Jumat, 31 Mei 2013

JT 310513 : DI Tunjuk Syahril Japarin Pimpin PT Pelni

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memiliki alasan tersendiri memberhentikan dan mengganti Direktur Utama (Dirut) PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), dari Jussabela Sahea ke pejabat baru Syahril Japarin.

Pengangkatan dan pemberhentian pejabat tertinggi perusahaan pelayaran milik negara ini, sesuai dengan Surat Kepuutusan Nomor: SK-295/MBU/2013 tertanggal 27 Mei 2013. Oh ya, Syahril Japarin (foto) sebelumnya menjabat Dirut PT Djakarta Lloyd (DL).

Alasan utama DI mengganti Jussabela karena masa tugasnya sudah berakhir dan diperpanjang beberapa kali. Sedangkan Syahril dipilih DI karena memiliki integritas, sosok dari generasi muda yang bisa dibilang sukses dan sudah teruji kapabilitasnya saat memimpin DL.

Mantan Dirut PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) ini pun memuji Syahril, yang pada saat ditempatkan di DL merupakan pelayaran carut marut yang tengah diuji ketangkasannya dalam menyikapi problematika internal.

Walhasil, rintangan yang ada bisa dilewati satu per satu sehingga kini mulai bangkit kembali. Padahal sebelumnya diramal bakal mati suri, bahkan bangkrut. Garis tangan dan kerja keras membuktikan bahwa anggapan orang bisa berbeda dengan kenyataan.

Selain mengganti Dirut Pelni, DI juga mencopot komisaris PT Pelni Noor Fuad dan menggantikannya dengan Panglima Komando Armabar Laksamana Muda TNI (Purn) Muryono. Duet baru ini diharapkan bisa melejitkan kembali peran PT Pelni di industri maritim nasional.

Dalam SK-nya, DI sempat menyampaikan ucapan terima kasih atas segala sumbangsih Dirut dan Komisaris selama bertugas di PT Pelni. Siiip, selamat berkarya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 30 Mei 2013

JT 300513 : Zim Line Pindahkan Kapal 10.000 TEUs Ke AEX 1

Gonjang-ganjing pelayaran global rame-rame mengoperasikan kapal gede, bukan barang baru lagi. Hampir semua pelayaran besar sudah mempunyai kapal sejenis ini, baik yang milik sendiri maupun sewa.

Pelayaran Israel pun, Zim Line bahkan harus bersusah payah memonitor perkembangan pasar, hingga pada suatu keputusan untuk menunda operasional servis AEX 2 di akhir Juni nanti, dan memindahkan 3 (tiga) unit kapal 10.000 TEUs, dari AEX 2 ke AEX 1.

Zim akan menggandeng CSCL yang memiliki servis AEX 1 dan menyumbang 2 kapal, yakni “Zim Antwerp” dan “Zim Rotterdam”, guna menggantikan 3 kapal CSCL di AEX 1. Zim memiliki kapal berkapasitas 10.062 TEUs.

Tiga kapal yang akan dipindah-tugaskan, berasal dari servis yang dioperasikan bersama Evergreen, CSCL dan Zim Line : CES 2 / AEX 2, yang akan dihentikan mula mid-Juni mendatang. Kpal pertana yang akan berangkat dari Shanghai tanggal 16/06/13.

Adapun revisi servis AEX 1 mendatang, jadi : Felixstowe – Hamburg – Rotterdam – Antwerp (mulai Juli) – Nansha (menggantikan Hong Kong) – Shanghai – Ningbo – Shenzhen / yantian – Felixstowe. Total turn-round voyage tetap 63 hari.

Congrats.


Sumber : Dari Sana-sini.

Rabu, 29 Mei 2013

JT 290513 : APL + HL Peroleh Kapal Baru

Dua pelayaran besar ini baru saja mendapat kiriman kapal barunya. APL (NOL Group) mendapat kapal “APL Raffles” (14.000 TEUs) sedangkan Hapag-Lloyd (H-L) mendapatkan “Essen Express” (13.200 TEUs).

