Kamis, 31 Maret 2011

JT 310311 : HMM Diperebutkan Sesama Hyundai

Maksudnya gimana ya ? Inilah perseteruan baru yang muncul diantara sesama pemegang saham pelayaran Korea Selatan, Hyundai Merchant Marine (HMM). Masing-masing pihak kepingin menjadi pemegang saham mayoritas, padahal sesama Hyundai 'loh.

Menurut Bloomberg, galangan kapal Hyundai Heavy Industries (HHI) memiliki saham HMM 23,8% sedangkan Hyundai Group tengah mengajukan ke bursa Seoul agar bisa meningkatkan porsi sahamnya. Nah, bingung khan ?

Buat yang ngerti, no probs. Buat yang baru baca dan harus mencerna lebih dalam, kami memaklumi. Dimanapun bila sudah berurusan dengan duit, ujung-ujungnya ribut. Ngga warisan aja khan yang bikin ribet. Sikapi dengan manajemen konflik nan bijak, salah satunya kompromi.

Hyundai Group tengah memperjuangkan porsi sahamnya (supaya) menjadi 22,6% namun mendapat tantangan hebat HHI. Yang satu ingin mengembangkan biz supaya lebih agresif dengan menarik dana dari penjualan saham namun yang lain menolak.

Perburuan saham di masa depan akan tetap menarik dicermati karena seolah-olah masyarakat dunia kini melihat Hyundai menjadi konglomerasi yang tercerai-berai (divided empire). Semuanya menggunakan nama Hyundai namun kini satu sama lain memiliki kepentingan berbeda.

Tunggu perkembangan lebih lanjut, pasti menarik. HMM merupakan pelayaran berbasis kontainer nomor 18 terbesar didunia, jadi pasti akan memiliki dampak besar bila terjadi suatu perubahan radikal di tubuh HMM.

Ikut prihatin Bro'.

Sumber : Dari Sana-sini (maaf ya, lagi-lagi JT 300311 kemarin absen karena tergila-gila kerja supaya ngga di-stop hik 3x).

Selasa, 29 Maret 2011

JT 290311 : H-S Order Kapal, MOL Presence Ditolak

Pelayaran Jerman, Hamburg-Sud (H-S), telah menempatkan order kapal anyar ke galangan Korea Selatan, Hyundai Heavy Industries (HHI). Kapalnya berkapasitas 9.600 TEUs sebanyak 6 unit, dengan opsi tambahan 4 unit.

Harga kapal totalnya mencapai USD 711 juta dan kapal ini siap dikirim mulai Mei 2013 - demikian keterangan yang diperoleh dari website milik Hyundai. Akan diopeasikan dimana, belum tahu 'lah. Menyusul aja.

Kabar kurang baik menimpa kapal MOL Presence (milik Jepang, kapasitas 6.350 TEUs) yang kabarnya sempat melintas di sekitar prefektur Fukushima, setelah gempa hebat yang menimpa Jepang tempo hari. Pihak pabean RRCina kabarnya mendeteksi adanya tingkat radiasi di kapal tersebut.

Laporan Bloomberg menyebutkan, otoritas pelabuhan Xiamen menolak memberikan ijin berlabuh dan menunggu konfirmasi dari pihak yang lebih berwenang. Selain memperhatikan kapal-kapal yang sempat dan pernah masuk wilayah kritis, pemerintah RRCina juga melarang produk Jepang masuk.

Beberapa produk Negeri Matahari Terbit yang dilarang masuk daratan Cina seperti : buah-buahan, sayur mayur, seafood dan profuk hasil laut lainnya. Sejumlah produk Jepang dikabarkan terkena radiasi berat, jadi semua negara bersiap menolak produk dimana Kaisar Akihito tinggal.

Ngga semua produk Jepang sebenarnya terkontaminasi tapi yang cukup parah ditemukan di 5 (lima) wilayah dekat prefektur Fukushima. Pemerintah Indonesia pun tengah mengawasi secara ketat produk Jepang agar tidak membawa bencana bagi warga tak berdosa.
 
Ikut prihatin aja.

Sumber : Dari Sana-sini (maaf, JT 280311 ngga terbit, susah sinyal di hutan belantara hik 3x).

Minggu, 27 Maret 2011

JT 270311 : Samudera Dapatkan Sinar Kutai

Setelah beres mengoleksi kapal kontainer dan mengkaryakannya, kini Samudera Indonesia Group (SIG) menggebrak lagi dengan masuknya kapal bulk baru ke armada Foremost Maritime, yang juga merupakan afiliasi biz SIG yang mengurusi bulk biz.

Belum lama ini, Samudera menerima 1 (satu) unit supramax bulk carrier dan kapal sejenis berikutnya diharapkan bisa diterima Foremost bulan April mendatang. Kapal berbobot 57.700 dwt ini diberi nama Sinar Kutai. Maklum, semua nama kapal SIG dimulai dengan merek SINAR.

Kapal ini dibuat di galangan kapal ternama Korea Selatan, STX Offshore & Shipbuilding. Muatan perdana sekaligus pelayaran perdana kapal Sinar Kutai adalah potas, dari pantai barat Amrik dan bakal dikirim ke Brazil. Mantap.

