Kamis, 31 Januari 2013

JT 310213 : Seaspan Bangun Kapal Untuk MOL


Seaspan Corporation yang tengah naik daun, dikabarkan bakal membangun 4 kapal kontainer anyar berkapasitas 10.000 TEUs dan menunjuk galangan kapal swasta RRCina, Yangzijiang Shipbuilding.

Kapal baru ini akan dibuat di Jiangsu New Yangzi Shipbuilding dan Jiangsu Yangzi Xinfu Shipbuilding dengan rencana pengiriman tahun 2014 mendatang. Kapal ini bakal disewa jangka panjang oleh raksasa pelayaran Jepang, Mitsui OSK Lines (MOL).

Sebagai imbal-baliknya, Seaspan bakal membeli 4 unit kapal MOL buatan tahun 2003 yang memiliki kapasitas 4.600 TEUs, untuk masa pengiriman antara semester 2 – 2013 hingga kuartal pertama tahun 2014.

Tidak disebutkan apakah kapal-kapal yang bakal dilepas nantinya akan disewa kembali atau dilepas bebas ke pasar, ngga ada kabar detil tuh. Congrats.

Sumber : SN – TR.

Rabu, 30 Januari 2013

JT 300113 : Terusan Suez Terancam Akibat Kerusuhan Di Mesir

Presiden Mesir saat ini, Mohamed Morsi mengumumkan kondisi darurat selama 30 hari dan memberlakukan jam malam (21.00-06.00) di Port Said, Suez dan Ismailia - akibat kerusuhan yang semakin meningkat eskalasinya.

Berita terakhir menyebutkan, korban tewas sudah mencapai 50 orang dan ratusan lainnya terluka. Akibat krisis ekonomi berkelanjutan dan upaya 2 (dua) tahun reformasi dianggap gagal oleh pihak oposisi, sehingga menyebabkan kerusuhan pecah di beberapa wilayah.

Namun sejak diturunkannya pasukan pengaman / tentara di sekitar wilayah pelabuhan, bongkaran kapal disepanjang Terusan Suez tetap diprioritaskan. Untuk kegitan husbandry, seperti pergantian kru kapal, "cash to master" dan pengiriman barang via jalan darat, untuk sementara dibekukan.

Begitu laporan sementara dari Mesir. Prinsipnya, mending lihat sikon dulu dalam beberapa bulan kedepan karena sikon saat ini boleh dibilang tidak kondusif.

Sumber : Dari Sana-sini.

Selasa, 29 Januari 2013

JT 290113 : Kapal “Shans 101” Tenggelam

Sebuah kapal penangkap ikan berbendera Rusia, “Shans 101”, dikabarkan tenggelam di Laut Jepang dekat Svetlaya, Rusia hari Minggu 27/01. Saat itu kapal kesulitan menghubungi Owner namun pihak otoritas terkait langsung menerjunkan tim “Search And Rescue” (SAR).

Sejumlah pesawat dan perahu penangkap ikan lainnya menolong Shans 101, diantaranya kapal "Talan" dan "Anatoly Torchinov" yang menemukan perahu karet berpenumpang 15 orang selamat dan 6 orang tewas.

Sembilan kru dikabarkan masih hilang dan terus pencariannya oleh tim SAR. Kapal Shans 101 memiliki sarana suar darurat (emergency beacon) namun gak berfungsi. Ada 4 orang WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal namun diberitakan selamat.

Berdasarkan siaran pers dari Kementerian Luar Negeri yang diterima kantor berita “ANTARA” di Jakarta, Selasa 29/01, saat ini keempat WNI dirawat di rumah sakit (RS) di Kholmks, Shakalin. Staf KBRI Moskow juga telah dikirim agar melihat langsung keempat WNI di RS dimaksud.

Semoga yang hilang bisa ditemukan dan yang selamat, bisa segera pulang kampung aja dulu. Proses perbaikan beban psikis yang biasanya dialami para ABK cukup pelik. Ikut prihatin ya.

