

Tahun ini, aktifitas serupa kembali terjadi namun persiapan pengecekan infrastruktur jalur ganda di pantura, kebersihan seluruh stasiun, keamanan dan keselamatan serta faktor pendukung lainnya. Salah satunya, program posko.

Posko bertujuan untuk melancarkan masyarakat yang ingin mudik dan mendapat kemudahan seperti yang diharapkan kebanyakan penumpang. Angkutan lebaran adalah pesta angkutan penumpang terbesar di Tanah Air.

Mulai hari ini, ditandai dengan apel besar yang melibatkan segenap karyawan PT Kereta Api Indonesia (Persero), anak perusahaan PT KAI, elemen masyarakat, TNI + Polri, Pramuka hingga komunitas penggemar KA.

Apel besar ini dipimpin langsung oleh Menteri Perhubungan E.E Mangindaan dan didukung penuh oleh Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan. Yang senang siapa ya ? Pastinya masyarakat. Sekarang ini PT KAI sangat berorientasi kepada Pelanggan dan mengutamakan servis.

Gak percaya ? Buktikan deh. Selamat bekerja dan semoga mancarli.

Sumber : KALOG.

Minggu, 20 Juli 2014

JT 200714 : KMP “Gelis Rauh” Terbakar

Sebuah kapal motor penumpang (KMP) “Gelis Rauh” di rute Bali - Lombok, terbakar. Kejadiannya di hari Kamis 17/07 malam sekitar jam 21.00 disaat sejumlah supir truk dan penumpang yang ikut dalam kapal tersebut tertidur, karena kaget kemudian berlarian menyelamatkan diri dan menceburkan diri ke laut.

Api mulai diketahui, satu jam setelah berangkat dari Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali. Kapal ini sedang dalam tujuan ke Pelabuhan Lembar, Lombok. Lokasi tepatnya di sekitar perairan Nusa Penida.

Sesaat setelah kejadian, tim Basarnas Denpasar, dibantu pihak kepolisian serta sejumlah kapal yang tengah sandar, langsung menuju lokasi untuk melakukan penyelamatan. Proses evakuasi selesai sekitar jam 2 dini hari Jumat 18/07.

Semua penumpang selamat namun sebab-sebab kejadian masih dalam penyelidikan pihak berwajib.

Sumber : Daily Bali. 

Sabtu, 19 Juli 2014

JT 190714 : KALOG Garap Angkutan Mobil


Setelah bernegosiasi selama hampir setahun, akhirnya uji-coba angkutan kendaraan menggunakan moda kereta api (KA) bisa maujud juga. Proses muat uji-coba angkutan mobil dari Auto2000 berjalan lancar.

KA yang membawa 6 (enam) unit mobil berbagai merek milik Toyota (Yaris, Agya dan Etios) berangkat dari Stasiun Tanjung Priok (TPK), Jakarta Jumát jam 17.12 dan tiba di Stasiun Waru, Surabaya hari Sabtu jam 13.45.

Ada keterlambatan namun catatan tersebut akan menjadi bahan evaluasi saat pihak Auto2000 mengadakan rapat dengan PT Kereta Api Logistik (KALOG) minggu depan ato bahkan di awal Agustus 2014 karena dalam waktu pendek, KALOG dan anak perusahaan lainnya diminta untuk membantu kegiatan Posko Angkutan Lebaran 2014.

Berhubung proses uji-coba hanya menggunakan 2 x 40’, tidak banyak kendala yang dihadapi namun pada saat KA reguler angkutan mobil ini dijalankan, akan ada 60 unit mobil masuk dalam kontainer ato setara dengan penghematan 10 unit single car-carrier tidak beredar di jalanan.

Kalaupun single car-carrier akan difungsikan maka sebaiknya di jarak dekat saja, untuk menghindari kemacetan dan kepadatan jalan raya. Begitu juga truk trailer yang mengangkut peti kemas, sejatinya bisa diminimalisir ke angkutan KA.