Samudera bulk division mengoperasikan sekitar 25 unit kapal, dengan rincian : 9 kapal tanker kimia, 2 tanker minyak mentah, 2 tanker gas, 2 kapal lepas pantai, 1 oil barges, 4 harbour tugs boats dan 5 coal/bulk carrier.

Congrats ya buat SIG.

Sumber : STA.

Sabtu, 26 Maret 2011

JT 260311 : Hanjin Peroleh Kapal 10.000 TEUs Ke-2

Dalam upaya peremajaan kapal, pelayaran Korea Selatan, Hanjin Shipping (HJS) menerima kapal ke-2 dari kelas 10.000 TEUs. Kapal Hanjin Netherland dibangun di Samsung Heavy Industries (SHI) dan memiliki kecepatan hingga 25,1 knots. Perlukah ?

Setidaknya, bila kondisi pasar sudah benar-benar pulih, kapal in bisa dikebut hingga kecepatan 25 knots. Saat ini, memang yang berlaku adalah economic-speed, jadi ya dipake seperlunya saja dulu he 3x. Hemat.

Kapal berbobot 113.515 ton ini, bakal dioperasikan di rute Asia Eropa mulai bulan April mendatang. Spesifikasi lain, memiliki panjang total 349 meter dan lebar 45,6 meter. Saudara kembar lainnya akan dikirim akhir tahun ini.

Untuk jangka panjang, ini merupakan investasi yang sangat berharga bagi Hanjin Group - demikian disampaikan oleh Presiden dan CEO Hanjin Shiopping, Young Min Kim.

Congrats ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Jumat, 25 Maret 2011

JT 250311 : UASC Siapkan Asia - Brazil Via Algeciras

Setelah merealisasikan mimpinya merambah benua Australia,kini United Arab Shipping Co. (UASC) mengincar kawasan Amerika Latin, lebih spesifik lagi pasar Brazil. Do’i mo coba nyambungin Asia, Timur Tengah, anak benua India dan Amerika Selatan.

Sebuah laporan yang dirilis Alphaliner, UASC bakal memanfaatkan servis saat ini Asia Eropa (AEC 2), AEC 7 dan AMC 2 (Asia Med), disamping memaksimalkan ESE (Eropa Amerika Selatan pantai timur).Hub port idealnya : Algeciras.

Rotasi pelabuhan di Asia cukup luas, seperti Kwangyang, Busan, Shanghai, Xiamen, Shenzhen/Yantian, Cai Mep, Singapura dan Port Kelang. Sedangkan pelabuhan di Brazil meliputi Rio de Janeiro, Santos, Itajai, Santo dan Salvador.

Ooops, satu lagu lupa neh. UASC masih punya servis MINA, yang bakal mengakomodir kargo asal Khor Al Fakkan, Jebel Ali, Karachi, Port Mohammad Bin Qassim, Mumbai, Nhava Sheva dan Jeddah menuju Rio de Janeiro dan sekitarnya.

Ngga salah sih kayaknya. Data WTO menyebutkan pertumbuhan perdagangan tahun 2010 mencapai 17% dan yang mendominasi transaksi yakni negara-negara yang masuk kelompok BRIC (Brazil, India, Rusia, Cina).

Di sisi lain, UASC pilih cabut dari slot-charter dengan Maersk Line. UASC menyewa slot di ME 1 dengan rotasinya : Felixstowe – Zeebrugge – Bremerhaven – Rotterdam – Algeciras – Aqaba – Jeddah – Jebel Ali – Nhava Sheva – Pipavav - Salalah – Tangiers – Algeciras – Felixstowe, demikian menurut info ComPair Data.

Untuk keterangan lebih detil, silahkan kontak agen UASC di lokasi terdekat. Congrats ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 24 Maret 2011

JT 240311 : OOCL Masuk Klub 13.000

Begitulah sebutan demi sebutan bagi yang mampu bergabung dengan pelayaran global lain, dalam membangun skala armada kapal yang luar biasa gedenya. Dulu ada Klub 8.000 saat kapal 8.000 TEUs masih jarang. Sekarang yang lagi nge-tren kapal 13.000 TEUs, ya kita buat Klub 13.000.

Kabarnya, pelayaran yang bermarkas di Hong Kong, OOCL sudah menandatangani kontrak pembangunan kapal super post-panamax 6 x 13.000 TEUs di galangan kapal Samsung Heavy Industries (SHI), Korea Selatan. Rencana pengiriman : tahun 2013.

Tahun 2003 lalu, OOCL mulai membangun armada berkekuatan besar (mega boxship), dengan masuknya OOCL Shenzhen. Kini setelah hampir 10 tahun berlalu dan posisinya semakin kokoh sebagai salah satu pemain global, OOCL siap bergabung kembali di Klub 13.000.

Welcome to the jungle he 3x.

Sumber : STA.

