Jumat, 30 November 2012

JT 301112 : CSCL Jual 20 Persen Kontainer Ke CLC


Perusahaan pelayaran RRCina, China Shipping Container Lines (CSCL), belum lama ini mengumumkan pelepasan 20 % jumlah kontainernya ke pihak CLC Maritime Container Leasing Co. yang bermarkas di Hong Kong.

Kontainer-kontainer ini nantinya akan disewakan kembali ke pihak CSCL guna memperkuat posisi keuangannya. CSCL yang terdaftar di bursa Hong Kong dan Shanghai, menyebutkan pihaknya berniat merilis 139.941 unit kontainer yang sudah dipakai antara 3-6 tahun ke CLC.

CLC membeli unit tersebut seharga USD 358,6 juta dan CSCL menyewa kembali unit diatas senilai USD 221,27 juta selama 4 tahun kedepan. Dalam hitungan kasar, CSCL bisa mendapat keuntungan USD 112 juta !

Pelayaran terbesar ke- 9 didunia ini memang sedang melakukan beragam upaya penyehatan akibat terpaan krisis global agar bisa tetap survive. Good luck Bro’.

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 29 November 2012

JT 291112 : Semarang Songsong Era Antar-Pulau


Sudah lama mimpi pelabuhan Tanjung Emas, Semarang ingin mewujudkan era kontainerisasi antar pulau yang selama ini didominasi oleh pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan Tanjung Perak, Surabaya.

Kabarnya, dalam waktu dekat bakal ada 3 (tiga) pelayaran yang akan meramaikan pasar pelayaran antar pulau yang berbasis di Semarang ini. Menurut Ketua DPC INSA Semarang, Ridwan, mereka adalah : PT. Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL), PT Samudera Shipping Service (SSS) dan PT Alken Line.

Simulasinya sendiri sudah dilaksanakan tanggal 20-22/11 lalu dan tinggal eksekusi operasionalnya saja. So, tinggal tunggu apalagi ? Ayoooo, segera jalan. Mimpi segera menjadi kenyataan nih. Congrats ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Rabu, 28 November 2012

JT 281112 : "Hanjin Geneva" Kandas Di Kanada


Kapal kontainer milik pelayaran Korea Selatan (Korsel), “Hanjin Geneva” (68.263 dwt) beberapa waktu lalu kandas di Rupert Port, British Columbia, Kanada. Kapal ini memiliki panjang 278 meter dan melayani servis ke pelabuhan Kanada.

Penyebab sementara kapal kandas karena Hanjin Geneva terpaksa mengubah arah, untuk menghindari tabrakan dengan kapal penangkap ikan. Tidak ada korban luka, kerusakan atau pencemaran yang terjadi akibat insiden tersebut diatas.

Kapal kontainer tersebut berhasil diapungkan kembali pada saat datangnya air pasang berikutnya dan melanjutkan perjalanan ke pelabuhan yang dituju, sekaligus untuk memeriksa kerusakan yang terjadi, bila ada.

Syukur deh kalo memang kondisinya gak parah. Titi DJ alias hati-hati di jalan Bro’, gitu kata anak jaman sekarang he he he.

Sumber : SWL.

Senin, 26 November 2012

JT 261112 : HMM Profit Euy


Ngga semua pelayaran bisa mendulang duit dijaman susah kayak sekarang tapi ehh nggak dinyana, pelayaran Korea Selatan (Korsel) Hyundai Merchant Marine (HMM) malah menunjukkan performansi huebaaaat. Mencetak profit di kuartal 3 (Q3).

Operating profit HMM Q3 KRW 28,6 milyar (USD 26 juta), padahal periode sebelumnya mencatat kerugian KRW 98,7 milyar. Detilnya seperti apa, ngga disebutin sih. Pokoknya untung aja.

Sumber : STA.

Minggu, 25 November 2012

JT 251112 : Malaysia Airlines Pertahankan MASkargo


Sektor transportasi di negeri Jiran tengah diuji. Sebelumnya, dengan gembar-gembor program “Halal Express” via pelayaran MISC dan akhirnya ditutup karena merugi. Ada lagi yang sedang dirujuk untuk dilepas.

