Selasa, 30 April 2013

JT 300413 : UAL Rugi USD 325 Juta Tapi Kargo Naik 6,2 Persen


Maskapai penerbngan Amrik, United Airlines (UAL) membukukan nett loss ato merugi USD 325 juta, sebab musababnya yakni kompetisi yang ketat dan cuaca buruk. Itu pendapatan dari sisi penumpang sedangkan untuk angkutan barang justru mengalami peningkatan 6,2 % menjadi USD 68 juta.

Chief Revenue Officer UAL, Jim Compton mengakui kuartal satu memang menghadapi masa sulit dan pihaknya akan bekerja lebih keras lagi agar layanan Pelanggan tetap terjaga baik dan pendapatan tidak terabaikan.

UAL sebenarnya sudah meleur menjadi dengan merek (brand) baru “United” sejak 31 Maret lalu, hasil perkawinan antara United Airlines dan Continental. Yang cukup merosot dan mempengaruhi hasil kuartal satu yakni performansi bulan Februari 2013.

Semoga bisa bangkit kembali. Bravo !

Sumber : Dari Sana-sini. 

Senin, 29 April 2013

JT 290413 : “Ever Ethic” Senggol Dermaga


Sebuah kapal kontainer sepanjang 298 meter dan berbobot 75.898 dwt, “Ever Ethic” menyenggol dermaga di pelabuhan Vancouver, British Columbia (BC), Kanada. Kapal ini dioperasikan oleh Evergreen Line.

Untuk keluar dari pelabuhan tersebut, Ever Ethic ditarik oleh 2 (dua) kapal tunda. Lambung kapal Ever Ethic mengalami kerusakan (tidak disebutkan seberapa parah) namun secara fisik terlihat berlubang.

Dalam kejadian tersebut, tidak ada laporan korban jiwa atau polusi. Hanya saja, awak kapal berhasil memperbaiki kapal sehingga beberapa hari kemudian, kapal bisa diberangkatkan ke Tokyo, Jepang.

Informasi dimuat SWL pada tanggal 27/04. Untuk diketahui.

Sumber : SWL.

Minggu, 28 April 2013

JT 280413 : OOCL Sewakan Kapal Ke NYK

Kemitraan didalam wadah kerjasama aliansi strategis G6 semakin kental, khususnya hubungan antara OOCL dan NYK. Kabarnya, OOCL baru saja mendapat kapal ke-4 yang dinamai “NYK Hercules”. OOCL memesan 10 unit kapal sekelas ini.

Pelayaran Hong Kong ini membangun 10 unit kapal berkapasitas 13.208 TEUs untuk mengantisipasi pasar yang kadang sulit ditebak. OOCL mempercayakan konstruksinya ditangani Samsung Heavy Industries (SHI).

Rencananya, NYK Hercules bakal dioperasikan di LP4 Asia Eropa yang memiliki rotasi sebagai berikut : Ningbo – Yangshan – Shenzhen/Yantian – Singapura – Suez Canal – Le Havre – Southampton -  Hamburg – Rotterdam – Suez Canal – Jeddah – Singapura – Shenzhen – Yantian – Ningbo, dengan masa satu putaran membutuhkan 77 hari.

Seperti kapal terkini lainnya, menonjolkan kecanggihan teknologi yang dimiliki serta hemat energi selain ramah lingkungan. Congrats.

Sumber : Dari Sana-sini.

Sabtu, 27 April 2013

JT 270413 : “Kereta Api Indonesia Expo” Semarang, 01-05/05/13


JAKARTA: PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggandeng PT Telkom, Telkomsel dan Bank BNI menyelenggarakan kegiatan pameran, yang dinamai "Kereta Api Indonesia Expo"mulai tanggal 1-5/5/13 mendatang.

Dimana tuh ? Pertanyaan menarik. Bertempat di Lawang Sewu, Semarang dan PT KAI akan membawa serta perusahaan afiliasi dalam momen penting ini, yakni : PT Reska, PT Railink. PT KA Tours dan PT Kereta Api Logistik (KALOG).

Bagi Anda yang tertarik dengan pameran ini, silahkan kunjungi stand PT KAI sambil menikmati suasana temaram Kota Semarang tapi ingat, jangan pasang jurus langkah seribu walau Anda berada di areal Lawang Sewu he he he.

Enjooooy ...

Sumber / Foto : KAI.

Jumat, 26 April 2013

JT 260413 : Akuisisi "Djakarta Lloyd" Masih Alot

Pertanyaan umum, diakuisisi siapa ? Ini nih yang menarik perkembangan di negeri ini. Proses tarik ulur kepentingan yang menentukan hidup-matinya perusahaan pelayaran pelat merah, PT Djakarta Lloyd (DL).

Pelayaran yang dipandang sebagian orang sudah mati suri, rupanya masih dalam proses akuisisi menjadi anak perusahaan PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC). Tahap due diligent yang sedang dilakukan PIHC sat ini terganjal persoalan yang membelit DL dan hal ini diakui Dirut DL, Syahril Japarin.

Secara finansial persoalannya sudah beres tetapi persoalan hukumnya masih membelengu kemungkinan DL jadi afiliasi PIHC untuk bidang transportasi dan distribusi.  Saat ini, pihak DL memanfaatkan kerjasama dengan PLN.