Rabu, 23 Maret 2011

JT 230311 : Dampak Gempa Jepang, Biz Kontainer Terpukul

Negeri Matahari Terbit tengah dirundung awan duka mendalam. Pasalnya, dampak akibat gempa dan sapuan gelombang tsunami di Sendai dan sekitarnya telah memporak-porandakan fasilitas umum, termasuk PLTN.

Kini, kecemasan baru muncul setelah pemerintah Jepang mengumumkan tingkat kebocoran di pusat pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) berada diatas rata-rata atau mulai mencapai tingkat waspada dan mengkhawatirkan.

Selain rusaknya fasilitas umum dan sosial tersebut, sektor transportasi termasuk yang lumpuh, semisal jaringan kereta api, jadual penerbangan maupun transportasi laut. Yang terparah, tentu yang berada di darat dan angkutan laut.

Sejumlah karyawan/wati masih banyak yang tidak masuk akibat musibah yang menimpa maupun akibat ketiadaan angkutan yang memadai, Secara berangsur-angsur tumpukan sampah dari hasil sapuan gelombang tsunami mulai dibersihkan atau dikumpulkan di beberapa tempat.

Secara umum, pelabuhan utama Jepang dilaporkan beroperasi secara normal, semisal Yokohama, Tokyo, Nagoya, Kobe, Osaka dan Hakata – demikian dilaporkan media American Shipper. Hanya saluran telepon rusak dan sejumlah pabrik masih tutup.

Menurut catatan Alphaliner, pelabuhan kelas menengah mengalami kerusakan cukup parah dan bisa mempengaruhi volume pelabuhan besar di Jepang. Secara persentase ke-6 pelabuhan menengah ini hanya berkontribusi 2% dari total volume.

Contoh pelabuhan dimaksud (medium-sized container ports), Sendai Shiogama yang meng-handle 200.000 TEUs di tahun 2010 dan Hachinohe 50.000 TEUs pencapaian tahun lalu. Bila fasilitas pelabuhan rusak maka alternatif termungkin adalah dibawa truk ke pelabuhan terdekat ato via udara.

Pelabuhan lain yang dilanda kerusakan cukup parah dan diprediksi bisa memakan waktu berbulan-bulan prbaikannya, yakni Ishinomaki dan Onamaha – demikian kesimpulan International Freight Weekly (IFW). OOCL kehilangan 500 kontainer akibat tsunami ini dan NOL mengalami delay di Kobe.

Yang agak parah dialami oleh “K” Line saat tsunami menerjang pesisir Jepang dan melenyapkan 3 (tiga) unit kapal panamax. Industri besar Jepang, seperti Hitachi Ltd, Daikin Industries dan sejumlah perusahaan besar lainnya setop produksi.

Pelayaran lain yang juga mengalami keterlambatan adalah WHL, MOL, NYK dan Hanjin Shipping. Namun hal tersebut ngga menyurutkan niat meringankan beban bagi sesama yakni dengan donasi, pengiriman barang bantuan secara cuma-cuma dan lain-lain.

Wong pelayaran juga tersentil rasa kepeduliannya, ngga mengenal batas negara, politik, suku bangsa dan kepentingan komersilnya (untuk sementara waktu hik 3x)  Begitulah manusia, digebrak satu musibah dan bersatulah saling bahu membahu. Kenapa harus bencana yang menyadarkan manusia ?

Gempa berkekuatan 8,9 SR ini menewaskan hampir 10.000 jiwa dan hingga kini tim sukarelawan berbagai negara masih membantu upaya pencarian korban yang hilang. Secara komersil disebut-sebut kerugian yang diderita mencapai USD 3,4 milyar per hari !

Sejumlah pengamat memperkirakan pemulihan fasilitas pelabuhan akan memakan waktu lama, apalagi bila berkaca ke pengalaman saat gempa melanda Kobe tempo hari, waktu pemulihannya saat itu memakan waktu 3 bulan lebih.

Info sebelumnya terkait gempa dan tsunami Jepang kali ini, silahkan baca JT 150311 : Gempa Jepang 8,9 SR Pengaruhi Sektor Logistik dan JT 110311 : Jepang Dihantam Gempa Dan Tsunami. Kita tetap menyampaikan rasa prihatin dan simpati,  dari lubuk hati terdalam.

Yang penting, selamatkan dulu nyawa manusia karena tanpa mereka mustahil semuanya bisa pulih. Perlahan tapi pasti karena setiap negara memiliki tingkat kepekaan tersendiri terhadap warga negaranya. Take care and be patient.

Sumber : Dari Sana-sini.


Selasa, 22 Maret 2011

JT 220311 : Setelah Libya, Giliran Logistik Bahrain Lumpuh

Rentetan gelombang demonstrasi besar-besaran belakangan ini menjadi tren di dunia Arab atau tepatnya Timur Tengah plus Afrika sebelah utara, untuk menjatuhkan rezim penguasa yang sudah terlalu lama keenakan duduk di kursi kekuasaan. Akibatnya rakyat muak dan inginkan perubahan.