Kali ini di angkutan udara, bukan transportasi laut. Malaysia Airlines (MAS) yang memiliki afiliasi angkutan barang (air cargo) MASkargo, kabarnya sempat diterpa isu menutup biz unitnya tersebut namun manajemen memutuskan lain.

Chief Executive Officer (CEO) Mohd Yunus mengakui masa depan industri penerbangan masih belum menentu tapi eksistensi MASkargo tetap harus dipertahankan. Keuntungan MASkargo sangat dipengaruhi oleh krisis ekonomi di Amrik dan Eropa, pastinya. Penurunan hampir 30 %. 

Pasar Intra-Asia relatif stabil namun kargo dari RRCina ngedrop banget sekitar 40-50 % akibat lesunya ekonomi didalam negeri serta memanasnya hubungan bilateral RRCina – Jepang atas isu kepulauan yang jadi rebutan kedua negara di Laut Cina Selatan.

Kita lihat saja perkembangan selanjutnya.

Sumber : Dari Sana-sini.

JT 251112 : Malaysia Airlines Pertahankan MASkargo

Sektor transportasi di negeri Jiran tengah diuji. Sebelumnya, dengan gembar-gembor program “Halal Express” via pelayaran MISC dan akhirnya ditutup karena merugi. Ada lagi yang sedang dirujuk untuk dilepas.

Kali ini di angkutan udara, bukan transportasi laut. Malaysia Airlines (MAS) yang memiliki afiliasi angkutan barang (air cargo) MASkargo, kabarnya sempat diterpa isu menutup biz unitnya tersebut namun manajemen memutuskan lain.

Chief Executive Officer (CEO) Mohd Yunus mengakui masa depan industri penerbangan masih belum menentu tapi eksistensi MASkargo tetap harus dipertahankan. Keuntungan MASkargo sangat dipengaruhi oleh krisis ekonomi di Amrik dan Eropa, pastinya. Penurunan kargo hampir 30 %. 

Pasar Intra-Asia relatif stabil namun kargo dari RRCina ngedrop banget sekitar 40-50 % akibat lesunya ekonomi didalam negeri serta memanasnya hubungan bilateral RRCina – Jepang atas isu kepulauan yang jadi rebutan kedua negara di Laut Cina Selatan.

Kita lihat saja perkembangan selanjutnya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 22 November 2012

JT 221112 : Argentina Dan Indonesia Dilanda Demo


Sejak beberapa hari lalu, republik ini dan negeri Argentina yang jauh diujung sono, dilanda pemogokan buruh yang menuntut kesejahteraan. Perkara buruh memang ibarat mata uang bersisi dua. Dilematis.

Di republik ini ribuan buruh melakukan demo hari ini dan berorasi menuntut penghapusan outsourcing tanpa kecuali. Untungnya, dilaporkan hingga sore ini ngga ada tindakan anarkis selain memacetkan jalanan di ibukota sejak tadi siang. Demo terfokus di Jakarta dan sekitarnya.

Di Argentina, para buruh pelabuhan, petugas bandara, kereta api dan angkutan darat melakukan aksi mogok bersar-besaran dan secara lebih singkat, melumpuhkan sektor transportasi – demikian sebagaimana dilaporkan Inchape Shipping Services (ISS).

Demo ini merupakan yang terbesar selama satu dekade ini. Kantor berita Reuters melaporkan, tak hanya insan transportasi yang terlibat demo tetapi didukung insan perbankan. Massa berarak dan berorasi didepan Plaza de Mayo, didepan istana kepresidenan.

Demo massal ini dipicu demo sebelumnya, yang dilaksanakan tanggal 08/11 lalu, sebagai jawaban atas tingginya angka kriminalitas dan respon dari pihak kepolisian yang lemot serta inflasi yang meroket. Sejumlah kapal belum bisa merapat ato bongkar akibat pemogokan tersebut.

Ya sabar dan prihatin aja dulu. Buruh juga khan manusia, dia punya nyali dan tanggung jawab.