Dari kondisi legal, lanjut Syahril, jauh sebelumnya aset sudah disita PT Globex Indonesia atas dasar wanprestasi DL membayar medium term note (MT) atau surat utang jangka menengah. Sehingga lelangnya akan dilakukan pengadilan atas permintaan Globex.

Diakuinya, penawaran penjualan aset yang telah dilakukan berlangsung lama. Bisa jadi, kata dia, karena calon pembeli takut atas masalah hukumnya. Ini malah akan membuat nilai jualnya jadi turun atau murah.

Jika nanti akhirnya Pupuk Indonesia mengakuisisi, potensi bisnisnya besar. Selain menjadi anak usaha di bidang transportasi untuk distribusi pupuk dari seluruh anak usaha pupuk seperti Pupuk Kaltim, Pusri, Petrokimia Gresik, dan lainnya, juga mempunyai nilai potensi bisnis untuk disewakan atau menjadi transportasi umum seperti bisnis DL yang selama ini.

Mantabz bozz, maju terus pantang mundur !

Sumber : Bisnis Indonesia.

Kamis, 25 April 2013

JT 250413 : Uji-coba E-ticketing & CC206

Awal minggu ini, PT KA Commuter Jabodetabek (KJC) – salah satu afiliasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang mengurusi KA Commuter Line – mulai melakukan uji coba penggunaan tiket elektonik alias e-ticketing.

Kurangnya waktu sosialisasi – seperti diakui oleh operator maupun penumpang – menjadi tantangan tersendiri bagi KCJ, agar kedepannya supaya lebih berdaya guna dan perjalanan penumpang tidak terhambat dengan masalah teknis.

Rute yang diujicoba yakni Jakarta Kota – Depok. Rencananya bulan Juni mendatang, sosialisasi e-ticketing akan dilakukan di semua rute dan serentak. Maksud implementasi adalah proses pembayaran yang lebih cepat.

Uji coba e-ticketing akan dilaksanakan di 20 stasiun, kecuali stasiun UI. Dan untuk itu, salah satu kewajibannya agar proses e-tickeing sukses dan lancar, harus dilakukan sterilisasi area dan terpusat, semisal satu gerbang (gate) masuk dan keluar.

KJC dengan didukung PT KAI terus melakukan upaya sosialisasi dan penyempurnaan agar kedepannya menjadi lebih baik. Biasa lah, diawal-awal selalu ada kendala tapi ingat pepatah, alah bisa karena biasa. So, the show must go on.

Masih dari dari dapur PT KAI. Dalam rangka pengenalan instrumen lokomotif (lok) CC206 teranyar yang dibeli PT KAI, dan sebagai bagian dari pelatihan Masinis dan Asisten Masinis Daop 3 Cirebon melakukan prkatek jalan lok dengan membawa rangkaian 4 GD ke lintas CN-CLH, Kamis 25/04.

Terlampir foto dari Humasda Daop3 CN.

Lanjuuuuut.

Sumber : KAI.

Rabu, 24 April 2013

JT 240413 : WHL Namai Kapal Baru “Wan Hai 516”



Chairman Wan Hai Lines (WHL), Po Ting Chen memimpin acara penamaan kapal kontainer anyar milik pelayaran Taiwan ini di galangan CSBC Corp. Kaohsing. Kapal tersebut dinamai “Wan Hai 516” (4.680 TEUs).

Seperti diketahui, WHL memesan 14 unit kapal baru berbagai ukuran dan masa pengirimannya dijadualkan mulai kuartal pertama tahun 2013 ini.  Wan Hai 516 memiliki spesifikasi panjang 259 meter, draft 12,8 meter dan bobot 57.830 dwt.

Ke-14 unit kapal yang dipesan, terdiri dari 4 x 1.800 TEUs, 4 x 1.000 TEUs dan 6 x 4.500 TEUs dimana kecepatan rata-rata kapal terbarunya bisa mencapai 23,2 mil laut. Emang mau dikebut ? Gak juga sih, cuma sekedar supaya tahu aja.

Sumber : Dari Sana-sini.

Selasa, 23 April 2013

JT 230413 : Kapal 16.000 TEUs Milik CMA CGM Join AE


Kapal kontainer terbesar milik perusahaan pelayaran Perancis namun menggunakan bendera Inggeris Raya, “CMA CGM Alexander Von Humboldt”, baru saja memulai debutnya di rute Asia Eropa (AE) FAL1, meninggalkan pelabuhan Busan, Korea Selatan.

Kapal Alexander memiliki kapasitas 16.000 TEUs dan merupakan saudara kembar “CMA CGM Marco Polo” yang telah lebih dulu beroperasi serta berlayar menggunakan bendera Inggeris Raya. Saat ini kapal berkemampuan 16.000 TEUs dikalim sebagai kapal komersil terbesar didunia.

Pelayaran yang dikomando Jacques saade ini membangun 3 kapal ukuran ini dimana kapal ke-3 dan terakhir, “CMA CGM Jules Verne” akan diluncurkan bulan Mei mendatang namun bendera kapalnya akan menggunakan simbol Perancis.

Kapal seri 16.000 TEUs dibangun oleh galangan kapal ternama Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME). Spesifikasi kapal: panjang 396 meter, lebar 54 meter dan draft 16 meter. Wooow keren ya ?