Bukti membanjirnya kapal gede diatas 13.000 TEUs bukan merupakan barang baru tetapi mengundang kekhawatiran tersendiri karena situasi perekonomian dunia yang sulit diprediksi sehingga membuat pelayaran global deg-degan bisa merugi ato menangguk laba ?

Kapal kontainer teranyar yang diterima APL merupakan yang ke-3 dari total pesanan 10 unit, dari galangan kapal “Hyundai Samho Heavy Industries”. Tahu donk kapal ini bakal dipasang dimana ? Asia – Eropa (AE) sebagai rute andalan pelayaran gede.

Kapal pertama yang merupakan sistership dengan APL Raffles adalah “APL Temasek” dan kapal ke-2 disewakan ke MOL dan dinamai “MOL Quest”, dioperasikan bersama di aliansi strategis G6 di Loop 4 AE. APL Raffles sendiri ditempatkan di Loop 6.

H-L mendapatkan Essen Express dari Hyundai Heavy Industries (HHI), Korea Selatan. Kapal gede (ultra large containerships / ULCS diatas 13.000 TEUs) ini bakal dioperasikan di Loop 5 AE hasil kerja bareng 6 pelayaran global yang berma G6..

Sebagaimana pernah disinggung sebelumnya, dari total 10 unit kapal 13.200 TEUs yang dipesan H-L, 6 diantaranya dibuat dengan kapasitas 8.750 TEUs namun segera di-upgrade di saat adanya tawaran dan temuan kapal diatas 10.000 TEUs mulai mendunia.

Congrats deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Selasa, 28 Mei 2013

JT 280513 : Kapal Feri “Pernfung 2” Kandas Di Thailand


Sebuah kapal feri penumpang, “Pernfung 2”, kandas di lepas pantai Keaw Island, Thailand. Kapal ini sedang dalam perjalanan menuju Phuket Island, dari Pi-Pi Island dengan membawa 115 penumpang namun rintangan tak dapat ditolak.

Pada saat  melaju, datanglah ombak setinggi 4-5 meter dan menghunjam bow Pernfung 2 sehingga menimbulkan kebocoran (air masuk) dan berusaha menyelamatkan ke pelabuhan terdekat. Di saat bersamaan, gema permintaan bantuan (S.O.S) dikumandangkan.

Hasilnya, sebuah kapal penumpang yang dekat lokasi, akhirnya memberikan pertolongan dan berhasil mengevakuasi seluruh penumpang hingga tiba di Keaw island. Tidak ada korban terluka dalam kejadian diatas.

Namun kabarnya pemilik kapal harus merogoh kocek hingga THB 18 juta. Entah biaya penyelamatan kapal ato hanya menyelamatkan penumpang, ngga dijelaskan. Syukur deh para penumpangnya selamat. Itu harga sebuah reputasi.

Sumber : SWL.

Senin, 27 Mei 2013

JT 270513 : “Maersk Line” Pasang Bendera Amrik


Maersk Line Limited (MLL) daerah operasi Amrik, belum lama ini membeli sejumlah kapal second-hand dan menggunakan bendera Amrik untuk ke-8 kapalnya, yang disewa oleh pemerintah Amrik selama kurun waktu tertentu.

Penggunaan bendera Amrik adalah salah satu syarat yang diajukan oleh U.S Coast Guard (USCG) dan otoritas maritim Paman Sam dalam menjaga keselamatan, lingkungan, aktifitas operasional  serta standar baku yang diberlakukan.

Ke-8 kapal tersebut, yakni : “Atlanta”, “Chicago”, “Columbus”, “Denver”, “Detroit”, “Hartford”, “Memphis” dan “Pittsburg”. Kesemuanya menggunakan nama “Maersk” didepan nama kota terkenal di Amrik. Semisal, “Maersk Chicago” yang sudah dipasangi bendera Amrik per tanggal 01/05/13.

MLL menyepakati kontrak senilai USD 500.000,- untuk ke-8 kapal tersebut, yang akan digunakan untuk memasok berbagai keperluan pemerintah Amrik, khususnya keperluan militer. Dan kapal-kapal ini dialokasikan berkerja di Timur Tengah dan kawasan Med.