Mulai dari Tunisia, Mesir hingga Libya yang tengah diobok-obok, hingga kini Bahrain, salah satu kesultanan di jazirah Arab, ikut digoyang. Ngga bisa dipungkiri sektor transportasi mampu melumpuhkan suatu negara. Setelah tempo hari semua kargo tujuan Libya terpaksan diturunkan di area Mediterania, hal serupa akan terjadi untuk kargo tujuan Bahrain.

Bila demo tak kunjung henti, Raja Hamad bin Isa al-Khalifa bisa ketar-ketir, bahkan kabarnya sudah meminta bantuan negara tetangga hingga negara Barat untuk mempertahankan kekuasaannya. Sekitar 1.000 tentara Arab Saudi dikabarkan memasuki Bahrain belum lama ini. Hmmm ...ngapain ya ?

Pasukan keamanan kesultanan Bahrain dilengkapi senjata berat dan helikopter serta gas air mata mewarnai kawasan Pearl Square, Bahrain. Tak pelak lagi, salah satu penyedia layanan logistik, Move One, mengalami keterlambatan hebat akibat ketidak-lancaran yang terjadi.

Bentrok antara pihak pemerintah dengan pihak pendemo (protester) mengakibatkan absennya sejumlah besar kuli dan staf pelabuhan sehingga kelancaran pengeluaran dan pemasukan kargo mengalami kendala (significant delays).  

APM Terminals (APMT) yang mengoperasikan Khalifa Bin Salman Port, menjelaskan pihaknya tetap beroperasi seperti biasa walau diakui banyak staf yang ngga masuk/absen. Laporan tertentu menyebutkan sekitar 20% saja pegawai yang masuk kantor dan ada kebijakan memulangkan karyawan lebih awal (sebelum senja menjelang).

Rasa-rasanya, sektor logistik tengah mengalami pasang surut terutama di dunia Arab dan sekitarnya. Ngga cuma akibat ulah penguasa yang punya prinsip "sudah duduk, lupa berdiri" tapi rakyat pastinya ogah sengsara.. Emangnya enak jadi rakyat yang hidup dalam kesusahan ? Kalo makmur, mana mungkin demo.

"Enak di loe, ngga enak di gue" - begitu deh kira-kira celoteh wong awam menangggapi aksi-aksi demo dimana-mana. Kita ikuti saja rentetan peristiwa yang tengah bergulir di kawasan Asia barat dan sekitar utara benua Afrika ini.

Sumber : Dari Sana-sini.

Senin, 21 Maret 2011

JT 210311 : Malaysia Tahan Dua Kontainer Mencurigakan

Pihak Polisi Diraja Kerajaan Malaysia dikabarkan menahan 2 (dua) unit kontainer yang diindikasikan memuat perlengkapan untuk memproduksi senjata pemusnah massal, termasuk kepala nuklir. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang penyidik yang ditunjuk menangani isu sensi ini. Hingga kini masih berlangsung.

Harian setempat, The Sun, menyebutkan, polisi Diraja Malaysia sudah menghubungi Interpol dan juga pelabuhan tujuan untuk melakukan koordinasi lebih lanjut - demikian ungkap seorang pejabat kepolisian bernama Mohamad Bakri Zirin.

Barang ini dimuat dari salah satu pelabuhan RRCina dan dalam perjalanan menuju Iran. Karena khawatir menyalahi prosedur dan melanggar larangan DK-PBB, saat timbul kecurigaan pihak berwenang langsung memerintahkan menurunkan ke-2 kontainer tersebut tanpa ada rincian lebih lanjut. Intinya, demi keselamatan semua pihak.

Percobaan penyelundupan sudah berulang-kali dilakukan dan pelayaran terakhir yang terkena getahnya adalah CMA CGM, saat kapal Victoria ditahan oleh pihak Israel beberapa waktu lalu (baca deh JT 190311 : Kapal CMA CGM Ditahan Israel). 

Siapa pula yang punya gawe ya. Take care.

Sumber : Dari Sana-sini (mohon maaf lagi, edisi JT 200311 juga gagal terbit karena ribetnya urusan gawean, thanks).

Sabtu, 19 Maret 2011

JT 190311 : Kapal CMA CGM Ditahan Israel

Kalo udah berurusan dengan negeri Yahudi satu ini, jangan dianggap sepele. Selain karena isu keamanan dalam negeri, juga mereka waspada ekstra-ketat menghadapi intrik-intrik politik yang menohok Israel. Artinya, do'i terbiasa antisipatif.

Alkisah, sebuah kapal yang dioperasiakan oleh CMA CGM, namanya Victoria (1.678 TEUs),  ditahan pihak berwenang karena mis-deklarasi. Pihak angkatan laut menduga kapal mililk pelayaran asal Perancis ini membawa pasok senjata untuk Gaza via Mesir.

Menurut laporan medaia cetak American Shipper, kapal tersebut akhirnya dilepas setelah ditanya pihak pemerintah dan menurunkan 3 unit kontainer yanag dicurigai di pelabuhan Ashdod. CMA CGM kemudian menegaskan kembali kebijakan perusahaannya.atas isu keamanan kapal dan aturan pemuatan barang.