Sumber : SWL.

Senin, 28 Januari 2013

JT 280113 : Sudah 1007 Box Diangkat Dari "MV. Rena"


Upaya pembersihan ato pengangkatan kontainer ex kapal kontainer yang tenggelam di perairan Selandia baru, MV Rena tempo hari. Pihak penyelamat Braemer Howells kabarnya baru saja menuntaskan pengangkatan 1.007 box kontainer dari total 1.368 box yang tercatat.

Kapal kontainer "MV Rena" (kapasitas 3.352 TEUs) awalnya kandas di Astrolabe Reef mid-Oktober 2011 di pantai Selandia Baru namun akhirnya terbelah dua bagian dan tenggelam. Kapal ini dioperasikan oleh Mediterranean Shipping Co. (MSC).

Pemilik kapal ini adalah Costamare – bermarkas di Athena, afiliasi dari Diana Shipping Yunani – yang sudah didenda NZD 300.000 (= USD 247.000) oleh pihak pengadilan Tauranga, dengan tuduhan kelalaian. 

Braemer Howells hanya bertugas mengangkat kontainer yang tercecer di laut dan pantai sementara pengangkatan bangkai kapal Rena akan diurus oleh Resolve Fire and Salvage (salah satu divisi di Resolve Marine Group). Bagi-bagi tugas dan rejeki ‘lah.

Good luck !

Sumber : SN-TR.

Minggu, 27 Januari 2013

JT 270113 : Truk Tabrak Kapal Penumpang, 11 Luka


Musibah dapat terjadi dimana saja dan bila ajal sudah waktunya, maka tak ada yang bisa menolak. Kejadian mengenaskan ini terjadi di Mombasa, Kenya sebuah negara di Afrika sana. Sebuah truk triler tak terkendali dan menghantam kapal penumpang “Likoni”.

Setidaknya 11 orang dikabarkan tewas seketika sedangkan sisanya luka berat dan bisa diperkirakan jumlah korban jiwa akan bertambah, dilihat dari kondisi luka dan masih adanya indikasi korban yang belum ditemukan karena tertimpa jembatan dan tenggelam.

Musibah ini terjadi hari Sabtu pagi 26/01 jam 06.30 saat sebuah truck kehilangan kontrol saat remnya blooong. Saat 20 korban dievakuasi, 11 diantaranya tewas. Supir selamat setelah berhasil meloncat ketika mengetahui remnya blong.

Supir truk saat ini sudah diamankan polisi setempat dan diamankan untuk menghindari amuk massa. Ikut prihatin dengan sikon yang ada dan semoga sang supir bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Sumber : SN-TR.

Sabtu, 26 Januari 2013

JT 260113 : CMHI Beli Saham Terminal CMA CGM

Setelah sempat diisukan beberapa waktu lalu, akhirnya raksasa baru dari daratan Cina itu jadi juga membeli saham terminal kontainer milik CMA CGM, yakni Terminal Link.

Kabarnya. China Merchants Holding International (CMHI) menandai langkah kemitraan strategis dengan membeli 49 persen saham afiliasi pelayaran terbesar ke-3 didunia tersebut.

Transaksi senilai USD 537 juta tersebut bisa selesai di semester 1. - 2013 ini dan sekaligus CMA CGM memperoleh suntikan dana segar untuk membangun kepercayaan kembali di induk CMA CGM Group.

Terminal Link yang berbasis di Marseilles, memiliki jaringan 15 terminal di sejumlah pelabuhan besar dunia serta menyediakan jasa storage, stevedoring dan layanan kepelabuhanan lainnya. Saat ini menduduki posisi ke-12 besar dunia dan menangani 8,1 juta TEUs selama  tahun 2011.

CMHI sendiri sebelumnya sudah memiliki dan membeli pelabuhan yang tersebar di RRCina dan di benua Afrika sehingga kemitraannya di Terminal Link di industri maritim akan memperkuat posisi CMHI di masa datang. 