Rotasi FAL1 sebagai berikut : Busan – Qingdao – Ningbo – Shanghai – Xiamen – Hong Kong – Chiwan – Yantian – Port Kelang – Suez – Tangier – Southampton – Hamburg – Bremerhaven – Rotterdam – Zeebrugge – Le havre – Malta – Suez – Khor Al Fakkan – Jebel Ali – Port Kelang – Ningbo.

Congrats !

Sumber : Dari Sana-sini.  

Senin, 22 April 2013

JT 220413 : CSAV Pesan 7 x 9.300 TEUs


Lain langkah yang ditempuh oleh Zim, lain pula tindakan CSAV. Bila Zim belum lama ini membatalkan sebagian pesanannya, maka pelayaran Cile justru menegaskan eksistensinya dengan meng-order 7 x 9.300 TEUs belum lama ini.

Galangan yang ditunjuk yakni Samsung Heavy Industries (SHI) dan nilai transaksi yang diteken mencapai USD 642,9 juta -  masa pengiriman dimulai bulan Mei 2015 mendatang. Pendanaan order kapal baru berasal dari dana sendiri (40%) dan sisanya pinjaman bank (60%).

Pihak SHI menyebutkan ada opsi 7 unit lainnya namun belum diketahui kelanjutannya. Mantabz deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Minggu, 21 April 2013

JT 210413 : ZIM Batalkan 5 Kapal Dari SHI


Ditengah hiruk pikuk pergulatan ngorder ato ngga, untuk konstruksi kapal baru. Pelayaran Israel, Zim Integrated Shipping Ltd (dikenal sebagai Zim Line), membatalkan 5 kapal anyar tapi tetap melanjutkan sisa order namun masa pengirimannya ditunda (postponed).

Kapal yang disetujui, kabarnya minta dikirim tahun 2016 mendatang, yaaa masih lama aja ya ? Zim juga ,masih punya opsi untuk membatalkan 4 unit kapal lainnya dengan sejumlah kompensasi, pastinya.

Pihak galangan Korea Selatan, Samsung Heavy Industries (SHI) kabarnya sudah menyetujui permintaan Zim. Dari isu ini, dipastikan bahwa pihak Zim telah membukukan kerugian sebesar USD 133 juta ke waktu pembukuan kuartal 4 – 2012.

Tetap waspada dan berhati-hati memesan kapal gede karena ekses yang didapat akan sangat luar biasa. Perang harga, bila tak diimbangi volume yang proporsional !

Sumber : Dari Sana-sini.

Sabtu, 20 April 2013

JT 200413 : SITC Order 8 Kapal dari CSBC Taiwan

Pelayaran yang sedang naik daun di daratan Cina, SITC, disebut-sebut tengah memesan kapal baru di seberang selat dan yang dijuluki pula sebagai “musuh dalam selimut”, Taiwan. SITC memesan 8 x 1.800 TEUs dari galangan kapal CSBC.

Menurut kantor berita RRCina, Xinhua, SITC mengeluarkan kocek hingga USD 180 juta guna mewujudkan cita-citanya. Kapal pertama akan siap dikirim medio September 2014 dan kapal terakhir yang akan diterima SITC, direncanakan akhir tahun 2016.

Kapal berbobot 30.000 ton ini bernila USD 32 juta per unitnya dan diharapkan bisa menghemat dari sisi penggunaan bahan bakar, hingga pemanfaatan pengaturan kecepatan. Spesifikasi umumnya, memiliki panjang 172 meter dan lebar 27,6 meter.

Chairman SITC, Yang Shaopeng menyebutkan teknologi dan mutu yang dproduksi oleh Taiwan ngga kalah dibanding Korea Selatan dan Jepang. Jadi pilihan memilih CSBC, menjadi opsi terbaik dari pandangan SITC.

Saat ini, SITC mengoperasikan 60 kapal dengan 52 rute di Intra-Asia serta memiliki agregat 1,7 juta TEUs di akhir tahun 2012.

Sumber : Dari Sana-sini.

Jumat, 19 April 2013

JT 190413 : Customer HKG Ngeri Hadapi Hari Buruh

Panjangnya rentang waktu demo yang dijalankan oleh para buruh bongkar muat (stevedoring) di salah satu terminal terbesar di Hongkong, yakni Hongkong International Terminal (HIT) ikut memicu kekhawatiran tersendiri. Pasalnya, hampir mendekati Hari Buruh alias May Day.

Aksi demo yang sudah berlangsung selama hampir sebulan, ikut membuat carut-marut industri maritim di Hong Kong – khususnya HIT. Tidak sedikit pelayaran yang akhirnya memindahkan port of call ke area Pearl River Delta, RRCina.

Walau boleh dibilang sementara, namun aksi demo diperkirakan akan menggelembung semakin besar di Hari Buruh dan dikhawatirkan memicu aksi serupa ditempat lain. Belum lama ini pendemo malah membuat tenda-tenda didepan kantor Hutchison Whampoa di pusat kota.

Buruh-buruh yang ikut dalam demo ini, dipasok dari berbagai perusahaan ato semacam outsourcing bagi HIT dan sehubungan ngga ada juntrungannya, kini pihak buruh meminta manajemen HIT ikut serta memikirkan nasib mereka.

Sebagaimana diungkap sebelumnya, pihak HIT menolak ikut-campur dalam urusan ini sehingga tak heran, konflik yang ada jadi agak berlarut-larut. Sampai kapan demo akan usai ? Tunggu pesan selanjutnya, siapa yang kuat, daialah yang menang hik hik hik.