Sumber : Dari Sana-sini.

Rabu, 21 November 2012

JT 211112: Maersk Pasang Kapal 3.000 TEUs Di NZ


Pelayaran terbesar didunia, Maersk Line, memutuskan untuk mengoperasikan kapal 3.000 TEUs ketimbang yang kapasitasnya lebih gede, di rute Selandia Baru ato New Zealand (NZ). Padahal pengusaha disana berharap Maersk bisa mendatangkan kapal lebih gede.

Harapannya, kapal lebih gede dan harga bisa kompetitif, gitu lho. Namun Maersk yang memiliki 271 kapal milik dan 309 kapal sewa, menegaskan kapal 3.000 TEUs merupakan yang paling ideal bagi pasar NZ.

New Zealand Shippers’ Council menginginkan kapal 7.000 TEUs ato bahkan kapal 16.000 TEUs agar bisa menarik minat investor ato mitra dagang semakin yakin bahwa NZ merupakan pasar potensil ? Kapal terbesar selama ini hanya berkapasitas 4.500 TEUs.

Bila ingin memasukkan kapal lebih besar, setidaknya diperlukan penambahan alat bongkar muat dan pengerukan supaya draft kapal bisa diakomodir – demikian tulis Australian Associated Press (APA). Masuk akal juga sih.

Maersk Line menyebutkan pendapatan per kontainer selama kuartal 3 (Q3) USD 241 ato lebih baik ketimbang hasil tahun lalu yang minus USD 124 per box – tapi tetap saja menurut boss asal Denmark itu belum cukup baik.

Thomas Knudsen (chief executive Maersk Line area Asia Pasifik) menyampaikan saat ini Maersk tengah mengurangi kapasitasnya di rute Asia – Eropa (AE) dan sebisa mungkin menaikkan harga di rute tertentu.

Juga, return on investment (ROI) industri pelayaran selama 5-7 tahun ke belakang, cuma 1 (satu) % doank, padahal idealnya sekitar 10 %. Maersk berprinsip, pengusaha memahami jalan pemikirannya, semua pihak berusaha untuk menghasilkan profit.

Sumber : Dari Sana-sini.

Selasa, 20 November 2012

JT 201112 : H-L Tersurung Lagi


Beban berat yang dipikul pelayaran nomor 6 (enam) terbesar didunia, Hapag-Lloyd (H-L) belum juga usai. Prestasi 9 (sembilan) bulan pertama di tahun 2012, H-L membukukan net loss euro 94,1 juta (= USD 119,2 juta). Wooow !

Kontribusi kerugian diperoleh dari kenaikan harga bahan bakar minyak (bunker) serta biaya–biaya lain. Memang ada upaya penyesuaian harga (dikemas dalam paket “General Rate Increase” ato GRI dan sejumlah nama lain) namun ngga bisa diharapkan banyak.

Chairman H-L, Michael Behrendt menegaskan hal tersebut, apalagi di tahun 2012 kayaknya ngga bakal nemu beban kargo puncak alias “peak season” seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebab apa ? Krisis Eropa yang melanda sebagian negara anggotanya ? Bisa jadi Bro’.

Pelayaran yang bermarkas di Jerman ini menyebutkan, kenaikan harga meningkat 2,2 % dengan rata-rata menjadi USD 1.574 per TEU – terhitung mulai Januari hingga September. Volume meningkat 2,3 %, menjadi 3,96 juta TEUs.

Selama sembilan bulan ini, H-L mengalokasikan dana investasi sebesar euro 692,5 juta guna pengadaan kapal dan kontainer. Dua unit kapal baru sudah dikirim di kuartal 3, dari total 8 x 13.200 TEUs yang dipesan.

Semoga H-L bisa beroperasi lebih baik dan efisien di masa mendatang.

Sumber : Dari Sana-sini.

Minggu, 18 November 2012

JT 181112 : Lufthansa Gunakan iCargo

Salah satu maskapa penerbangan terbesar didunia, Lurthansa AG, kabarnya mulai menggunakan layanan perangkat lunak yang dibuat oleh IBS Software Services' (IBS) iCargo dan bila benar maka akan mewujudkan transaksi terbesar di bidang teknologi informasi untuk sektor angkutan barang saat ini.