Mustahil rasanya berpindah semua ke angkutan KA karena masing-masing moda memiliki kelebihan dan kekurangan. Tinggal pintar-pintar Customer memilih moda transportasi, disesuaikan dengan kebutuhan dasar : memasok barang tepat waktu dan dengan harga yang kompetitif.

Mungkinkah mengawinkan moda-moda yang ada ? Sangat mungkin. Truk ato trailer di lintas jarak pendek – katakanlah hingga 200km max – sedangkan untuk jarak menengah hingga jarak jauh menggunakan moda KA. Kompromi saja.

Semoga Pelanggan lebih peduli dengan konsep transportasi berwawasan lingkungan alias Go Green dan juga efektif dari sisi waktu. Pilihan ditangan Anda.

PT Kereta Api Logistik (KALOG) adalah anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang mengelola layanan jasa logistik dan kurir di Tanah Air. Lingkupnya mencakup bisnis ritel, angkutan kereta api kontainer, manajemen area stockpile, terminal barang dan bisnis kepelabuhanan.

Sumber : KALOG / Foto : RAM.

Jumat, 18 Juli 2014

JT 180714 : Pesawat MAS MH-17 Dirudal Kaum Separatis


Merujuk berita sebelumnya, dipastikan bahwa penyebab jatuhnya pesawat Boeing 777 dengan nomor penerbangan MH-17 akibat ditembak gerilyawan namun ada pihak lainnya justru menyebutkan, justru tentara Ukraina lah yang menembak jatuh pesawat tersebut.

Penyebab pastinya masih dalam penyelidikan. Riwayat pesawat bernomor MH-17 ini, dibeli pada tgl 30/07/97 dan sudah diterbangkan selama 43.000 jam. Kontak terakhir, saat MH-17 lepas landas dari bandara Schiphol, Belanda.

Pesawat membawa 280 penumpang dan 15 kru pesawat. Manifest pesawat menyebutkan asal negara penumpang : Belanda (154 orang), Malaysia (43), Australia (27), Indonesia (12), Inggeris (9), Jerman (4), Belgia (4), Filipina (3) dan Kanada (1).

Beberapa spekulasi muncul bahwa senjata yang dipakai untuk menembak MH-17 yakni BUK SA-11, senjata yang biasa digunakan oleh pihak Rusia dan Ukraina sebagai sistem pertahanan udara mereka. SA-11 adalah kendaraan tempur yang memiliki empat rudal yang dapat menembakkan misil sejauh 22.000 meter ke udara.

BUK SA-11 dalam pengoperasiannya mencari target, menggunakan sistem radar dan tidak menggunakan infra merah. Setelah menembak targetnya, BUK SA-11 akan segera berpindah lokasi dikarenakan lokasi BUK SA-11 dapat segera diketahui setelah menembak target.

BUK pertama kali dibuat sekitar tahun 1972, dan hingga saat ini telah dilakukan banyak penyempurnaan. Senjata itu dikembangkan sejak era Uni Soviet dan kini dioperasikan oleh Rusia, termasuk kekuatan militer Ukraina.

Rujukan sebelumnya, baca JT 170714 : Pesawat MAS MH-17 Jatuh Ditembak.

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 17 Juli 2014

JT 170714 : Pesawat MAS MH-17 Jatuh Ditembak


Ini adalah kali kedua pesawat milik negeri Jiran yang mengalami kejadian memilukan. Sebelumnya, maskapai Malaysia Airlines (MAS) kehilangan kontak dengan pesawat Boeing 777ER no penerbangan MH-370 dan hingga kini masih misteri. Disusul berita Kamis 17/07 malam ini, yang menyatakan pesawat MAS MH-17 jatuh di wilayah Ukraina.

Sebab-sebab pastinya masih dalam penyelidikan namun ada suara-suara sumbang yang menyatakan bahwa pesawat MH-17 jatuh setelah dirudal milisi Ukraina. Bila ya, sungguh mengejutkan dan tragis. Tetapi sebaiknya, menunggu hasil investigasi pihak berwenang.