Ikut prihatin dengan perseteruan yang ada. Bisa jadi memang berpotensi menjangkiti terminal lain, walau hanya di sekitar Hong Kong. Tapi tetap aja demo itu kegiatan yang mengganggu aktifitas bongkar muat (stevedoring activities).

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 18 April 2013

JT180413 : “Norfolk Express” Kandas Di Jerman

Salah satu kapal kontainer milik tuan rumah, “Norfolk Express” (bobot 45.362 dwt dan panjang 245 meter) kandas di muara sungai Weser, dekat Wremen, Jerman. Kapal kandas saat berbelok terlampau cepat.

Saat kejadian dilaporkan tidak ada polusi kecuali sebagian haluan kapal mengalami kerusakan dan kemudian diperiksa saat setibanya di Bremerhaven. Sejumlah kapal tug dikerahkan untuk membebaskan kapal tersebut namun akhirnya bisa bebas secara alamaih.

Operator kapal ini adalah Hapag-Lloyd (H-L). Tidak ada informasi lebih detil atas insiden diatas. Syukur deh kalo gitu.

Sumber : SWL

Rabu, 17 April 2013

JT 170413 : “Cosco Belgium” Masuk Antwerp


Ini penghargaan tersendiri bagi Belgia, dimana nama negaranya di tempelkan menjadi nama kapal kontainer terbesar di armada milik pelayaran RRCina, COSCO Container Lines (Coscon), “COSCO Belgium”.

Selain itu, kapal ini baru aja memasuki salah satu pelabuhan tersibuk di Eropa, yakni Antwerp yang terletak di Belgia juga. Kehormatan dunk ? Hari Minggu kemaren 14/04 kapal berkapasitas 13.350 TEUs ini sandar di pelabuhan Antwerp.

CEO Antwerp Port Authority, Eddy Bruyninckx, merasa bersyukur diberi kepercayaan meng-handle kapal segede gambreng dan setidaknya menggambarkan kemampuan pelabuhan tersebut melayani kapal sekelas Cosco Belgium he he he.

Coscon merupakan salah satu customer Antwerp sejak lama. Pertengahan 1990an, pelayaran Cina mengirim kapal 5.000 TEUs dan tahun 2007 mendatangkan kapal 10.000 TEUs. Pengerukan sungai Scheldt sangat mendukung usaha jualan pelabuhan Antwerp.

Selama tahun 2012 saja, Antwerp melayani 167 ultra-large containerships (ULCS) dan selama semester 1 – 2013 sudah membukukan 48 ULCS ato naik sekitar 15 %. Wooow, artinya pertumbuhan ULCS terus menggelembung.

Kapal ini dibuat di galangan Nantong Cosco KHI Ship Engineering, RRCina, dan merupakan perusahaan patungan antara Cosco dengan Kawasaki Heavy Industries (KHI), Jepang. Hasil spektakuler galangan ini adalah saat meluncurkan Cosco Belgium diatas.

Congrats ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Selasa, 16 April 2013

JT 160413 : G6 Dapat Persetujuan Dari FMC


Ini kabar bagus bahwa aliansi strategis G6 (gabungan dari The New World Alliance + Grand Alliance) sudah mendapat persetujuan dari Federal Martime Commission (FMC), untuk mengoperasikan kapal di rute Asia – Amrik pantai timur via Panama maupun Suez.

Sesuai kesepakatan dengan FMC, ke-6 pelayaran G6 bisa saling bertukar slot kapal dan kerja bareng operasi hanya di rute sebelah timur Amrik (US East Coast - USEC), tidak berlaku di pantai barat alias U.S West Coast (USWC).

Ke-6 pelayaran anggota G6 yakni : APL, HMM, MOL, NYK, OOCL dan Hapag-Lloyd (H-L). Setidaknya bakal ada sekitar 50 kapal kontainer yang digelar di USEC ato trans pasifik dengan masing-masing 3 loop di Panama dan Suez, jadi totalnya 6 loop.

Bilakah mulai efektif ? Direncanakan mulai bulan Mei mendatang. Dari total 50 kapal, 6 kapal diantaranya berbendera Amrik dan milik APL. Lingkup area mencapai 30 pelabuhan yang tersebar di Asia, Amrik, Kanada, Karibia, India Sub-Continent (ISC), Med hingga Timur Tengah.

Congrats Broer.

Sumber : Dari Sana-sini.

Senin, 15 April 2013

JT 150413 : Bom Boston Guncang Biz Global

Walau diakui, dampaknya ngga sehebat penghancuran gedung kembar World Trade Center (WTC) di Amrik beberapa tahun lalu namun peristiwa peledakan bom di Boston Senin 15/04 waktu setempat, sangat mengejutkan masyarakat internasional.

Seperti diketahui, serangan bom ditujukan di bidang olahraga sangat jarang dilakukan sehingga bisa saja para teroris ato apapun namanya nanti, memanfaatkan situasi untuk melakukan aksinya. Akibat aksi teror bom “Boston Marathon”, Amrik ini, 3 (tiga) orang peserta tewas dan ratusan lainnya luka-luka.

Sebagian analis malah menghubungkan dengan kiprah para pengusaha Kanada, yang kebetulan menjadi sponsor utama kegiatan olah raga ini, yakni Manulife Financial Corp. dan John Hancock Financial Service Inc.

