Kamis, 28 Februari 2013

JT 280213 : Mabes Damco Pindah Ke Den Haag


Penyedia jasa logistik pihak ke-3 yang lazim disebut “3rd party logistics provider”, DAMCO, mengumumkan relokasi markas besarnya dari Kopenhagen, Denmark ke Den Haag, Belanda. Efektif per bulan Februari ini sih.

Selain memindahkan kantor pusatnya ke Negeri Kincir Angin, Damco juga melakukan pergeseran ato reshuffle di top management. Semisal, Steffen Scholtz-Christensen yang pernah lama ditempatkan di RRCina, kini dipromosikan sebagai CEO Damco region Afrika dan Timur tengah.

Steffen menggeser posisi Nils Havsager yang diangkat menjadi COO Damco Global dengan kantor pusat barunya di Den Haag. Posisi COO Global sebelumnya ditempati Peter Kjaer Jensen yang kemudian diangkat menjadi Chief Transformation Officer (CTO), termasuk bertanggung jawab dalam penanganan IT yang dikontrol langsung dari Kopenhagen.

Posisi lainnya, boss HR (human resources) Karsten Breum memegang jabatan baru sebagai CEO Asia Pasifik. Posisi Breum diisi oleh Marco Mingolla – yang sebelumnya kepala HR Maersk Line.

Sumber : Dari Sana-sini.

Rabu, 27 Februari 2013

JT 270213 : “OOCL Belgium” Terjepit Hamparan Es

Kapal milik OOCL yang memiliki panjang 245 meter dan bobot 40.972 dwt “OOCL Belgium”, terdampar di es di Selat Belle sebelah sonoan pantai Labrador, Kanada. Kapal sedang dalam perjalanan dari Eropa menuju Montreal, Kanada.

Kapal kontainer gede ini memerlukan bantuan kapal pemecah es “Henry Larsen” Kamis 27/02 sekitar jam 06.00 pagi dan permintaan bantuan dikirimkan hari Rabu 26/02 pagi hari. Tidak ada laporan kerusakan, polusi maupun korban jiwa dalam kejadian diatas.

Syukurlah.

Sumber : SWL.

Selasa, 26 Februari 2013

JT 260213 : Alianca Terima Kapal Baru 3.800 TEUs


Pelayaran yang berbasis di New York, Amrik, “Alianca Line” baru saja menerima kiriman kapal pertama, dari total orderan 4 (empat) unit kapal baru, yang bakal dioperasikan di perairan Brazil dan sekitarnya.

Kapal seri terbaru ini memiliki kapasitas 3.800 TEUs dilengkapi 500 reefer-plug, dan dijadualkan tiba di Brazil dalam waktu dekat. Alianca mengalokasikan dana sebesar BRL 450 juta (= USD 226,5 juta). Mantabz !

Nama kapal barunya ini, “Sebastio Caboti”. Tuuuuh khan, pelayaran di luar sono pada rajin berinvestasi buat menyongsong masa depan yang lebih baik. Congrats.

Sumber : Dari Sana-sini.

Senin, 25 Februari 2013

JT 250213 : Kapal OOCL Rusak Saat Uji Coba


Sehebat apapun disain dibuat dan dikerjakan, sekali waktu pasti ada kegagalan yang menyertainya. Tapi pepatah kita bilang, kegagalana adalah keberhasilan yang tertunda. Tetap bersikap positif dan yakin bisa maujud.

Hal tersebut dialami galangan kapal Samsung Heavy Industries (SHI), Korea Selatan yang saat melakukan test kapal anyar pesanan Orient Overseas Container Line (OOCL) berkapaitas 13.208 TEUs.

Kapal yang diberi nama “OOCL Brussels” ini sedianya bakal diserahkan Januari lalu namun karena mengalami kegagalan test maka diundur hingga bulan April mendatang. Bagian propeler mengalami kerusakan  dan juga beberapa bagian penting lainnya perlu perbaikan besar.

Juru bicara OOCL, Mark Wong sebagaimana dikutip oleh media cetak “Containerisation International”, paling tidak kapal ini baru bisa dioperasikan bulan empat mendatang. Gak apa-apa, tetap tenang aja. Malah beruntung karena belum beroperas hi hi hii.

Sumber : Dari Sana-sini.

Minggu, 24 Februari 2013

JT 240213 : Mogok Nasional Landa Iberia


Maskapai penerbangan Spanyol, Iberia, bakal menghadapi masalah serius - kehilangan pendapatan euro 100 juta (= USD 133,5 juta) akibat mogok yang dilakukan serikat pekerja yang mewakili staf di bandara / daratan dan pegawai selama 5 hari berturut-turut.

Tuntutan ini muncul sebagai akibat adanya rencana maskapai untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penuruan gaji karena Iberia tengah merugi besar.