Pihak CMA CGM menjelaskan, sepanjang Customer meminta kontainer untuk keperluan ekspor, otomatis semuanya dibawah kontrol Shipper apa barang yang diisikannya. Namun demikian, pihaknya tetap akan memonitor dan bekerjasama dengan para pihak guna keamanan bersama.

Pelayaran yang bermarkas di Marseilles ini ngga akan mentoleransi kelakuan Customer yang telah mencoreng reputasi CMA CGM tersebut. Dalam beberapa bulan terakhir, CMA CGM terseret kasus false-declaration dan kejadian ini sepertinya sulit dihindari..

Victoria merupakan kapal berbendera Liberia dan dimiliki oleh juragan kapal asal Jerman, Peter Dohle. Saat ditangkap, kapal ini tengah membuang sauh di jarak 200 mil lepas pantai Israel dan dalam perjalanan dari Mersin (Turki) ke Alexandria (Mesir).

Waspada dan tetap terjaga seperti Israel. Jangan terlalu banyak mempolitisir bom buku. Cape deh - kata rakyatnya sembari manyun. Masih banyak yang harus dipikirkan untuk mewujudkan rakyat yang sejahtera. Merdeka !

Sumber : Dari Sana-sini (maaf ya, JT 180311 ngga terbit, ruepoooot begawe, trims).

Kamis, 17 Maret 2011

JT 170311 : Sinar Kudus Dibajak Perompak Somalia

Malang tak dapat dihindari, itulah yang terjadi dengan nasib kapal Sinar Kudus yang dibajak oleh para perompak Somalia setelah sebelumnya dilakukan penyerangan oleh sekitar 30 hingga 50 perompak. Lokasinya di laut lepas Somalia.

Gilanya tuh perompak, Sinar Kudus dijadikan kapal induk untuk melakukan penyerangan ke kapal lain dan kapal ini sekaligus dijadikan tameng. Kapal yang diserang adalah Emperor (berbendera Liberia) namun ngga berhasil didapat.

Kapal Sinar Kudus yang dimiliki oleh PT. Samudera Indonesia Tbk, dibajak hari Rabu (16/03) pagi waktu setempat. Ke-20 anak buah kapal (ABK) dikabarkan dalam kondisi aman dan sehat. Yang jadi prioritas sekarang, keamanan dan keselamatan kru kapal.

Kabarnya, Sinar Kudus memuat nikel dari Pomalaa, Sulawesi Selatan menuju Rotterdam, Belanda. Kita tunggu langkah selanjutnya, sebagaimana senantiasa diprioritaskan oleh para operator maupun owner, menjaga keselamatan ABK.

Wait and see.

Sumber : Dari Sana-sini.

Rabu, 16 Maret 2011

JT 160311 : Nigeria Dirikan Pelayaran Nasional

Kabarnya, otoritas berwenang di Nigeria yang menangani urusan kemaritiman, Nigerian Maritime Administration and Safety Agency (NIMASA) telah memberikan persetujuan untuk mendirikan sebuah pelayaran nasional berbendera Nigeria.

Hal tersebut diungkap oleh salah seorang pejabat resmi Kementerian Perhubungan yakni Menteri Perhubungan Yusuf Suleiman, dalam sebuah konperensi pers di Abuja, Jumat lalu (bersamaan dengan gempa di Jepang, red).

Hal ini disampaikan oleh pak menteri bahwa partisipasi Nigeria dalam industri maritim nyaris tak terdengar sementara di negara lain, azas cabotage didengung-dengungkan dan kini tiba saatnya bagi Nigeria sebagai salah satu negara kaya di Afrika, memulai langkah tersebut.

Untuk tahap awal, pemerintah mengalokasikan dana 13 milyar Naira (mata uang setempat) ato setara dengan Sin Dollar 106,5 juta agar prinsip Azas Cabotage bisa segera di-implementasikan. Rasanya udah ngga sabar.

Menteri Perhubungan Nigeria telah menegaskan, Cabotage Act diperlukan untuk memberdayakan kemampuan kapasitas nasional serta menumbuhkan industri maritim yang memiliki reputasi bagus. Maklum, selama ini Afrika lebih banyak ngga pe-de-nya disamping ada tekanan pihak lain.

Hingga Desember 2010 lalu, pihak Kementerian berhasil mendata, ada 1.371 kapal yang didaftar di Nigerian Ship Register Office, registered tonnage 1,9 juta ton. Pfffuih, not bad ‘lah.Bahkan untuk mendukung hal ini pemerintah sudah menyiapkan berbagai fasilitas pendukung.

Diantaranya program pelatihan dan pendidikan kader-kader industri pelayaran secara mandiri maupun kerja-bareng dengan mitra kerja. Bagaimana kiprah Nigeria kedepannya ? Kita simak perkembangannya dan Congrats dulu deh.

Telah hadir kompetitor baru hik 3 ... Namnay belum diumumkan tapi begitu diumumkan segera kita distribusikan koq. Jangan pelit dengan informasi. Ngga ada cerita paket hemat info he 3x,

Sumber : Business Times.