Sebab-sebab kejadian masih dalam investigasi  pihak berwenang namun sejumlah versi langsung bermunculan di media sosial. Biasa, analisis masing-masing. manulife dan John Hancock sudah menjadi sponsor sejak 28 tahun lalu. So what gitu loh ?

Untuk diketahui, Boston Marathon adalah lomba maraton tahunan yang dilakukan di beberapa bagian kota Boston, di timur Massachussets, Amrik. Perlombaan ini merupakan bagian dari peringatan hari Patriot, yang digelar setiap Senin ketiga di bulan April.

Lomba ini sudah dimulai sejak tahun 1897 dan hingga kini mencapai perayaan yang ke-116 tahun. Awalnya, lomba ini terinspirasi dengan kesuksesan maraton moderen di Olimpiade 1986. Namun kini, Boston Marathon menjadi lomba lari jarak jauh tahunan yang tertua dan terkenal didunia.

Bagaimana prospek biz di Amrik dan belahan dunia lainnya setelah serangan bom Boston ini ? Kita simak dalam beberapa hari mendatang. Biasanya Amrik langsung memasang rambu-rambu pengamanan baru.

Seperti apa ? Yuuuk kita tunggu, seperti halnya setelah kasus 9/11 muncul Advance Manifest System  (AMS) dlsb.

Sumber : Dari Sana-sini.

Minggu, 14 April 2013

JT 140413 : Maersk Tarik Kapal Tua Kurangi Ekses Over-Tonnage

CEO Maersk Line, Soren Skou mengatakan bahwa bila permintaan Customer turun maka kapal terbaru seri 18.000 TEUs akan tetap dioperasikan namun untuk menjaga keseimbangan pasok ruang kapal, kapal-kapal bertipe kecil akan ditarik secara bertahap.

Hal tersebut disampaikan Skou dalam sebuah wawancara untuk majalah internal, Maersk Post. Selama tahun 2012, Maersk ngerasa ngga mendulang untung alias “make money” – termasuk “Daily Maersk” yang sangat ditonjolkan.  

Daily Maersk, di industri saat ini diakui keberadaannya dan pihak manajemen optimistis di tahun 2013 bisa mencapai hasil yang diharapkan. Maersk berharap di tahun ini juga bisa mengoperasikan kapal terbaru seri “triple-E” alias 18.000 TEUs.

Nantinya, triple-E akan menjadi kapal efisien dengan konsumsi bahan bakar hemat 35% dibanding kapal berkapasitas 13.100 TEUs yang dioperasikan Maersk Line. Maersk sekarang ini mengoperasikan 30 % kapalnya di rute Asia-Eropa (AE). Mantabz !

Sumber : Dari Sana-sini.

Sabtu, 13 April 2013

JT 130413 : Lion Air Tergelincir Di Bali


Sabtu 13/04 sore pukul 15.35 WITA, sebuah kecelakaan pesawat terbang menimpa maskapai penerbangan “Lion Air”, yang tengah berupaya mendarat dibandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali terjerembab dan jatuh dipesisir pantai ujung landasan bandara.

Pesawat Boeing terbaru seri 737-800 NG ini, berangkat dari Bandung menuju Denpasar dalam kondisi cuaca agak gelap dan mengalami nasib nahas. Pesawat nyungsep dan jatuh di laut. 101 penumpang dan 7 kru berhasil dievakuasi.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait menyatakan pesawat yang diterbangkan pilot M. Ghazali baru didatangkan ke Jakarta pada 28/03/13 dan kondisi pesawat dalam kondisi laik jalan, disamping pilot sudah memiliki 10 ribu jam terbang.

Bandara Ngurah Rai sempat ditutup selama 2 jam dan setelah pukul 17.00 kondisi penerbangan sudah pulih. Maskapai Lion Air ditengarai tumbuh terlalu cepat sehingga komposisi SDM dinilai memiliki kontribusi dalam musibah ini.

Tanpa ingin berprasangka buruk dan karenanya, tugas ini merupakan domain KNKT, mendingan kita tinggal menunggu hasil investigasi saja.bagi korban luka, semoga lekas pulih dan bagi korban yang selamat, semoga tidak kapok naik pesawat terbang.

Ikut prihatin.

Sumber : Dari Sana-sini.

Jumat, 12 April 2013

JT 120413 : “K” Line Order 5 x 14.000 TEUs


“K” Line – sebagai salah satu raksasa pelayaran “Negeri Matahari Terbit” – siap memesan 5 x 14.000 TEUs guna mengimbangi kemampuan mitra kerja di Green Alliance ato CKYH. Galangan yang dipercaya membangun konstruksi kapal teranyar ini, Imabari Shipbuilding Co.

Bila semuanya lancar dan sesuai jadual, aliansi strategis CKYH bakal memasang 35 kapal setipe, dimana 14 unit sudah beroperasi dan 21 unit lainnya sedang dalam pesanan – 5 unit diantaranya milik “K” Line tadi.

Lima unit kapal yang masuk kategori ultra-large containerships (ULCS) ini bakal dikirim di tahun 2015 mendatang.  Pihak perusahaan menyebutkan opsi ini bisa merupakan kapal milik ato sewa, tergantung kalkulasi kemudian.