Maersk sudah membelanjakan USD 1,75 milyar untuk memodernisir armada kapal tersebut, sejak pertama kali mendukung aktifitas Military Support Command (MSC) milik pemerintah Amrik, sejak tahun 2000 hingga kini.

Kapal-kapal ini akan bergabung di Middle east Container Line (MECL 1) selama bulan Mei dan Juni serta melayani kebutuhan komersil serta militer Amrik, langsung dari Amrik pantai timur ke Pakistan yang benar-benar memakai bendera Amrik !

Selamat bertugas saja.

Sumber : Dari Sana-sini.

Minggu, 26 Mei 2013

JT 260513 : LATAM Airlines Hemat USD 3,2 Juta Per Tahun

Darimana sumber penghematan segede itu ? Pertanyaan bagus, khususnya untuk operasi kargo. Latam Airlines Group kabarnya berhasil (hitungan diatas kertas) menghemat USD 3,2 juta per tahun, saat membeli 3.517 kontainer ultra-ringan “Kelvar”.

Produk ini dibuat oleh Nordisk Aviation Product, untuk menggantikan produk lama dan dipercaya bisa menghemat bahan bakar (karena saking ringannya), hingga USD 3,2 juta per tahun. Manajemen senang dengan penghematan yang dihasilkan.

Maskapai penerbangan yang bermarkas di Santiago ini, merupakan hasil merger 2 (dua) maskapai penerbangan LAN Airlines dan TAM Airlines di tahun 2012 lalu. Latam membeli kontainer ringan senilai USD 9 juta.

Kontainer (lazim disebut ULD) ini memiliki kekuatan besar, menawarkan stabilitas temperatur dalam sikon suhu ekstrim dan beratnya 30 gram lebih ringan dari kontainer aluminium standar yang biasa digunakan dalam industri penerbangan angkutan barang.

Latam mengoperasikan divisi angkutan barang yang dipercayakan kepada LAN Cargo dan memiliki keunggulan ini, jelas merupakan nilai lebih karena selain bisa berhemat, juga bisa mengurangi emisi CO2 setara 10 juta ton setahun – demikian dibanggakan oleh Fernando Poitevin - VP Operation LAN Cargo.

Congrats dan bila benar, merupakan terobosan baru di industri angkutan barang. Cepat ato lambat bakal ditiru banyak operator deh. Gpp deh yang penting Pembaca dan masyarakat luas tahu, siapa yang menjadi perintis he he he.

Sumber : Dari Sana-sini.

Sabtu, 25 Mei 2013

JT 250513 : “CMA CGM Jules Verne” Masuk FAL 1

Pelayaran asal Perancis, CMA CGM, bakal memulai debut kapal barunya yang termasuk kategori paling gede saat ini “CMA CGM Jules Verne” (16.000 TEUs) masuk di servis FAL 1. Bahkan di tanggal 04/06 bakal masuk Marseilles markas pelayaran nomor 3 tersebut.

Kapal gede masuk marseilles memang hanya untuk sekali ini aja karena disana pas bakal hadir Presiden Perancis, Francois Hollande (bukan dari Belanda lho)  yang bakal menjadi saksi hidup dan bisa dikenang sebagai salah satu pelayaran dominan saat ini.

Kenapa diambil tanggal 04/06 ? Karena di tanggal tersebut merupakan perayaan puncak hari jadi CMA CGM ke-35. CMA CGM Jules Verne sengaja ditempatkan di French Asia Line (FAL) 1 yang menghubungkan pasar Asia – Eropa (AE).

Rotasi FAL 1 : Busan – Qingdao – Ningbo – Shanghai – Xiamen – Shenzhen/Chiwan – Shenzhen/Yantian - Port Kelang – Suez – Malta – Marseilles – Tangier – Southampton – Hamburg – Bremerhaven – Rotterdam – Zeebrugge - Le Havre – Malta – Suez - Khor Al Fakkan - Jebel Ali - Port Kelang - Ningbo.