Perusahaan IT yang bermarkas di Kerbala, India dan pada mulanya menggandeng 5 (lima) maskapai penerbangan saja, kini menjadi market leader. IBS berhasil mengembangkan solusi berbasi IT di hampir semua sektor angkutan udara : penumpang, kargo dan operasi bandara.

Pelanggannya pun bervariasi, mulai dari operator, otoritas bandara, biro pariwisata hingga perusahaan migas dan perhotelan. Makanya boleh dibilang perusahaan IT ini sangat dominan karena berbagai kelebihan dan layanan yang dimilikinya.

Sejumlah maskapai penerbangan besar tercatat sebagai client-nya : Austrian Airlines, Nippon Cargo Airways, All Nippon Airways and Tokyo International Air Cargo Terminal – termasuk kolaborasi dengan South African Airways Cargo, Gulf Air, Air New Zealand Cargo, Qantas Freight dan Australian Air Express.

Perusahaan berdiri tahun 1997 di Trivandum, India dengan pegawai awal sebanyak 55 orang. Kini kantornya sudah menyebar ke manca negara, dan kantor pengembangan perangkat lunaknya ada di : Atlanta, Bangalore, Boston, Cochin, London, Tokyo dan Trivandrum.

Congrats ‘lah.

Sumber : Dari Sana-sini.

Sabtu, 17 November 2012

JT 171112 : HK Depak 19 Unit Kapal Bulk IRISL

Kabar kurang sedap kembali menghempas industri maritim Republik Islam Iran setelah tersiar kabar, pemerintah Hong Kong melalui Hong Kong Marine Department (HKMD), mendepak 19 unit kapal bulk keluar dari keanggotaan alias harus melepaskan bendera Hong Kong (HK).

Pelayaran "Islamic Republic of Iran Shipping Lines" (IRISL) sejak beberapa tahun belakangan mendapat perlakuan ngga adil, terutama setelah pihak Amrik dan negara Barat yang gagal memeriksa atau ngga bisa membuktikan bahwa Iran memiliki senjata nuklir.

Amrik dan sekutu terus menggosok PBB dan negara lain, agar impian menguasai jalur minyak Iran, tercapai. Saat ini mulai menguasai sejumlah asset milik Irak, Libia, Mesir, Yaman dan sejumlah negara Arab diobok-obok pihak Amrik dan dikuasai pihak swasta nasional mereka.

Pada intinya, pihak HKMD memberikan batas waktu 90 hari untuk bisa membersihkan bendera Hong Kong yang konon, agak tercemar setelah diindikasi sejumlah kapal milik IRISL didaftarkan dan menggunakan bendera kapal HK.

Pihak HK didesak oleh kelompok yang bermarkas di Amrik, United Against Nuclear Iran (UANI) untuk sesegera mungkin melarang kapal yang terkait berbisnis dengan pemerintah Iran serta mendepak keluar dari setiap negera yang sudah diintimidasi Amrik.

Seberapa benar informasi yang dipasok pihak Amrik kepada negara-negara lain dan kalau pun benar, apa hak Amrik melarang sebuah negara merdeka untuk berdagang ? Apakah karena pihak Iran tidak kooperatif ato ada ketakutan Israel, anak emasnya bangsa Yahudi kelak bakal dihajar Iran ?

Disinilah kelemahan negara Asia dan mayoritas negara berkembang lainnya, saat semua akses informasi dikontrol oleh mereka, seolah kedaulatan sebuah negara nyaris dimatikan. Ikut kemauan Amrik dkk berarti selamat.

Pembaca lebih paham atas nilai kebenaran. Yang benar akan menang walau memerlukan perjuangan panjang tetapi setidaknya berpegang kepada prinsip yang benar masih lebih bangga, daripada menggadaikan diri atas nama kebenaran.

Politik memang kotor tapi sedikit berkotor-ria wajar, supaya kita tahu permainan kotor mereka.

Sumber : Dari Sana-sini.