Selasa, 15 Maret 2011

JT 150311 : Gempa Jepang 8,9 SR Pengaruhi Sektor Logistik

Gempa besar yang melanda Jepang hari Jumat (11/03) lalu dengan kekuatan 8,9 skala Richter, melumpuhkan sektor transportasi dan memporak-porandakan kehidupan sosial rakyat Jepang untuk beberapa saat.

Ngga terkecuali penutupan sejumlah bandar udara (bandara) dan pelabuhan laut sehingga dalam seminggu ini warga Jepang yang hidup dalam pengungsian, akan sedikit merana karena menghadapi distribusi pangan dan lain-lain yang sedikit banyak bakal tersendat.

Kalo cuma gempa, diyakini oleh hampir semua orang persiapan Jepang cukup memadai namun yang bikin ngga ku-ku itu hantaman gelombang tsunami yang volume airnya diatas rata-rata sehingga tanggul yang disiapkan pun jebol.

Gempa yang berlokasi 80 mil dekat kepulauan Honshu, di kedalaman 15 mil memicu timbulnya gelombang tsunami dahsyat serta melenyapkan dan menyengsarakan ribuan rakyat Jepang maupun kaum pendatang (termasuk Indonesia).

Sejumlah pelabuhan laut di utara Negeri Matahari Terbit ditutup sementara, diantaranya Kushiro, Hachinohe, Ishinomaki dan Kashima. Kebanyakan fasilitas umum dan pabrik, rusak bukan oleh gempa tetapi terjangan gelombang tsunami.

Hingga saat ini, terlalu dini mengatakan bahwa dampak tsunami bisa mempengaruhi sektor pertanian di Jepang – demikian diungkapkan oleh Tommy Hamamoto, direktur United States Grain Council (USGC) di Jepang.

Sektor logistik komersial pasti terpengaruh dan pemulihan kedepannya perlu waktu. Prefektur Miyagi dan Fukushima termasuk yang terparah. Ancaman nyata di depan mata adalah bocornya 4 (empat) reaktor nuklir yang terdeteksi hingga sekarang ini.

Yang belum terpantau, apakah kegiatan komersil di pelabuhan utama seperti Tokyo dan sekitarnya terpengaruh secara langsung ato ngga. Kita ikuti catatan selanjutnya ya. Semoga warga Indonesia yang ada di Jepang sehat dan selamat semua. Amin.

Sumber : Dari Sana-sini.

Senin, 14 Maret 2011

JT 140311 : Sinotrans Profit USD 127,54 Juta Di 2010

Pelayaran yang terdaftar di Hong Kong, Sinotrans Shipping, membukukan kenaikan fantastis di tahiun 2010, naik hampir 20% dibanding prestasi tahun 2009, menjadi 127,54 juta, dengan pendapatan USD 278,5 juta

Sinotrasn mengoperasikan armada kapal bulk, mulai capesize hingga handysize dry bulkers. Tahun lalu Sinotrans memperoleh kiriman 7 (tujuh) dry bulk dengan penambahan kapasitas 610.000 dwt dan memesan 4 (empat) panamax dry bulk baru.

Hingga 31/12/2010, Sinotrans mengoperasikan 46 kapal barang dengan kapasitas terpasang 2,66 juta dwt dan rata-rata umur kapal 9,3 tahun Tergolong lumayan ngga tuwi-tuwir (baca: tua) amit. Sinotrans sukses melego 1 (satu) panamax dry bulker tahun lalu.

Tujuh kapal yang masih dalam proses penyelesaian akan membuat armada Sinotrans kedepannya semakin tangguh. Detilnya : 2 capesize @ 180.000 dwt, 4 panamax dry bulk @ 76.000 dwt dan 1 handysize dry bulk 32,000 dwt.

Mantap nian Cik, Memang benar tahun 2010 tahun keberkahan bagi industri pelayaran. Tanpa kehadiran tahun 2010 niscaya banyak pelayaran rontok ditengah jalan, Misal ada loncatan dari tahun 2009 ke 2011, pernahkah terpikir ? Quantum leap ?

Sumber :  Dari Sana-sini.


Minggu, 13 Maret 2011

JT 130311 : Samudera & SCI Tambah Kapal

Pulihnya kondisi perekonomian dunia memungkinkan pelayaran bernapas lega dan memikirkan strategi biz kedepan dengan baik. Walhasil, Samudera Shipping Line (SSL) dan Shipping Corp. of India (SCI) berniat membeli kapal untuk memperkuat armadanya.
Anak perusahaan Samudera Indonesia Group (SIG) yang bermarkas di Singapura ini dikabarkan membeli 1 (unit) kapal 1.054 TEUs namun enggan menyebutkan nama kapal yang dibelinya tersebut. Bocorannya, kapal ini dipasang saat ini di Malaysia Singapore Express (MSX).


Selama kuartal 1 (satu) tahun ini saja SSL sudah membeli 2 kapal yang sebelumnya dalam posisi kapal sewa. Harga kapal buatan tahun 1999 ini sekitar USD 11 juta dan akan diserahterimakan akhir Maret ini Pembiayaan akuisisi kapal ini dari kas internal dan pinjaman bank lokal.