Jules Verne merupakan kapal ke-3 di kelasnya yang memiliki kapasitas 16.000 TEUs. Spesifikasi teknisnya : panjang 396 meter (nah lho, hampir 400 meter kurang dikit) dan lebarnya 54 meter. Luas dan lebar banget khan ?

Congrats lah yaw.

Sumber : Dari Sana-sini.

Jumat, 24 Mei 2013

JT 240513 : COSCO Operasikan Loop 2 ECSA

Pelayaran RRCina, COSCO Container Line (Coscon) menambahkan loop ke-2 di Asia – Amerika Selatan pantai timur alias East Coast South America (ECSA). COSCO kabarnya membeli slot “K” Line yang dioperasikan bersama PIL, NYK dan HMM.

Menurut Alphaliner, COSCO bermitra dengan Evergreen dan Zim mengoperasikan ESA selain COSCO mempatenkan brand “ESA 2” tadi. ESA 2 memiliki kelebihan dengan masuk Rio de Janeiro dan Navegantes – yang tidak dicakup oleh servis ESA.

Rotasi ESA 2 : Busan – Shanghai – Ningbo – Hong Kong – Shenzhen / Shekou – Singapura – Rio de Janeiro – Santos – Buenos Aires – Montevideo – Navegantes – Paranagua – Santos – Rio de Janeiro – Singapura – Hong Kong – Busan.

Servis ESA 2 akan memakan waktu 12 minggu dan mengkaryakan 12 kapal dengan kapasitas beragam, mulai dari 4.200 hingga 5.000 TEUs. Kapal pertama milik Evergreen yang akan bertugas “Berlin Bridge” ETD SHA 27/05.

Servis COSCO di ESA 2 akan dimulai dengan kapal “Hyundai Previlege” ETD BUS 01/06. Congrats !

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 23 Mei 2013

JT 230513 : Kapal Barang “Anna” Kandas Di Spanyol


Kapal kandas gak dimana-mana ya. Beberapa hari lalu, kapal sepanjang 126 meter dengan bobot 7.712 dwt “Anna” kandas di Teluk Ferrol, dekat San Cristovo, Spanyol. Kapal Anna mengalami kerusakan mesin saat masuk alur sungai.

Kapal bisa diapungkan kembali (refloating) beberapa jam kemudian, pada saat air pasang tertinggi dan dibantu 2 (dua) kapal tug. Anna sedang dalam perjalanan dari Esbjerg, Denmark saat musibah terjadi.

Tidak ada korban jiwa, sejauh ini dan foto-foto lebih detil, silahkan klik di : lavozdegalicia.es.

Sumber : SWL.

Rabu, 22 Mei 2013

JT 220513 : MSC Jual 35 % Saham Terminal Kontainer


Belum lama ini, pelayaran yang berbasis di Jenewa, Mediterranean Shipping Co. (MSC) menyepakati penjualan 35 % saham Terminal Investment Limited (TIL) senilai USD 1,9 milyar, kepada pihak Global Infrastructure Partners (GIP).

Seperti diketahui, setiap pelayaran global biasanya memiliki unit biz yang mengurusi terminal kontainer dan beroperasi di manca-negara. Sebagai contoh, Maersk Line yang memiliki afiliasi perusahaan bernama APM Terminals (APMT).

Penyelesaian deal ini hanya tinggal menunggu persetujuan para-pihak dan diperkirakan selesai pertengahan tahun ini juga. TIL memiliki dan menguasai 30 terminal kontainer di seluruh dunia (milik maupun kerjasama).

Dalam beberapa dekade saja, TIL tumbuh dan berhasil menduduki peringkat ke-6 “the biggest terminal operator in the world” sedangkan MSC sendiri merupakan pelayaran nomor 2 (dua) terbesar didunia, setelah Maersk Line.

Diharapkan kolaborasi antara TIL dan GIP serta mitranya, dapat memperkokoh fondasi bisnis MSC di tahun-tahun mendatang. Menurut pemilik MSC, Diego Aponte, buan hal yang mustahil bila TIL-GIP memiliki peran yang vital di industri maritim masa depan, termasuk MSC didalamnya.