Pesawat MH-17 sedang dalam perjalanan dari Amsterdam, Belanda ke Kuala Lumpur (KL), Malaysia. Pesawat ini membawa 295 penumpang, termasuk 15 awak pesawat. Pihak maskapai kehilangan kontak saat pesawat sudah lepas landas dari bandara Amsterdam.

Doakan saja, semuanya lancar dan baik-baik saja. Ikut prihatin ...

Sumber : Dari Sana-sini.

Rabu, 16 Juli 2014

JT 160714 : KAIS Tabrak Crane

Menjelang hari raya Lebaran, 2 (dua) korban melayang sia-sia. Setidaknya, ini akibat Kereta Api Inspeksi (KAIS) Sindoro dan Semeru yang tengah melaju, kemudian menabrak mobil crane yang tengah melintas di sekitar Sidoarjo, Jawa Timur.

Kronologi kejadian masih dalam penyelidikan pihak berwajib. Yang pasti, akibat kecelakaan ini, masinis kereta, Rinda Bagus Sujarmanto (24 tahun) dan operator kendaraan crane, Abdul Mufid (26 tahun) tewas di lokasi kejadian.

Kejadian ini terjadi hari Rabu 16/07 dan hingga kini terus diusut sebab-sebab kecelakaan. KAIS diatas tengah membawa pejabat Dishub dan kereta yang mengalami kerusakaan cukup parah bagian depannya ini, ditarik ke Stasiun Gubeng.

Masinis kereta yang meninggal dalam kecelakaan tersebut, dimakamkan dengan upacara penghormatan yang layak di lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un.

Sumber : Dari Sana-sini.

Selasa, 15 Juli 2014

JT 150714 : “MOL”, “CSCL” Bangun Kapal LNG Tipe Ice-Class

Ada yang nanya gak ya, buat apa bangun kapal tipe ice-class ? Moga-moga aja gak ada he he he.

Sekitar setahun lalu, sejumlah ilmuwan dan pengusaha mulai melirik kemungkinan memanfaatkan lintas Laut Arktik sebagai opsi jalur perdagangan. Gak cuma mengandalkan rute tradisional via Terusan Suez ato Terusan Panama, ato bahkan memutar mengitari benua Afrika.

Butuh perjuangan untuk menciptakan terobosan baru. Sebelumnya, pelayaran seperti Samskip, Eimskip ato Fesco sudah pernah membangun kapal jenis ini namun bagi pelayaran lain, pastinya asing dan aneh.

Adalah “Mitsui O.S.K Lines” (MOL) dan “China Shipping Container Lines” (CSCL) yang bakal berkolaborasi membangun 3 (tiga) buah kapal yang peruntukannya bisa menembus bekunya es di Laut Arktik, makanya disebut “ice-class”.

MOL dan CSCL memesan 3 unit kapal LNG ice-class di galangan Korea Selatan, “Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering” (DSME), diperkirakan siap kirim tahun 2017 mendatang. Tiga unit kapal LNG ini merupaka bagian dari Yamal LNG Project yang membutuhkan 16 unit tetapi disebar ke berbagai pihak.

Yamal LNG merupakan proyek besar Rusia yang menghasilkan energi di Siberia dan hasilnya dijual ke negara-negara Asia dan Eropa. Adapun tipe kapal ice-class ini didisain mampu memecahkan lapisan es setelah 2,1 meter. Lebih dari itu, gak maksa lah yaw.

Nah, industri pelayaran lambat laun mulai memikirkan Laut Artktik. Akankah berpotensi menjadi jalur perdagangan internasional di tahun-tahun mendatang ? Hanya waktu yang bisa menjawab. Tooop deh.


Sumber : Dari Sana-sini.

Senin, 14 Juli 2014

JT 140714 : “Cosco Pride” Terkena Percikan Api

Api yang kecil sekalipun, bila tidak ditangani secara serius, bisa murka dan melalap apa saja yang ada. Untungnya, apa yang sempat memercik di kapal kontainer “Cosco Pride” cepat ditangani sehingga musibah yang lebih besar dapat dihindari.