Bila realisitis, bukan tidak mungkin “K” Line memilih membeli tetapi semua kemungkinan masih dipertaruhkan. Itu hak manajemen “K” Line, kita sebagai Pembaca cenderung membaca dan menilai walau secara kasat mata, mending sewa dulu kalo melihat sikon terkini.

Pilihan mana yang terbaik versi "K" Line, simak terus perkembangannya disini.

Sumber : Dari Sana-sini.  

Kamis, 11 April 2013

JT 110413 : Terminal Hong Kong Dilanda Mogok


Sudah hampir 2 (dua) minggu lamanya, salah satu terminal terbesar di Hong Kong yang dimiliki taipan Li Ka-shing dilanda mogok dan sekarang mengakibatkan kebuntuan dalam distribusi kontainer ke berbagai tujuan.

Setidaknya pihak Hongkong International Terminals (HIT) yang sahamnya dimiliki Hutchison Port Holdings (HPH) mengalami penurunan volume drastis hampir 20 %, demikian juga sebagaimana diindikasi oleh Hong Kong Shipper’s Council (HKSC).

Sekitar 20 cranes dibuat lumpuh akibat mogok kali ini dan kapal kontainer harus menunggu (dwell-time) antara 1-4 hari sebelum bongkar. Prediksi Hong Kong Association of Freight Forwarding and Logistics (HAFFA) s/d tgl 08/04 ada sekitar 120.000 TEUs kontainer yang mandeg.

Pelayaran Evergreen Line (Taiwan) dan MOL (Jepang) merespon kondisi diatas dan memindahkan pelabuhan bongkar ke Shenzhen ato pelabuhan terdekat untuk menghindari ketidakjelasan yang tengah mengurung HIT. Kondisi saat ini dinilai sangat berbahaya bagi reputasi pelabuhan Hong Kong.

Pihak HIT sendiri mengeluarkan maklumat insentif bagi para buruh yang tetap bersedia masuk / bekerja seperti biasa namun truk yang lalu lalang dihadang oleh para pendemo, hingga aksi mendirikan tenda-tenda sementara di sekitar Kwai Chung terminal. Ini malah lebih menghambat.

Berbagai pihak menyayangkan aksi demo yang melumpuhkan Hong Kong sehingga mengganggu citra negeranya di mata dunia internasional, serta menambah pengaruh atas peran pelabuhan di sekitar Pearl River Delta (PRD). Oo  oohh ....

Semoga cepat dicapai kompromi agar semua pihak senang dan gak ada yang dirugikan. Good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.

Rabu, 10 April 2013

JT 100413 : Salah Konstruksi, Penyebab Banjir “Emma Maersk”


Teknologi secanggih apapun masih akan menyisakan ruang kesalahan, sekecil apapun. Itu bukti kuasa-NYA Tuhan dan keterbatasan manusia dalam mencipta. Namun diluar itu semua, kita coba menyimak tulisan yang menyorot insiden diatas kapal “Emma Maersk”.

Kejadian tgl 01/02 lalu yang menimpa kapal kontainer milik Maersk Line, saat ruang mesin Emma Maersk mengalami kebanjiran hingga ketinggian mencapai 15-16 meter sehingga kapal mogok dan terpaksa harus ditarik dari area Terusan Suez, Mesir.

Dalam investigasi awal, walau sekat-sekat kedap air di terowongan propshaft dalam kondisi normal namun rupanya air dapat menerobos celah-celah kabel besar di saluran tersebut. Kabarnya, pihak  Maersk Line memang merubah sedikit disain dari rencana aslinya.

Kedepannya, pihak Maersk Line telah menginstruksikan untuk meninjau ulang semua kelemahan yang ada dan mengantisipasinya, khususnya untuk kapal container tipe sejenis Emma Maersk dan saudara sekandungnya (sisterships).

Hasil investigasi ini sudah disampaikan ke pihak pembuat mesin utama Roll Royce. Rujukan sebelumnya, silahkan baca : JT 230213 : “Emma Maersk” Masuk Bengkel Italia, JT 180213 : “Emma Maersk” Usai Perbaikan (sementara) dan JT 060213 : “Emma Maersk” Alami Gangguan Mesin.

Sumber : SN-TR.

Selasa, 09 April 2013

JT 090413 : Costamare Peroleh “MSC Athens” 8.827 TEUs

Juragan kapal Yunani yang biasa menjadi penyedia kapal kontainer  bagi operator besar, Costamare, baru-baru ini mendapat kapal anyar 8.827 TEUs yang langsung disewakan ke MSC dan diberi nama “MSC Athens”.

Kapal ini besutan galangan kapal “Sungdong Shipbuilding & Marine Engineering” (SSME), Korea Selatan dan disewakan untuk jangka waktu 10 tahun, kepada pelayaran terbesar ke-2 didunia yakni Mediterranean Shipping Co. (MSC).

Chief Financial Officer (CFO) Costamare, Gregory Zikos, berujar kapal ini merupakan yang pertama dari kelasnya yang dipesan sebanyak 10 unit, untuk meramaikan industri maritim berskala global. Sembilan unit lainnya akan digelontorkan dalam kurun waktu 10 bulan kedepan.

Costamare sudah 38 tahun malang melintang di industri persewaan kapal internasional dan saat ini memiliki 57 kapal kontainer berbagai ukuran, dengan total kapasitas 332.000 TEUs – termasuk 9 unit yang sedang dalam masa penyelesaian.