GIP merupakan perusahaan investasi infrastruktur independen dengan pengelolaan aset mencapai USD 15 milyar. GIP memilih bermain di negara OECD maupun negara-negara berkembang terpilih. Jadi ngga sembarang negara berkembang juga.

Di sektor kepelabuhanan, GIP bukan pertama kali terjun di sektor ini. Mereka sudah memiliki 27 % saham di Port of Brisbane (Australia), 50 % International Trade Logistics, Buenos Aires (Argentina) dan 100 % Great Yarmouth.

MSC merupakan pemain kontainer nomor 2 terbesar didunia dengan agregat kapasitas 2,2 juta TEUs dan mengoperasikan 446 kapal kontainer. Oh ya, MSC didirikan tahun 1970. TIL dibangun MSC tahun 2000 untuk mengamankan kargonya di hampir semua pelabuhan besar dunia.

Congrats deh !

Sumber : Dari Sana-sini.

Senin, 20 Mei 2013

JT 200513 : CEO Maersk Sorens Skou Kunjungi Terusan Panama


Administratur Terusan Panama (Panama Canal Administrator / ACP) Jorge Quijano mendapat kehormatan mendampingi CEO Maersk Line, Soren Skou dalam kunjungannya, melihat progres ekspansi Terusan Panama yang saat ini masih dikebut pengerjaannya.

Skou dan rombongan eksekutif dari pelayaran terbesar didunia tersebut, diajak berkeliling melihat pembangunan di sisi Lautan Atlantik, yang nantinya memungkinkan kapal super gede alias post-panamax melintasi terusan tersebut.

Delegasi Maersk Line diperkenalkan juga dengan executive vice president (EVP) Perencanaan & Pengembangan Biz ACP, Rodolfo Sabonge, membicarakann kerangka konseptual bila kelak konstruksinya selesai dibangun ditahun 2015 mendatang.

Menurut perkiraan, tahun ini ACP bakal kehilangan potensi 2,4 % volume kargo akibat sejumlah pelayaran memindahkan rute via Terusan Suez. Walau memakan waktu 11 hari lebih lama namun kapal Maersk yang berkapasitas besar mampu mengimbangi dengan muatan yang lebih banyak. Ya klop 'lah.

Untuk diketahui saja, Maersk Line merupakan pelanggan terbesar ACP dan saat ini bekerja bareng dengan APL mengoperasikan servis Asia – Amrik pantai timur (USEC), namun menyisakan 3 servis dari 6 servis yang ada saat ini.

ACP menyadari bahwa hal ini akan terjadi dan Terusan Panama akan kehilangan sekitar USD 40 juta akibat perpindahan servis, dari Terusan Panama ke Terusan Suez. Kedepannya, pasti ACP tengah menyiapkan strategi yang lebih ampuh. Apaan tuh ? Just wait and see.

Good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.

Minggu, 19 Mei 2013

JT 190513 : RCL Slot-Swap HJS, UASC, CSAV

Pelayaran Thailand, Regional Container Line (RCL) bertukar slot dengan sejumlah pelayaran yang melayani China – Middle East ato Asia – Timur Tengah dengan nama servis “FMX/AGX 2”, yang dioperasikan bersama oleh Hanjin Shipping (HJS), UASC dan CSAV Norasia.

RCL bakal menamakan servisnya “RND” (RCL North Asia Dubai) dan memiliki rotasi pelabuhannya sebagai berikut : Busan – Shanghai – Ningbo – Xiamen – Shenzhen / Shekou – Singapura – Jebel Ali – Singapura.

Sejak Januari 2013, RCL sudah melakukan slot-sharing. Artinya, naik kelas lah dengan melakukan slot-swap he he he. Selangkah lebh maju. Sip deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Sabtu, 18 Mei 2013

JT 180513 : SinOceanic Order 10 x 8.800 TEUs

Gebrakan pemain baru di industri maritim yang bermarkas di Oslo, cukup mengejutkan. Terutama saat terbetik kabar SinOceanic memesan 10 unit kapal berkapasitas 8.800 TEUs dari galangan Jinhai Heavy Industries, RRCina.