Congrats.

Sumber : STA.

Jumat, 25 Januari 2013

JT 250113 : DB Schenker Buka Gudang Di Serbia


Ngapain buka gudang jauh-jauh di Serbia, sebuah kawasan yang dulunya dikenal sebagai daerah peperangan di jantung Eropa. Kini Serbia dan negara-negara bekas pecahan Yugoslavia dan Uni Soviet menggeliat dengan jati dirinya masing-masing.

Serbia dilirik oleh salah satu penyedia logistik terbesar didunia, DB Schenker Logistics, untuk dilamar menjadi salah satu lokasi pusat pergudangan di Kragujevac. Kabarnya, di lokasi tersebut ada pemasok pabrik mobil Fiat.

Pelanggan pertama di fasilitas terbarunya yakni AGC Automotive Europe, sebuah pabrik pemasok komponen kaca, selain itu DB Schenker di Slowakia mengurusi pasok untuk Hyundai Kia Automotive Group serta Daimler di Bremen, Jerman.

Lokasi pergudangan di Kragujevac jaraknya sekitar 7 (tujuh) kilometer saja dari pabrik Fiat dan merupakan kawasan bonded warehouse, dimana didalamnya sudah terkoneksi dengan pihak bea cukai ato kepabeanan.

Operasionalnya pun sudah didisain sedemikian rupa dengan menggunakan teknologi canggih serta didukung software yang diciptakan khusus untuk industri otomotif. Demikian pula AGC Automotive Europe diservis abiz oleh DB Schenker dengan layanan data EDI dalam proyek ini.

Artinya persiapan tidak sia-sia sehingga hasilnya bisa optimal. Bagus buat proses pembelajaran perusahaan yang baru menjajaki industri logistik. Bergurulah kepada ahlinya he he he. Congrats ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 24 Januari 2013

JT 240113 : “USS Guardian” Kandas


Gak pake kapal canggih ato kapal komersil, yang pasti salah satu kapal penyapu ranjau milik Amrik kandas di Tubattaha Reef, dekat perairan Filipina. Kapal sepanjang 224 kaki "USS Guardian" menjadi korbannya.

USS Guardian berangkat dari pangkalan Subic Bay dan melintas di Laut Sulu, menuju Puerto Princesa City, namun dalam perjalanannya kapal perang ini malah kandas di karang. Sejauh ini gak ada polusi ato isu kebocoran.

Kejadian ini sudah seminggu lalu, tanggal 17/01. Seluruh awak 81 orang dalam kondisi selamat dan untuk bisa mengapungkan kembali kapal ini, setidaknya menunggu cuaca berbaik hati sehingga bisa dilakukan manuver secara alamiah.

Semoga bisa cepat keluar dari masalah sepele ini deh. Good luck !

Sumber : SWL.

Rabu, 23 Januari 2013

JT 230113 : PIL Bayar Denda USD 2,2 Juta


Pasti ada yang nanya, bayar denda untuk perkara apa tuh ? Nih, catatan dari media Amrik, “American Shipper”, yang menyebutkan kapal Pacific International Lines (PIL) pernah mengakibatkan pencemaran sehingga timbullah denda tersebut.

Keputusan tersebut diputuskan oleh pihak pengadilan di Distrik Washington, Amrik dan pihak PIL setuju membayar denda USD 2,2 juta. Denda disebutkan akibat lambung kapal yang terkontaminasi dan kegagalan membuat buku catatan (Oil Record Book) “Southern Lily 2” di perairan Samoa, Amrik.

Kejadian diatas terjadi tahun 2011 – demikian menurut catatan media setempat. Kapal ini sebelumnya bernama “Kota Hening” (hingga Mei 2011) dan setelah itu dioperasikan dengan nama Southern Lily 2.

Sumber : Dari Sana-sini.