Rute yang sangat terkena dampak langsung, ya angkutan penumpang jarak dekat. Sepertinya, untuk rute jarak jauh masih masuk kategori aman, termasuk angkutan penumpang dan barang.

Gelombang demo akan berlangsung dalam 3 tahapan, 5 hari kedepan, dilanjut 04-08/03 dan 18-22/03. Jadi, masih panjang perjalanan untuk memperjuangkan hak-hak pegawai Iberia ini.

Di putaran pertama ini, pihak Iberia diperkirakan bakal menghentikan 400 jadual penerbangan dan bakal mempengaruhi 1.000 jadual penerbangan maskapai lain.

Minggu lalu, Menteri Perhubungan Spanyol, Ana Pastor, menyerukan agar serikat pekerja dan manajemen Iberia melakukan pembicaraan agar tidak terjadi pemogokan yang dapat merugikan kedua belah pihak, disamping mengganggu kelancaran transportasi udara Spanyol.

Bagaimana kelanjutannya ? Kita tunggu perkembangan menarik dalam minggu-minggu ini.

Sumber : Dari Sana-sini.

Sabtu, 23 Februari 2013

JT 230213 : "Emma Maersk" Masuk Bengkel Italia

Kapal terbesar yang dimiliki Maersk Line saat ini yakni "Emma Maersk" (15.550 TEUs), dikabarkan harus menanti 3 (tiga) bulan supaya bisa dioperasikan kembali di rute semula. Emma Maersk dibawa ke fasilitas perbaikan kapal milik Fincantieri, Italia.

Mogoknya kapal Emma Maersk sempat menghebohkan karena saat kejadian berlangsung tengah berada di Terusan Suez dan mesinnya terendam air hingga ketinggiannya mencapai 15 meter (ada juga yang menyebutkan 18 meter) sehingga menimbulkan prediksi kapal bisa tenggelam.

Emma Maersk bakal cuti selama 3 (tiga) bulan karena program utamanya, mengeluarkan 13.000 meter kubik air yang memenuhi ruang mesin utama. Saat ini Emma Maersk sedang bertapa di Palermo sambil menunggu proses perbaikan dimulai segera.

Pihak Maersk Line hanya ingin memastikan bahwa urgensi pengeluaran air sangat mendesak karena untuk menghindari dampak korosif tehadap mesin-mesin terbaru dan juga sejumlah peralatan elektronik canggih yang terpasang.

Kabarnya sejumlah ahli dari produsen mesin Roll Royce dan ABS bakal memonitor dan merekomendasikan langkah-langkah yang akan diambil untuk Emma Maersk serta saudara-saudaranya yang lain, disamping kapal terbaru tipe EEE.

Untuk sementara, guna mengisi kekosongan posisi Emma Maersk di rute Asia – Eropa (AE), dihadirkan kapal 48Y Butterfly (9.660 TEUs). Detil rotasi rute AE silahkan kontak kantor perwakilan Maersk Line terdekat.

Kronologis terkait posisi kapal Emma Maersk, silahkan baca JT 180213 : “Emma Maersk” Usai Perbaikan (sementara) dan JT 060213 : “Emma Maersk” Alami Gangguan Mesin.

Sumber : Dari Sana-sini.

Jumat, 22 Februari 2013

JT 220213 : Trio Pelayaran Korsel Operasikan PJX


Beginilah kalau pelayaran asal Korea Selatan (Korsel) tengah rukun dan berbaikan he he he. Rupanya ditengah popularitas K-Pop, pelayaran Korsel pun ikut meramaikan pasar pelayaran Indonesia dengan beramah-tamah dengan servis baru.

Heung-A, STX Pan Ocean dan Sinokor mengumumkan kerja bareng membuka servis anyar antara Korea, Hong Kong dan Jakarta dengan nama “Pusan Jakarta Express” (PJX). Servis ini akan dimulai tanggal 24/03 mendatang.

Rotasi PJX sebagai berikut : Kwangyang – Busan (Pusan) – Ulsan – Hong Kong – JAKARTA – Hong Kong – Kwangyang. Menurut Alphaliner, PJX akan mengoperasikan 3 (tiga) unit kapal berkapasitas antara 1.500-1.700 TEUs.

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan kontak kantor pelayaran dimaksud.

Congrats ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 21 Februari 2013

JT 210213 : Pelayaran Global Kerjasama UNDP


Belum lama ini, sejumlah pelayaran dan perusahaan minyak berskala global, berkomitmen untuk melakukan kolaborasi dengan United Nations Development Programme (UNDP) untuk membangun ekonomi Somalia.

Perusahaan dimaksud yakni MOL, “K” Line, NYK, Maersk Line, Shell, BP dan Stena menggandeng UNDP untuk menciptakan lapangan pekerjaan di wilayah yang terkenal dengan kreasi perompak Somalia, setidaknya bisa membuat bulu kuduk pelaut bergidik hi hi hi.