Kapal ini tujuannya untuk disewakan kepada pihak ke-3 untuk jangka waktu tertentu dan pengiriman kapal anyar ini akan dimulai mid-2015. Total nilai biaya belanjanya senilai USD 2,4 milyar !

SinOceanic Shipping ASA akan mengawasi proses pembuatan kapal ini hingga ke waktu penyerahannya kelak. SinOceeanic akan mengutip management fee tahunan dari servis yang diberikan.

Mantabz. Siapa kira-kira yang bakal menyewa kapal ini ya ? Belum diketahu secara jelas, jadi mohon bersabar.


Sumber : Dari Sana-sini.

Jumat, 17 Mei 2013

JT 170513 : H-L Luncurkan “Levante Express”

Pelayaran asal Jerman, Hapag-Lloyd (H-L) meluncurkan servis anyar, Levante Express (LEX), yang bakal menghubungkan Italia, Turki dan Mesir. Efektif mid-Juni 2013 dan cakupannya meliputi area Laut Tirenia dan sekitarnya.

Pelayaran perdana LEX dimulai 18/05 serta menghubungkan 10 pelabuhan di 3 negara diatas, termasuk hub-ports Cagliari, Damietta dan Port Said. Pelabuhan ini yang akan mengakomodir servis global yang dimiliki H-L saat ini.

Levante Express mengoperasikan 3 x 1.400 TEUs dan rotasi pelabuhannya : Cagliari – Alexandria – Damietta – Port Said – Mersin – Izmir – Cagliari – Genoa – Leghorn – Napoli – Salerno – Cagliari.

Congrats.


Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 16 Mei 2013

JT 160513 : PIL Tawarkan Servis Asia – Red Sea

Menjelang peak season, semua rute utama diguyur servis anyar dan kalo gak sampe memenuhi alokasi yang ada, bisa terjadi perang harga. Apalagi saat ini, kapal-kapal super gede menggelontor memenuhi pasar.

Pacific International Lines (PIL) bakal memulai sevis anyar RRCina – Asia Tenggara – Red Sea (RS 2) dengan frekuensi mingguan dan mengkaryakan 7 kapal berkapasitas antara 2.800 TEUS hingga 4.200 TEUs.

Servis ini melengkapi servis RSS yang dioperasikan lebih awal, hasil kerja bareng dengan APL (afiliasi NOL Group). Di servis RSS, kapal yang dipakai cukup fantastis antara 5.000 – 6.600 TEUs, dengan rotasi : Shanghai – Ningbo –Xiamen – Guangzhou / Nasha – Shenzhen / Chiwan – Singapura – Djibouti – Aden – Jeddah – Sokhna – Aqaba.

RS 2 memiliki rotasi pelabuhan sebagai berikut : Ningbo – Guangzhhou / Nansha – Shenzhen / Chiwan – Singapura – Djibouti – Aden – Port Sudan. Sebelumnya di April lalu, CMA CGM + Evergreen mengoperasikan (REX 3/SRS 2) dan Maersk Line meningkatkan kapasitas kapalnya.

Wah wah wah ... tambah rame ya. Pelanggan sih asik-asik aja. Banyak pilihan he he he.

Sumber : Dari Sana-sini.

Rabu, 15 Mei 2013

JT 150513 : COSCO Gandeng WHL + Evergreen Di TP

Sevis CEN milik COSCO (RRCina) kayaknya bakal melambung 45 % dari kapasitas saat ini dan COSCO ngga sendirian. Buktinya WHL dan Evergreen digandeng untuk slot-swap. Tindakan ini mengantisipasi lonjakan volume menjelang tengah tahun.

Alpahaliner melaporkan, COSCO bakal mengambil 1.200 TEUs di servis CP2 dan 300 TEUs di HTW milik Evergreen, sementara Evergreen mendapat jatah 1.500 TEUs di servis COSCO. Rotasi CEN : Dalian – Xingang – Qingdao – Prince Rupert – Long Beach – Oakland – Dalian.

Penambahannya koq bisa segede itu ? Servis CEN yang lama diperkuat 6 unit armada kapal 5.500 – 5.800 TEUs tetapi kedepannya bakal diganti dengan kapal berkapasitas rata-rata 7.500 – 8.500 TEUs. Wooow banget !