Selasa, 22 Januari 2013

JT 220113 : OOCL Peroleh OOCL Miami 8.888 TEUs


Ini serial kapal kontainer milik OOCL yang memiliki angka keberuntungan dengan deretan angka 8, percaya ato tidak, terserah Anda. Pelayaran yang bermarkas di Hong Kong ini baru saja dapat kiriman kapal anyar “OOCL Miami” (8.888 TEUs).

Produsennya galangan kapal Hudong-Zhonghua Shipbuilding (Group), Shanghai, RRCina. Kapal anyar ini diberi nama oleh Samuel Tsien – CEO OCBC Bank, disaksikan boss Hudong, Wang Yong dan CEO OOCL, Andy Tung,

Andy memuji reputasi Hudong dalam membangun kapal-kapal besar sehingga namanya bisa disejajarkan dengan galangan kapal besar lainnya didunia serta membuat kebanggaan tersendiri di industri maritim RRCina.

Congrats deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Senin, 21 Januari 2013

JT 210113 : CMA CGM Operasikan Dunkirk Express


Untuk mengangkut produk buah-buahan dan sayuran dari Maroko dan didistribusikan ke berbagai negara Eropa, pelayaran CMA CGM sampai-sampai menyediakan servis khusus yang dinamai “Dunkrus Express”.

Servis ini merupakan bagian dari kampanye penyederhanaan servis terdahulu “Agadir Express” dan untuk menyempurnakan layanan Agadir – Port of Vendres serta memperkuat servis door-to-door untuk pengiriman ke Pelanggan di Eropa sono.

Pelayaran Perancis ini mengoperasikan 2 (dua) unit kapal berkapasitas 1.000 TEUs yang dilengkapi dengan 220 unit reefer-plug. Rotasi pelabuhan Dunkrus Express sebagai berikut : Casablanca – Agadir – Dunkirk – Antwerp – Casablanca.

Dunkrus Express menawarkan transhipment ke St. Petersburg di hari yang sama via pelabuhan Dunkirk, dengan memanfaatkan jaringan Baltic service. Agadir ke Dunkirk ditempuh dalam 4 hari sedangkan hingga St. Petersburg 10,5 hari.

Congrats.

Sumber : Dari Sana-sini.

Minggu, 20 Januari 2013

JT 200113 : FSL Trust Ditawar Sewa

Kondisi pelayaran yang relatif belum stabil dalam 2 (dua) tahun belakangan ini, memberi dampak tehadap konstelasi pengoperasian armada kapal container di seluruh kawasan serta harga sewa kapal.

Sebut saja, salah satu diantaranya yakni FSL Trust. Kabarnya, belum lama ini pihaknya sudah didekati 2 pelayaran untuk mengajukan harga yang lebih kompetitif ato lebih rendah dibanding harga aktual sewa saat ini.

Pihak FSL tidak memerinci siapa nama pelayaran yang tengah menegosiasi ulang namun setidaknya ada sejumlah nama penyewa di daftar FSL Trust : Geden Lines, James Fischer, Yang Ming Marine Transport, Evergreen Marine serta Siba Ships.

Tahun lalu FSL mengalami kerugian hingga USD 8,39 juta akibat beberapa penyewanya mengalami krisis keuangan, bahkan dengan pihak Rosneft, Berlian Laju Tanker (BLT) dan Torm harus melaksanakan penjadualan pembayaran supaya tidak lebih merugi.

FSL Trust memiliki sekitar 25 unit kapal namun 5-7 kapalnya berada ditangan penyewa yang sedang bermasalah. Namun siapa nama 2 pelayaran yang tengah bernego ulang, pihak FSL tidak berani membuka nama.

Ok lah, selamat bernego dan sukses ya. Gak ada bisnis yang selamanya mulus dan lancar,

Sumber : STA.