Minggu 13/07 dinihari (bisa jadi pas lagi pada sahur disini), sebuah percikan api sempat menghebohkan anak buah kapal (ABK)milik pelayaran Tiongkok, “Cosco Container Line” (Coscon). Beruntung dapat dipadamkan oleh ABK.

Setelah itu, datanglah rombongan dari “German Society for Sea Rescue” (GMRS) namun api dicek kembali untuk memastikan bahwa api sudah benar-benar padam. Tidak ada korban dan untungnya kapal lansgung dapat melanjutkan perjalanan kembali.

Oh iya, kejadian ini terjadi di Lower Elbe, Brunsbutted, Jerman.  Kapal sepanjang 366 meter ini tidak mengalami kerusakan berarti dan itu tadi, bisa melanjutkan perjalanan. Syukurlah.


Sumber : SN-TR.

Minggu, 13 Juli 2014

JT 130714 : “CMA CGM Danube” Alami Rusak Mesin

Kapal kontainer pertama yang dimiliki “China International Marine Container” (CIMC) dan diserahkan (baca: disewakan) kepada “CMA CGM” dilaporkan mengalami kerusakan mesin, sehingga akhirnya kapal ditarik ke zona aman dulu.

Kapal yang diberi nama “CMA CGM Danube” (berbendera Malta, panjang 299,99 meter ato dibulatkan 300 meter) mengalami kerusakan mesin, 2 (dua) minggu setelah diserah-terimakan. Kapal ini diserahkan tgl 25/06/14.

Kini, kapal berkapasitas 9.200 TEUs dan dibangun di galangan Tiongkok, “Dalian Shipbuilding Industry Company” (DSIC) serta diawaki 29 anak buah kapal (ABK). Kejadiannya, tgl 09/07 lalu, kapal mengalami masalah didekat Zhujiajian Island, Propinsi Zhejiang.

Tak lama setelah itu, datanglah kapal penolong “Donghaiju 112” dan berhasil menarik CMA CGM Danube ke pelabuhan Ningbo untuk mendapat perbaikan seperlunya. Kapal ini dipesan CIMC di bulan September 2012 dan merupakan kapal pertama dari total order 10 unit.

Wooow, mantabz. Biasa mengurusi pembuatan kontainer, kini mendiversifikasi jadi juragan kapal .... gak salah-salah amit sih. Mumpung ada kesempatan, kapan lagi he he he. Maju terus pantang mundur.

Sumber : SN-TR.

Sabtu, 12 Juli 2014

JT 120714 : DP World & Pemerintah Djibouti Berperkara

Bisnis didaerah baru gak selalu menyenangkan, di daerah lama gitu juga koq. Kabarnya, “DP World” kini tengah menghadapi pemerintah Djibouti dan maju hingga ke meja Arbitrase di London, Inggeris Raya.

Pangkal permasalahan, merujuk kepada terminologi konsesi untuk mengoperasikan terminal kontainer terbesar di Afrika. DP World memiliki 1/3 saham “Doraleh Container Terminal” dan pihak DP World mengaku sangat terkejut.

Kabar-kabar yang beredar, pemerintah Djibouti ingin mengoperasikan sendiri terminal tersebut namun sebab-sebabnya sendiri hingga saat ini masih membingungkan. Padahal kerjasama yang dibina sudah berjalan selama hampir 14 tahun !

Bukan waktu yang sebentar namun bola pengadilan telah bergulir sehingga mau-tidak-mau kedua belah pihak akan mengeluarkan argumentasi yang bisa mendukung keberadaannya. Bagaimana hasil akhirnya, yuuuk kita tunggu saja ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Jumat, 11 Juli 2014

JT 110714 : Thessaloniki Setujui 8 Peserta Tender

The Hellenix Republic Asset Development Fund (HRADF) menyetujui 8 (delapan) peserta tender, sekaligus investor untuk pengembangan pelabuhan Thessaloniki – demikian bunyi pernyataan dari Thessaloniki Port Authority (TPA).