Salah satu kapal yang bakal masuk di CEN generasi mendatang, yakni “COSCO Vietnam” (8.501 TEUs), yang merupakan kapal milik MSC namun disewakan ke COSCO untuk jangka waktu tertentu. Gile banget deh.

Bakal seru nih Trans Pasifik (TP) dalam beberapa pekan mendatang.

Sumber : Dari Sana-sini.

Selasa, 14 Mei 2013

JT 140513 : OOCL Ikutan Boikot Iran


Merujuk himbauan (tepatnya peringatan) dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan desakan pihak Amrik bahwa Republik Islam Iran harus mendapat ganjaran akibat gak nurut dengan Presiden Obama sehingga dibuatnya berang. Kebablasan, ehh Obama jadi berangasan hi hi hi.

Sejumlah pelayaran global sudah menarik diri dari area dagang Iran, semisal Maersk Line, MSC, CMA CGM, APL, Hapag Lloyd (H-L), UASC, Simatech dan Wan Hai Lines (WHL). Juni nanti, OOCL pun akan menarik diri dari kawasan Iran, hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

Tindakan sanksi ekonomi ini ditujukan atas kenakalan Iran yang tetap ngotot untuk mengembangkan nuklir sebagai salah satu pusat pembangkit energi yang dibutuhkan negeri pimpinan Presiden Ahmadinejad. Pfffuih ... berat nian hidup ini.

Pihak Amrik dan sekutunya menuding bahwa Iran tengah mengembangkan teknologi nuklir untuk membuat senjata pemusnah dan kelak akan digunakan untuk menghantam anak emasnya Amrik yakni Israel. Sebagaimana diketahui, Israel merupakan seteru bebuyutan negeri Iran sejak awal.

Lagi-lagi ini bukti kekuatan media Barat yang tidak suka dengan sikap mandiri Iran. Bahkan sesama negara Liga arab pun kini mulai terpecah pelah. Tapi itu khan domainnya ahli politik jadi rada segen juga ngebahasnya. Cukup secuil diatas aja.

Pemerintah Amrik via National Defence Authorisation Act (NDAA) tidak memperbolehkan perdagangan umu, kecuali bantuan kemanusiaan (humanitarian goods). Selebihnya, pihak Amrik memelototin terus siapa saja yang melanggar dan asetnya bakal dibekukan.

Akankah sanksi ekonomi ini efektif ? Kita lihat saja. Ikut prihatin dengan isu sensitif ini ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Senin, 13 Mei 2013

JT 130513 : Dirut KAI Raih “The First Rank of Indonesia CEO Choice 2013”

JAKARTA: Untuk kesekian kalinya, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Ignasius Jonan mendapat pengakuan dari masyarakat luas dan juga jurnalis, atas prestasi kerjanya. Majalah SWA malam ini menobatkan sosok Dirut KAI sebagai “The First Rank of Indonesia CEO Choice 2013”.

Perhelatan CEO of Choice 2013 dilaksanakan di Hotel Shangri-La, Jakarta. Dalam acara tersebut, petinggi KAI yang low–profile ini menjadi pemateri, berkenaan dengan kiprahnya menjadi seorang pemimpin di industri perkereta-apian nasional dan dinilai membawa banyak perubahan.

Acara yang diadakan Senin 13/05 malam ini, terselenggara atas kerjasama media kawakan “SWA” dengan Dunamis dan IPSOS. Ada 6 (enam) kriteria penilaian yang menjadi ukuran keberhasilan dalam ajang ini, yakni Magnitudes, Complexity, Innovation, Creating Leader, Performa dan Governance.

Teriring salam dan rasa bangga sebagai warga negara republik tercinta, atas prestasi yang diraih. Selamat dan sukses selalu ! Semoga perkereta-apian Indonesia semakin maju dan bisa beradaptasi dengan perkembangan jaman.

Ciao.

Sumber : Humas Pusat KAI.