Bergidik bukan karena kejamnya tetapi niatan mendapat ransum ato bayaran dari menahan kapal beserta awak kapalnya. Ngga cuma dalam hitungan hari, ada yang ditahan berbulan-bulan bahkan ada yang melewati hitungan tahunan.

Mereka menyiapkan dana USD 1 juta dan inisiatif ini dideklarasikan bulan Februari 2012, dengan tujuan membangun kembali Somalia yang stabil sehingga bisa mengurangi angka pembajakan kapal di sekitar Teluk Aden dan sekitarnya.

Dana sumbangan ini, akan dimanfaatkan UNDP menciptakan pusat pengembangan bisnis (business development center) bagi pemuda-pemudi Somalia di sektor pertanian hingga perikanan. Juga sebagian dana akan dialokasikan untuk mendukung fasilitas yang dibutuhkan generasi muda Somalia.

Selain dana diatas, pihak pelayaran juga tengah mengumpulkan dana tambahan USD 1,5 juta untuk membangun fasilitas proyek lain di Somalia. Setidaknya, mereka sudah berbuat sesuatu dan semoga bisa dimanfaatkan dengan baik.

Good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.

Rabu, 20 Februari 2013

JT 200213 : CSAV Order 7 x 9.000 TEUs


Tendensi operator memiliki kapal sendiri bukan merupakan barang baru tetapi upaya pelayaran Cile, Compagnia Sud Americana de Vapores (CSAV) untuk segera mewujudkan mimpinya bakal jadi kenyataan. Apa pasal ?

Belum lama ini, CSAV memastikan order 7 unit kapal berkapasitas 9.000 TEUs dengan opsi membeli 7 unit lagi di kemudian hari, dari galangan kapal Samsung Heavy Industries (SHI), Korea Selatan. Tujuannya, mengurangi ketergantungan atas kapal sewa.

Untuk diketahui, armada kapal CSAV saat ini, 81 % diantaranya merupakan kapal sewa. Persentase ini merupakan yang tertinggi diantara 20 operator kapal kontainer kelas dunia – demikian menurut catatan Alphaliner. Letter of Intent (LOI) sudah disepakati.

Kehadiran kapal-kapal gede ini diharapkan mampu menawarkan “revenue” yang lebih baik bagi CSAV, dibanding bila harus menggunakan kapal sewa yang sangat tergantung harga sewa disaat-saat genting seperti tempo hari.

Pembiayaan untuk membeli kapal seri baru ini akan disediakan oleh Luksic Group, salah satu pemegang saham CSAV dengan 37,4 % sedangkan sisanya diperoleh darimana, belum diperoleh keterangan pasti lagi.

Ikuti saja perkembangannya disini. Good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.

Selasa, 19 Februari 2013

JT 190213 : COSCO, KHI Uji Coba Kapal 13.000 TEUs


Sah-sah aja sih mau uji-coba dimana saja , yang penting layak buat berlayar. Gitu.

Kabarnya, sebuah kapal kontainer berkapasitas 13.000 TEUs buah karya galangan Nantong Cosco KHI Ship Engineering Co. Ltd (NACKS) – sebuah perusahaan patungan antara COSCO dan Kawasaki Heavy Industries (KHI).

Kapal yang diberi nama (sementara) “Cosco Kawasaki 111” merupakan kapal pertama dari total 8 (delapan) unit yang dibangun NACKS dan diluncurkan dari galangan di Sungai Yangtze wilayah rendah menuju perairan Zhejiang, propinsi Kep. Zhousan, RRCina.

Menurut kantor berita “Xinhua”, kapal ini memiliki panjang 366 meter, lebar 31,2 meter sedangkan tingginya mencpai 29,83 meter serta dideklarasikan bisa menghemat konsumsi bahan bakar hingga 25 %. Siiip deh.

Huebatnya lagi, kapal ini kabarnya dibangun hanya dalam waktu 58 hari ato 2 bulan kurang dikit. Lokasi galangannya ke arah hulu dari kota pelabuhan Shanghai dan bila diakui benar, maka akan menjadi rekor tercepat membangun sebuah kapal post-panamax.

Rekor sebelumnya, membangun kapal 10.000 TEUs dalam waktu 79 hari ato sekitar 2,5 bulan. Pecah deh rekor dunia membangun secara cepat. Kapal-kapal yang dulu dibangun hingga tahunan, koq semakin instan aja ya ?

Semoga faktor keamanan dan keselamatan tetap menjadi prioritas. Merdeka !  

Sumber : Dari Sana-sini.