Sementara itu pelayaran pelat merah India, SCI, dalam 10 (sepuluh) tahun kedepan berniat membeli 110 kapal dengan anggaran belanja Rupee 27,668 juta. Kurun waktu 2011-2012 SCI berencana memesan 26 unit kapal.


Hal ini disampaikan Menteri Perkapalan India, G.K Vasan melalui email resmi. Bila maujud maka total tonase SCI di tahun 2020 mendekati 7,21 juta gross ton. Armada kapal yang dioperasikan saat ini : 78 kapal (3,19 juta gt).


Selamat buat keduanya. Sukses selalu.


Sumber : STA.

Sabtu, 12 Maret 2011

JT 120311 : CCNI Dulang Net Profit Di Tahun 2010

Kebahagiaan tersirat di hampir semua pelayaran dunia, khususnya saat pemasukan duit tahun 2010 diumumkan. Tak terkecuali pelayaran asal Cile, CCNI. Kabarnya, tahun 2010 lalu CCNI membukukan net profit USD 47 juta ... wooow, mantap.

Asal tahu aja, mayoritas pelayaran menderita banget di tahun 2009 akibat diterpa krisis keuangan global. CCNI pun saat itu merugi USD 42 juta dan segera melakukan restrukturisasi untuk menyiasati strategi biz di industri maritim, minimal 'tuk bertahan hidup hik 3x.

Revenue (pendapatan) yang berbasis kontainer – selain car carrier dan break bulk division - berhasil digenjot dan naik 35%, menjadi USD 823 juta. Salah satu yang menyelamatkannya adalah renegosiasi harga sewa kapal dari pemilik kapal di Eropa.

Thanks God, berkat kebijakan tersebut, CCNI bisa berkiprah kembali. Itu baru salah satu faktor dan belum terhitung faktor-faktor pendukung lainnya. Pokoknya, stay cool dan tetap berkibar dulu deh. Jaman lagi susah neh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Jumat, 11 Maret 2011

JT 110311 : Jepang Dihantam Gempa Dan Tsunami

Gempa besar melanda Jepang, kekuatannya berkisar antara 8,8 hingga 8,9 skala Richters terjadinya sekitar jam 14.46 waktu setempat. Pusat gempa 380 Km di sebelah timur Tokyo dan memaksa pemerintah menutup 4 (empat) reaktor nuklir pembangkit tenaga listrik.

Gempa besar ini memicu gelombang tsunami dan sekitar 200 hingga 300 penduduk menjadi korban. Dampaknya tidak terasa hanya di Jepang, tetapi menyebar hingga Rusia, Hawaii, Amrik dan Indonesia termasuk didalamnya. Tanda peringatan sudah didengungkan, beberapa saat setelah gempa terbesar di Jepang mengoyak kawasan pesisir tenggara.

Gelombang tsunami berketinggian 10 meter ini namun saat mencapai daratan bisa diminimalisir hanya 4 meter saja namun dampak kerusakan yang ditimbulkan ngga kalah hebat. Sejumlah bangunan rumah penduduk dan gedung perkantoran rusak total

Kawasan terparah, kabarnya melanda kawasan Sendai dan sampai seberapa jauh gempa dan tsunami besar ini bisa mempengaruhi aktifitas transportasi Jepang ? Kita akan cermati dalam beberapa hari mendatang.

Secara khusus, 2.000 penduduk di prefektur Fukushima, Jepang dihimbau untuk segera mengungsi karena pembangkit listrik tenaga nuklir dikhawatirkan mengalami kebocoran. Reaktor ini dioperasikan oleh Tokyo Electric Power Ltd.

Ikut prihatin Bro’. Jepang tengah berduka.

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 10 Maret 2011

JT 100311 : Zim & CSCL Berdamai Dengan Loop AE

Perseteruan yang terjadi antara dua pelayaran besar dunia, Zim Line dan CSCL, akhirnya berujung damai. Menurut media lokal online Israel, Shipper.co.il, keduanya bersepakat menyelesaikan sengketa dengan membuka servis Asia – Eropa (AE).

Sebelumnya, China Shipping Container Lines (CSCL) mengklaim bahwa pihak Zim ngga membayar sewa slot sebesar USD 151 juta di tahun 2008 di rute Asia -  Europe AEX1. Namun pihak Zim menolak klaim tersebut dan menyebutkan ngga sebanyak itu ‘lah.

Perkembangn saat ini tengah membaik, dimana Evergreen tengah mendekati CSCL dan Zim bertindak sebagai salah stu pembeli slot (itu yang kita tahu). Indikasi kerjasama antara Evergreen dan CSCL tengah dinego.

Di servis baru AE, ada 6 x 10.000 TEUs dan sejauh ini Evergreen belum mengoperasikan kapal 10.000 TEUs. Jadi yang berkolaborasi di AE siapa seh ? Rencananya, mulai berlaku bulan April mendatang. Kita selidiki dulu ya detilnya.

Ciao.

Sumber : Dari Sana-sini.