Congrats lah ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Senin, 08 April 2013

JT 080413 : H-L Terima “Shanghai Express” 13.169 TEUs

Hapag-Lloyd (H-L) baru saja menerima kapal ke-5 dari seri 13.169 TEUs “Shanghai Express” yang dikirim dari galangan “Hyundai Heavy Industries” (HHI), Korea Selatan dan bakal mengisi Loop 5 Asia Eropa (AE) dari aliansi strategis G6.

Sebenarnya, total pesanan kapal baru H-L sebenarnya ada 10 unit tapi yang benar-benar murni punya kapasitas 13.169 TEUs hanya 4 unit doank, sisanya yang 6 unit merupakan upgrading dari orderan sebelumnya di tahun 2008, yakni kapal berkapasitas 8.750 TEUs.

Enam unit tadi akhirnya dimodifikasi menjadi kapal yang bisa mengangkut 13.000 TEUs lebih karena saat ini H-L memerlukan kapal berkapasitas besar guna mengimbangi mitra kerja di G6. Istlahnya, harus memiliki “sisterships” di rute tertentu dan sudah menjadi kebutuhan.

Pasti ada yang nanya gini, koq lama aja bikinnya tuh kapal H-L ? Gini loh, pengiriman 3 unit kapal seri ini minta diundur waktu pengirimannya, dari semester 2 – 2013 menjadi semester 1 – 2014 karena lemahnya permintaan pasar. Jadi bukan molor karena lemot pengerjaannya.

Artinya, bentangan waktu pengiriman 10 kapal ini bisa mencapai 21 bulan karena faktor diatas tadi. Saat ini semua pelayaran memang harus jeli. Bila dipaksakan, kebanyakan kapal gede malah bisa bikin gempor dan harga anjlok. 

Congrats.

Sumber : Dari Sana-sini.

Minggu, 07 April 2013

JT 070413 : “OOCL Belgium” Siap Operasi Lagi

Setelah sempat membuat Customer terkejut-kejut akibat penarikan tiba-tiba kapal “OOCL Belgium” beberapa waktu lalu, kini pihak Orient Overseas Container Line (OOCL) mengabarkan bahwa proses perbaikan sudah beres.

Asyiiiik, gitu donk. Kabarnya, OOCL Belgium sempat menderita kerusakan di bagian propeler dan dikandangkan untuk perbaikan di Bremerhaven, Jerman, sekarang saatnya untuk kembali beroperasi di rute Atlantik via “Gateway Express” (GEX1).

Pelayaran perdana setelah perbaikan, akan diberangkatkan tgl 07/04 dan detil perjalanan kapal GEX sebagai berikut : Antwerp – Bremerhaven – Le Havre – Liverpool – Montreal – Liverpool – Antwerp. Mantabz !

Berita sebelumnya, baca deh JT 260313 : “CMA CGM Florida” + “OOCL Belgium” Bermasalah dan JT 270213 : “OOCL Belgium” Terjepit Hamparan Es.

Sumber : Dari Sana-sini.

Jumat, 05 April 2013

JT 050413 : Awak “Lufthansa” (Ancam) Mogok

Aksi mogok di industri transportasi kini sedang marak-maraknya. Setelah maskapai Spanyol, Iberia yang sempat disenggol isu tersebut, kini melanda juga juga pelabuhan Hong Kong via Hongkong International Terminal (HIT).

Asosiasi buruh Jerman, Verdi, belum lama ini juga mengingatkan bahwa para pekerja maskapai penerbangan “Lufthansa” bakal melaksanakan aksi mogok lanjutan hingga mid-April, bila tidak tercapai kesepakatan yang diharapkan.

Pihak pekerja mengharapkan kenaikan 5,2 % upah untuk 33.000 pegawai “Lufthansa Cargo”, unit usaha catering “LSG Sky Chefs”, “Lufthansa Technik”, “Lufthansa Systems” serta petugas yang ada didaratan/bandara.

Sudah sejak akhir Maret 2013 lalu, pihak Lufthansa mencanangkan untuk melakukan penghematan karena dipaksa berkompetisi dengan low-cost carriers (LCC) dan maskapai penerbangan Timur Tengah yang dinilai agresif.

Kini, aksi tersebut diperkuat lagi dengan dengan dukungan berbagai asosiasi terkait di Jerman. Semoga cepat beres deh. Lagi-lagi, merepotkan semua pihak deh. Rugi ke semuanya koq.

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 04 April 2013

JT 040413 : OOCL Peroleh “OOCL Memphis” 8.888 TEUs


OOCL baru saja mendapatkan kapal seri 8.888 TEUs yakni “OOCL Memphis”, yang bakal dipake di servis Super Shuttle Express (SSX) antara Asia – Amrik. Kapal ini merupakan yang ke-4 dari total 8 unit yang dipesan dari Hudong-Zhonghua Shipbuilding (Group) Company.

CEO OOCL, Andy Tung, menyebutkan kapal ini selain memiliki konsumsi energi hemat, juga bisa mengurangi emisi untuk melindungi lingkungan kita semua he he he. Sebelumnya, OOCL sudah memiliki koleksi kapal 8.888 TEUs dan sudah beroperasi diberbagai rute utama.