Sabtu, 19 Januari 2013

JT 190113 : Jakarta Dikepung Banjir


Sejak hari Senin 14/01 curah hujan menunjukkan aktifitas meningkat sehingga mencapai puncaknya di hari Kamis 17/01 dan Jumat 18/01, ibukota Republik Indonesia lumpuh total akibat terjangan banjir hebat dan mayoritas transportasi dibuat gak berdaya.

Sebagai contoh, PT Kereta Api Indonesia (KAI) melalui anak perusahaannya KCJ yang mengoperasikan kereta api (KA) penumpang commuter line dikabarkan merugi hingga sekitar Rp 40 milyar selama banjir berlangsung.
 
Bahkan di beberapa ruas, rel KA mengalami kerusakan akibat gerusan air bah yang dahsyat sehingga demi keselamatan penumpang, PT KAI membatasi operasional KA di beberapa area. Hal tersebut berlaku di sekitar wilayah Jabodetabek.

Tanpa ingin menyalahkan pihak mana yang patut ditunjuk dan pihak mana yang benar, biarlah Gubernur DKI Jokowi beserta jajarannya yang mengurusi itu. Kitaorang cukup memberikan gambaran umum saja.

Menyedihkan. Itu aja yang bisa terucap dari seorang awam atas sikon banjir minggu lalu di Jakarta dan sekitarnya. Detilnya, Pembaca lebih hebat dan lebih tahu ketimbang penulis. Inilah gambaran dahsyatnya banjir Jakarta.

Thamrin dan Sudirman ibarat kolam raksasa dengan jantung bunderan Hotel Indonesia (HI) sebagai ikon pusat biz, nyaris gak bernyali. Diam seribu bahasa dan mungkin akan menghela nafas, seandainya diijinkan buka suara.

Ikut prihatin ... Pusat bisnis komersil aja begitu ngga berdaya, denyut nadi perekonomian seolah tak bergerak sejenak hik hik hik.

Sumber : Dari Sana-sini.   

Jumat, 18 Januari 2013

JT 180113 : HHI Gaet Kontrak Seaspan Corp.


Prestasi galangan kapal nomor wahid didunia ini sudah terkenal sepak terjangnya dan mendominasi konstruksi kapal-kapal kontainer anyar di seantero dunia. Kali ini Hyundai Heavy Industries (HHI) mendapat order dari Seaspan Corp.

Kabarnya, HHI sepakat membuatkan 5 x 14.000 TEUs senilai USD 600 juta dan opsi 5 unit kapal serupa. Kapal ini nantinya bakal disewa untuk jangka panjang oleh pelayaran Taiwan, Yang Ming Marine Transport  Corp. ato lebih dikenal Yang Ming Line (YML).

Kapal ini rencana bisa diserahterimakan mulai tahun 2015 mendatang. Kapal ini dirancang dengan konsumsi bahan bakar yang hemat, mesin utama yang dikontrol secara elektronik serta dilengkapi teknologi terkini dan HiBallast seawater treatment system.

Congrats ya buat HHI, Seaspan dan YML.

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 17 Januari 2013

JT 170113 : CSCL Back In Black

Setelah sempat merugi di tahun 2011 lalu, rupanya China Shipping Container Lines (CSCL) berhasil membukukan net profit CNY 520 juta (= USD 83,7 juta), khususnya pada saat transaksi penjualan dan sewa balik kontainer ke pihak ke-3.

Armada kontainer yang sempat dilepas sekitar 28 % dari total kontainer milik CSCL. Keputusan tersebut diambil setelah CSCL merugi CNY 2,7 milyar (2011) dan selama 3 kuartal di tahun 2012 menderita rugi CNY 290 juta.

Melihat tren tersebut, CSCL melihat peluang melepas kontainer lamanya dan kebetulan harga sedang membaik sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi CSCL. Setidaknya CSCL mendapat suntikan dana USD 147 juta dari hasil melego 295.000 TEUs tersebut.