Bagian yang ditenderkan yakni 67 persen saham TPA. Pserta potensil tersebut yakni ; APM Terminals, Deutsche Invest Equity Partners, Duferco Participation Holding, ICTSI, Mitsui & Co., DP World, Russian Railways, JSC/GEK TERNA dan Yilport Holding.

Dewan HRADF juga menyetujui penyerahan dokumen utama, termasuk Request for Proposals (RIP), draft Sale Purchase Agreement (SPA) dan draft Shareholders Agreement (SHA) – demikian sebagaimana disampaikan oleh kantor berita Reuters.

Bagi investor yang terpilih, bisa mendapatkan akses informasi lebih detil dan dalam via virtual data room. Kelanjutan tender, termasuk tahapan berikutnya bagaimana dst, kita tunggu aja kabarnya ya.


Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 10 Juli 2014

JT 100714 : Tongkang Tabrak Jembatan MLK

Dimana tuh jembatan MLK ? Yang pasti bukan di Indonesia. Letak Jembatan Martin Luther King (MLK) ada di Amrik. Membentang diatas Sungai Missisippi dekat St. Louis, negara bagian Missouri. Ada kejadian cukup serius mirip di Sungai Mahakam tempo hari namun tidak fatal.

Sebuah insiden terjadi, saat tongkang kosong menuju hulu dan menabrak Jembatan MLK. Yang ditabrak yang tiang penyangganya sih tapi tetap aja bikin khawatir. Menurut saksi yang ada, suaranya cukup keras koq.

Jembatan Eads yang terdekat pun ditutup untuk lalu lintas. Tak lama kemudian arus lalu dialihkan demi keselamatan pengguna dan otoritas terkait melksakana pengecekan. Akhirnya disimpulkan tidak ada kerusakan parah kecuali goresan-goresan ringan.

Sebab-sebab tabrakan masih diselidiki namun laporan tersebut menyebutkan bahwa posisi tongkang saat melintas dibawah jembatan MLK diluar kebiasaan (unusual angle). Laporan USCG lebih spesifik menyebutkan, kerusakan di kapal pendorong tongkang yang jadi pemicu tabrakan tersebut.

Beberapa jam kemudian, setelah otoritas mengecek keseluruhan aspek keamanan, akhirnya kedua jembatan tersebut dapat dilalui kendaraan seperti sebelumnya. Sayang gak disebutkan waktu tepat dan nama tongkang yang menabraknya.

Syukur deh ngga terjadi sesuatu diluar perkiraan kita semua. Semisal jembatan roboh seperti jembatan Kukar di Samarinda tempo hari.

Sumber : SWL. 

Rabu, 09 Juli 2014

JT 090714 : “Seaspan” Rilis Disain Saver "Hanjin Tabul"




“Seaspan Corporation” baru saja mendapat kapal baru berkapasitas 10.000 TEUs, “Hanjin Tabul” karena langsung disabet pelayaran Korea Selatan “Hanjin Shipping” (HJS) untuk disewa selama jangka waktu 10 tahun.

Kapal ini dibangun di galangan “Jiangsu New Yangzi Shipbuilding Co.”, Tiongkok. Kapal ini didisain oleh tim Seaspan sendiri dan produk hemat bahan bakarnya disebut SAVER-design. Hanjin Tabul merupakan kapal ke-3 dari 5 unit yang dibuat oleh Seaspan – demikian menurut laporan “MarketWatch”.

Tiga kapal pertama disewa oleh Hanjin Shipping tapi yang berikutnya belum dapat bocoran. Sejatinya kalo dilihat kebiasaan pastinya semua kapal bakal diambil oleh HJS tapi mending nunggu konfirmasi dari Seaspan aja ya.

Secara total, Seaspan selaku owner kapal-kapal ini sudah mengoperasikan 74 kapal kontainer berbagai ukuran. Waaaah, top banget nih. Disaat semua pelayaran membangun kapal gede, ehh pangsa pasarnya adaaaa aja. 
Top.

Sumber : Dari Sana-sini.