Minggu, 12 Mei 2013

JT 120513 : “Atlantic Cartier” Kebakaran, 80 Mobil Ludes

Pada tanggal 01/05 lalu, sebuah kebakaran terjadi diatas kapal “Atlantic Cartier” di dermaga Oswald, pelabuhan Hansa, Jerman. Sekitar 80 - 90 kendaraan musnah dilalap si jago merah dalam insiden tersebut.

Kendaraan yang masih baru dan akan dikirim ke Amrik tersebut terperangkap di palka, yang tengah dilanda api. Petugas pemadam kebakaran (damkar) bersusah payah untuk menghentikan kebakaran sehingga tidak menambah fatal korban lainnya.

Dukungan petugas damkar dari Harburg, Kirchdorf, Wilhelsburg, Warwisch dan Essendorf pun berdatangan. Berbagai bahan kimia dipadukan untuk meredam kobaran api dan api mulai bisa dipadamkan keesokan harinya pada tanggal 02/05 pagi.

Sejumlah kontainer yang ada di palka atas berhasil diselamatkan dan dipindahkan dengan crane. Semburan air tetap disemburkan dari sejumlah Polair ataupun penjaga pantai setempat. Tiga kapal tug yang bekerja keras, yakni : “RT Zoe”, “Hunte” dan “Bugsier 9”. Sebab-sebab percikan api bermula, masih dalam penyeidikan, termasuk ada tidaknya korban jiwa.

Spesifikasi kapal Con-Ro tersebut secara lengkap sebagai berikut : tahun pembuatan 1985, panjang x lebar 293 meter x 33 meter, bobot 51.648 dwt, bendera kapal : Swedia, kecepatan : 11,4 knots dan call sign : SCKB.

Info ini moga-moga gak basi, abiz mo dibuang sayang he he he. Ikut prihatin deh dengan insiden diatas.

Sumber : Dari Sana-sini.

Sabtu, 11 Mei 2013

JT 110513 : KA Babaranjang BBR13 Anjlok !

PALEMBANG: Sebuah rangkaian kereta api (KA) Babaranjang BBR13 berisi muatan batu bara diinfokan anjlok siang tadi Sabtu 11/05 sekitar pukul 12.45 waktu setempat. Kecelakaan terjadi di jalur antara stasiun Blambanganumpu – Negeriagung di km 150+5 – 149+8.

Penyebab kecelakaan masih diselidiki oleh pihak berwenang namun dalam insiden siang tadi, dilaporkan tidak ada korban jiwa. Evakuasi langsung dijalankan namun tidak bisa cepat berhubung banyak gerbong yang anjlok dan beberapa diantaranya terguling.

Akibat kecelakaan ini, bisa dipastikan rangkaian KA dibelakang BBR13 mengalami penundaan perjalanan, termasuk kereta api penumpang.

Kabar selanjutnya, menyusul.

Sumber : Dari Sana-sini

Jumat, 10 Mei 2013

JT100513 : YML Terima Kapal Baru “YM Unicorn”


Pelayaran terbesar Taiwan, Yang Ming Marine Transport (lebih dikenal dengan Yang Ming Line / YML), baru saja menerima kapal baru “YM Unicorn” (8.626 TEUs) dari galangan kapal CSBC Kaohsiung Shipyard pada tanggal 03/05/13 lalu.

Penamaan kapal ini dihadiri oleh Dr. Frank Lu (Chairman YML), Robert Lai (Chairperson CSBC Corp.), Li Yue-chun (isteri GM Xxentra Technology Materials Co. Ltd) dan sejumlah undangan penting lain.

YM Unicorn merupakan kapal ke-5 ato terakhir dari kelasnya, seri 8.626 TEUs yang dibangun oleh CSBC. Kapal ini dikabarkan memiliki kapasitas lebih banyak dan hemat energi selain ramah lingkungan.

YM Unicorn bakal bertugas di servis NE2 (Asia – Eropa) dengan rotasi pelabuhan sebagai berikut : Xiamen – Kaohsiung – Yantian – Singapura – Rotterdam – Hamburg – Felixstowe – Antwerp – Port Said – Singapura – Hong Kong – Xiamen.

Congrats.

Sumber : Dari Sana-sini.