Yang dimaksud kontainer lama, yakni sudah dipakai selama 3-8 tahun. Kontainer tersebut diambil oleh CDB Leasing – afiliasi dari China Development Bank dan pengaturannya dilakukan oleh DVB Bank serta dibiayai oleh sejumlah bank Jerman dan RRCina.

Maksudnya, model ini merupakan yang pertama dianut oleh industri maritim. Kalo bagus polanya, kenapa gak ditiru ya ? Congrats deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Rabu, 16 Januari 2013

JT 160113 : SDV Akuisisi Safcomar


SDV Logistiques yang berbasis di Paris, Perancis mengumumkan bahwa saat ini kepemilikan saham perusahaan logistik asal Swiss, Safcomar Overseas SA, berada ditangannya dan diganti namanya menjadi SDV Suisse.

Akuisisi ini memperkuat kehadiran SDV dan memperkuat jaringannya di bumi Eropa. Untuk SDV Suisse, berkantor pusat di Jenewa dengan kekuatan 20 staff serta memiliki cabang di Zurich. Di masa lalu, Safcomar merupakan mitra kerja SDV di Swiss.

Berhubung selama ini memiliki kinerja yahud dan memiliki account yang fokus di sektor farmasi, bio plasma, industri parfum serta barang-barang mewah sehingga CEO SDV Suisse, Hugo Roppel sangat optimis dengan pengembangan pasar SDV di Eropa kedepannya.

Congrats !

Sumber : Dari Sana-sini.

Selasa, 15 Januari 2013

JT 150113 : Coscon + Sinotrans Kolaborasi Di Cina-Jepang


Pelayaran spesialis jarak pendek, PanAsia Shipping (sahamnya dimiliki Coscon) dan Sinotrans Container Lines (Sinolines), menjalin kerjasama kemitraan untuk mengoperasikan servis bersama antara RRCina – Jepang.

Kedau belah pihak menandatangani perjanjian pada tanggal 08/01 lalu dan akan membuka rute dari Cina utara – Kansai/Kanto dan dari Shanghai ke Kanto / Kansai, bisa mengoperasikan kapal bareng ato bertukar slot (swapping slot).

Yang dilihat para pengamat, kerjasama Coscon – Sinolines ini menandai babak baru bisnis di daratan Cina. Karena raksasa bisnis ini biasanya berjalan sendiri-sendiri dan konsep sinergi baru mulai menghinggapi para piahk belakangan ini.

Detil port coverage-nya segera dirilis dan diinfo bila sudah dapat bocorannya.

Congrats deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Senin, 14 Januari 2013

JT 140113 : Stasiun KA Pondok Cina Depok Diblokir

Program sterilisasi yang seharusnya mendapat dukungan warga masyarakat tetapi kurang dipahami dengan baik, malah menimbulkan distorsi dengan mengatasnamakan rakyat dan timbullah demo serta aksi pemblokiran.

Sejak pagi tadi, unjuk rasa yang dilakukan para pedagang dan mahasiswa di Stasiun Kereta Api Pondok Cina, Depok, Jawa Barat, Senin 14/01 membuat jadual kereta api (KA) listrik kacau. Kalau dipikir secara logika, siapa yang dirugikan ?

Jalur perjalanan warga yang bekerja di Jakarta dan memanfaatkan KA Commuter Line terganggu dan  harus turun hingga Stasiun Universitas Indonesia (UI), selanjutnya menggunakan bus ato angkutan umum dulu, kemudian menyambung lagi di Stasiun Depok Baru – kalo mau itu juga.

Massa memblokir rel KA dengan besi-besi dan pot besar, disamping membentangkan poster penolakan penggusuran kios dari area stasiun. Seperti diketahui, PT KAI sudah mencanangkan semua stasiun harus steril dan bersih dari pedagang asongan dan kios-kios.

Demo sempat anarkis dan pendemo melempari kereta yang melintas namun satuan polisi anti huru hara berjaga-jaga di lokasi. Sore ini massa mulai mencair dan diharapkan situasi pemblokiran bisa segera diatasi hingga jadual bisa normal kembali.