Rotasi 42 hari SSX sebagai berikut : Shenzhen/Yantian – Shenzhen / Da Chan Bay - Hong Kong - Kaohsiung - Long Beach – Kaohsiung – Xiamen - Hong Kong – Shenzhen / Yantian.

Congrats ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Rabu, 03 April 2013

JT 030413 : BLT Bayar Kreditor Dengan Menjual Kapal

Setelah melalui perdebatan panjang, bahkan sebelumnya ditentang oleh PT Bank Mandiri dan PT Bank Mizuho Indonesia – namun akhirnya berubah haluan mendukung rencana perdamaian dan berhasil menyelamatkan dari aksi pemailitan.

PT Berlian Laju Tanker Tbk (BLT) berhasil diselamatkan oleh para krediturnya, setelah melewati pemungutan suara kedua pada hari Kamis 14/03 lalu, seluruh kreditur separatis dengan nilai tagihan Rp 903 milyar menyatakan setuju. Kreditur separatis adalah pemberi pinjaman dengan jaminan.

Sementara itu, kreditur konkuren (tanpa jaminan) yang menerima perdamaian 151 kreditur dan mewakili tagihan Rp 6,99 trilyun (82 %) sedangkan yang menolak 65 kreditur mewakili piutang Rp 1,51 milyar (18 %).

Persetujuan diberikan setelah debitur menyamaratakan jatuh tempo pembayaran utang menjadi 10 tahun. Sebelumnya beberapa kreditur memperoleh tempo pembayaran berbeda, seperti PT Bank Central Asia Tbk yang dibayar dalam 4 tahun. Dalam rencana perdamaian terbaru tagihan BCA akan dipenuhi dalam 10 tahun.

Untuk memenuhi pembayaran utang kepada kreditur separatis, perusahaan pelayaran pengangkut gas dan minyak ini berencana menjual sebagian kapalnya. Restrukturisasi akan berjalan setelah kesepakatan damai diratifikasi majelis hakim.

BLT didirikan pada tahun 1981 dengan 2 (dua) kapal tanker yang disewa PT Pertamina. Pada tahun 2011 BLT pernah mengoperasikan 102 tanker dengan agregat 2,4 juta dwt. (deadweight ton). Pokoknya huebat banget deh.

Kondisi pasar industri pelayaran yang sulit setelah krisis global 2008, krisis modal kerja yang memburuk, dan adanya permintaan restrukturisasi lewat penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) membebani perseroan.

Pembayaran utang akan dilakukan sebagai berikut, PT Bank Mandiri Tbk akan mendapat pembayaran dari penjualan enam kapal yakni Gas Jawa, Gas Sumatera, Bramani, Pradapa, Ontari dan Kunti.

PT Bank Central Asia Tbk akan memperoleh pembayaran dari 95% atas nilai penjualan kapal Gas Indonesia dan Gas Kalimantan. Bank Mizuho juga mendapat pengurangan piutang dari penjualan kapal MT Indradi.

Bank Sumitomo Mitsui akan mendapat sebagian pembayaran dari penjualan kapal MT Widawati. Nah, semoga jalan damai yang sudah dipercayakan oleh kreditur dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pihak BLT sehingga bisa terlepas dari jerat pailit.

Rujukan sebelumnya, silahkan baca JT 090313 : Masa Depan BLT Terancam, JT 140213 : Arpeni Pratama Tutup 3 Anak Usaha, JT 270812 : Kreditor Setujui Perpanjangan Restrukturisasi dan JT 070712 : BLT Ajukan Rencana Restrukturisasi.

Good luck !

Sumber : Bisnis Indonesia.

Selasa, 02 April 2013

JT 020413 : “Gulf Titan” Sempat Terbakar

Insiden kebakaran di wilayah perairan kembali terjadi. Kali ini menimpa sebuah tongkang kontainer yang ditarik kapal “Gulf  Titan” sepanjang 34 meter di dekat Prince Rupert, British Columbia, Kanada. Dua kapal pandu dikirim dan berhasil memadamkan kobaran api.

Setidaknya 12 kontainer mengalami kerusakan serius namun tidak ada korban jiwa maupun indikasi polusi akibat insiden tersebut. Gulf Titan akhirnya bisa melanjutkan perjalanan dan menarik tongkang kontainer ke kawasan Alaska.

Syukur deh tidak membawa korban jiwa dan menghambat distribusi barang. Hati-hati yo.

Sumber : SWL.

Senin, 01 April 2013

JT 010413 : Embrio Holding Usaha Peti Kemas Indonesia

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan perusahaan pemerintah yang khusus menangani terminal peti kemas akan terbentuk dalam 1-2 minggu kedepan. Menteri BUMN, Dahlan Iskan (DI) menuturkan perusahaan tersebut akan diberi nama PT Terminal Peti Kemas Indonesia.

DI menyampaikan hal tersebut dalam diskusi yang bertemakan “Peran Industri Semen Indonesia Dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia dan Asia” 25/03 lalu. Kepemilikan perusahaan ini akan diserahkan kepada PT Pelindo I, II, III dan IV.
Seluruh Direktur Utama Pelindo akan dijadikan Komisaris di perusahaan baru tersebut. Direktur Utama akan dipilih dari tenaga terbaik. Harapan DI, perusahaan baru ini akan menjadi perusahaan terbaik ke-5 didunia.
Terbaik dibidangnya dunk, ya ngga ? Aamiin YRA.
Sumber : Dari Sana-sini.