Senin, 18 Februari 2013

JT 180213 : “Emma Maersk” Usai Perbaikan


Kecepatan perbaikan kapal kontainer terbesar yang pernah ada “Emma Maersk”, yang sempat mengalami mogok saat melintas Terusan Suez, dikabarkan mengalami kemajuan pesat dan dikabarkan sudah hampir selesai. Sebut aja ada kemajuan.

Didukung cuaca bagus, perbaikan berljalan lancar. Emma Maersk ditarik ke fasilitas perbaikan pada hari Minggu 17/02 sekitar jam 06.00 pagi waktu setempat (Mesir). Palle Laursen (boss Ship Management Maersk Line, Kopenhagen) mengapresiasi semua pihak.

Upaya anak buah kapal, kerja staf Maersk setempat, SCCT dan pihak Svitzer diakui telah menghasilkan percepatan yang diharapkan. Sekarang tinggal menunggu perbaikan total agar kedepannya kapal ini bisa segera beroperasi kembali.

Rujukan sebelumnya, baca JT 060213 : “Emma Maersk” Alami Gangguan Mesin.

Good luck.

Sumber : SN-TR.

Minggu, 17 Februari 2013

JT 170213 : "Star Fuji" Rusak Mesin

Sebuah kapal barang komersil berbobot 40.850 dwt dan panjang 187 mter, “Star Fuji” mengalami kerusakan mesin di Sungai Weser dekat Kleinensiel, Jerman. Kapal sedang mengarah ke Laut Utara saat kejadian terjadi.

Kapal sempat terapung-apung hingga akhirnya 2 (dua) kapal pandu datang membantu Star Fuji ke pelabuhan Bremerhaven. Tidak ada laporan korban luka atau polusi yang diakibatkan saat insiden terjadi. Namun tim investigasi sedang menyelidiki timbulnya kejadian tersebut.

Laporan sementara menyebutkan, perawatan kapal ini tidak terawat baik sehingga menyebabkan mesin rusak dan dampaknya kapal mogok. Setelah diperbaiki, pada hari yang sama kapal Star Fuji akhirnya bisa beroperasi kembali dan melanjutkan perjalanannya.

Sumber : SWL.

Sabtu, 16 Februari 2013

JT 160213 : “Carnival Triumph” Akhirnya Merapat di Mobile


Pffffuih, setelah terkatung-katung selama 4 (empat) hari diatas kapal pesiar mewah “Carnival Triumph” dan berpesiar tanpa listrik, mimpi buruk 3.200 penumpang kapal pesiar tersebut terbayar dengan sedikit keceriaan dan kelegaan.

Bagaimana tidak ? Teriakan penumpang yang histeris karena merasa gak mungkin melihat daratan lagi ato terombang-ambing selama 4 hari tanpa fasilitas listrik ghitu, akhirnya bisa kembali melihat daratan dan sebelumnya pasti bikin orang senewen setengah mati deh.

Kapal merapat di pelabuhan Mobile, Alabama, Amrik pada hari kamis malam waktu setempat (14/02) ato Jumat pagi bila digunakan waktu Indonesia bagian manapun (15/02). Kapal sepanjang 275 meter selanjutnya harus menanti celotehan para penumpang yang saat ini tengah (ingin) beristirahat.

Saat mendarat saja, sumpah serapah sudah terlontar dan bila media cetak maupun elektronik ingin menggali lebih detil cerita sebenarnya diatas kapal, tunggu dalam hitungan beberapa hari kedepan maka insiden ini bisa jadi petaka serius bagi sang operator.

Awalnya, kapal Carnival Triumph mengalami insiden kebakaran di perairan Meksiko namun akibat kebakaran ini fasilitas listrik terputus dan kapal berada dalam kondisi miring. Akibatnya, sebanyak 4.200 penumpang (termasuk kru kapal) memulai mimpi buruk mereka selama 4 hari tersebut.

Sebagai info tambahan, “Carnival Corp.” merupakan perusahaan yang juga menaungi kapal pesiar “Costa Concordia” – yang setelah menabrak karang di Tuscan, Italia bulan Januari 2012 akhirnya karam dan menewaskan 32 orang.

Sebulan kemudian, saudaranya “Costa Allegra” juga mengalami musibah rusak mesin di Lautan Hindia. Kapal dipandu menuju kepulauan Seychelles saat iti dan tak lama kemudian kapal pesiar ini pun dipensiunkan.

Sekali lagi, ikut prihatin dan semoga standar keselamatan, baik kapal pesiar maupun kapal barang / kontainer tetap mendapat perhatian serius dari pemilik maupun operator, dengan mengedepankan isu keselamatan (safety) !
Rujukan lain yang terkait dengan isu ini, silahkan baca : JT 130213 : Carvinal Triumph Mati Mesin dan JT 100213 : Kapal Pesiar Carnival Triumph Terbakar.

Sumber : Dari Sana-sini.