Duhai mahasiswa dan pedagang sekalian, suatu hari bila menggunakan jasa KA untuk suatu keperluan, lihatlah kenyamanan dan perbedaan cita-rasa stasiun model lama dengan gaya baru yang serba bersih ?

Cobain deh jalan-jalan pake KA dan yang pasti kita semua ikut prihatin.

Sumber : Dari Sana-sini, kredit foto : VIVAnews. 

Minggu, 13 Januari 2013

JT 130113 : Dihempas Angin, Kontainer Bertumbangan

Kejadian ini terjadi di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta saat angin kencang dan hujan deras menyisir wilayah Jakarta dan sekitarnya, sejak Rabu 09/01 malam hingga Kamis 10/01. Sejumlah kontainer terjatuh dari tumpukannya hingga rusak ringan ato penyok-penyok.

Peristiwa ini terjadi di Dermaga 209 Terminal 3 dan menurut Kepala Humas Pelabuhan Tanjung Priok, Sofyan Gumelar, kontainer yang terjatuh kebanyakan milik Salam Pasific indonesia Lines (SPIL) dan Meratus Line.

Hingga keesokan harinya, beruntung dilaporkan tidak ada korban jiwa. Kontainer pun segera ditata kembali sesaat setelah kondisi normal kembali. Waspada dan tetap waspada selama kondisi cuaca kurang menguntungkan.

Hati-hati ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Sabtu, 12 Januari 2013

JT 120113 : Kapal “Samudera XII” Tenggelam

Sejumlah kapal niaga menjadi korban keganasan alam ato cuaca buruk dalam beberapa bulan ke belakang. Sebut saja kapal “JM Dragon I” yang tenggelam didekat perairan Bengkulu pertengahan Desember 2012 lalu. Untungnya, awak kapal 23 orang berhasil menyelamatkan diri namun 187 kontainer jadi korban. Kapal dalam perjalanan ke Padang.

Kejadian tidak terkait langsung cuaca buruk namun murni kecelakaan. Mid Desember 2012 juga, terjadi tabrakan 2 (dua) kapal kargo yang menyebabkan kapal motor (KM) “Alpine” tenggelam di perairan Selat Madura. Entah milik siapa karena tidak diinformasikan detilnya.

Sabtu 05/01/13 akibat cuaca buruk, kapal tanker “MT Trichem Bonita” terdampar didepan Merak Beach Hotelm Banten (lihat foto diatas)  sehingga menjadi tontotan warga maupun masyarakat sekitar dan pengunjung hotel. Kini giliran kapal “Samudera XII” yang hilang di Laut Jawa.

Kabarnya, tim SAR sebelmunya sempat menemukan 2 (dua) sekoci awak kapal yang terapung di Laut Jawa namun begitu cuaca berubah dalam waktu cepat, helikoter Bell Skuadron 11 SERBU ditarik ke pangkalan dan posisi 2 sekoci tadi tidak diketahui lagi.

Badan SAR Nasional (Basarnas) menyebutkan, sebelum jam 12.00 siang tadi, 2 sekoci berhasil ditemukan namun menjelang sore saat bantuan logistik kedua dikirim, posisi sekoci sudah bergeser jauh dan belum terlacak lagi.

Sekoci ditemukan sekiar 12 mil dari Jepara, Jawa Tengah dan direncanakan upaya pencarian akan dilanjutkan Minggu 13/01 pagi. Semoga berhasil ! Perkembangannya akan coba dimonitor.

Waspada terhadap sikon cuaca buruk dimana pun, terlebih yang akan bepergian jauh dengan menggunakan pesawat udara ato kapal laut. Tetap berdoa dan semoga perjalanan Anda – bila pun harus – dapat berjalan lancer. Aamiin YRA.

Sumber : Dari Sana-sini.