Rabu, 09 Maret 2011

JT 090311 : Evergreen Luncurkan Servis HBI

Mengantisipasi perkembangan positif di pasar Intra-Asia, pelayaran terbesar Taiwan Evergreen Line, bersiap mengoperasikan rute anyar dari RRCina ke JAKARTA. Namanya Hua Bei Indonesia (HBI). Singkat dan lucu.

HBI bertujuan mejembatani populasi 200 juta rakyat Indonesia agar bisa melanggengkan biz dengan pasar Cina yang luar biasa potensinya, Bahkan selama krisis ekonomi global lalu, Evergreen masih bisa mendulang hasil positif di pasar Indonesia, dengan growth 4-5%.

Armada kapal yang disiapkan, 3 x 1.700 TEUs dan 1 x 2.000 TEUs. Rotasi HBI sebagai berikut : Xingang – Dalian – Qingdao – Hong Kong – Shekou – JAKARTA – Hong Kong – Kaohsiung – Shanghai – Xingang,

Congrats. Wah dapat prospek bagus neh para pengusaha Indonesia. Semoga bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik.

Sumber : Dari Sana-sini.

Selasa, 08 Maret 2011

JT 080311 : H-L Tawarkan Layanan Barges Di RRCina

Belahan mana yang dibidik oleh Hapag-Lloyd (H-L) agar target tahun ini bisa terpenuhi ? Ternyata pelayaran Jerman mengincar pasar yang dibuka oleh pelayaran murah-meriah, The Containnership Company (TCC), Taicang.

Servis menggunakan barges akan dimulai tanggal 28/03, mengangkut kargo dari Taicang (posisi di muara Sungai Yangtze, 60 mil dari Shanghai), untuk dibawa ke pelabuhan laut dalam di Yangshan dan terminal Waigaoqiao River.

Layanan barges ini dioperasikan bersama mitra dan juga agen H=L di Taicang, Jiangsu Uniwill Logistics. Kargo dari wilayah ini akan dihubungkan ke semua rute, kecuali servis Trans Pasifik (TP). Harga yang ditawarkan USD 100/TEU – demikian sebagaimana dikutip American Shipper.

Awalnya, yang merintis pembukaan rute Taicang – Amrik dirintis oleh TCC dan kini malah selain Taicang, TCC menggarap juga Ningbo dan Qingdao. Nama servis yang dipakai oleh TCC adalah The Great Dragon Service (GDS) shuttle-service.

Bravo.

Sumber : Dari Sana-sini.

Senin, 07 Maret 2011

JT 070311 : Rickmers Maritime Merugi USD 28,6 Juta

Kerugian dan keuntungan dalam bisnis ibarat dua sisi mata uang. Biasalah, ada untung, ada rugi. Ada buruk, ada baik. Sisi kontradiktif daru suatu pergulatan hidup dan dalam menjalankan roda bisnis. Masak sih mo untung terus ato rugi terus. Ada yang bilang, tergantung garis tangan he 3x.


Pemilik kapal (Owner) asal Jerman, Rickmers Maritime, kabarnya merugi (nett loss) USD 28,55 juta selama tahun 2010 lalu. Alasannya, dampak dari pembatalan sejumlah order kapal serta biaya restrukturisasi fasilitas pinjaman (pfffuih, berat ngebahasnya ahh).


Terbalik dengan hasil yang diperoleh perusahaan pelayaran, yang rata-rata meraih profit (back in black) setelah di tahun 2009 saat krisis keuangan global melanda dunia, Rickmers malah oleng karena harus membayar biaya pembatalan hampir senilai USD 64 juta. Wooow.


Tahun 2009 lalu, Rickmers Maritime yang terdaftar di Singapura, membukukan net profit USD 40,74 juta. Dengan membaiknya kondisi perekonomian dunia, Rickmers berharap tahun ini bisa memperoleh hasil yang positif.


Untuk masa sewa tahun 2011 hingga 2019, Rickmers kabarnya berhasil mendapatkan harga sewa sebesar USD 760 juta (fixed rate charter) – demikian sebagaimana dilansir oleh Thomas Preben Hansen (CEO Rickmers Maritime).


Wah target yang nyata-nyata aja Broer. Mantap.


Sumber : STA.

Minggu, 06 Maret 2011

JT 060311 : Samudera (Shipping Line) Untung Euy

Pelayaran spesialis Intra-Asia ato regional box liner Samudera Shipping Line (SSL) berhasil membukukan net profit USD 9,4 juta di tahun 2010. Hal ini didorong membaiknya tingkat harga saat itu (ocean freight) dan volume yang juga meningkat, Jadi klop tuh.

Afiliasi Samudera Indonesia Group (SIG) yang memilih basis biz di Singapura, ketimbang di republik tercinta, tahun lalu merugi (nett loss) USD 8,8 juta. Adapun laporan keuangan SSL dihitung per tanggal 31 Desember. Mantap Bro’.

Selain adanya upaya-upaya restrukturisasi, hal-hal diatas membantu perolehan positif SSL tahun 2010 ‘loh – demikian disampaikan oleh David Batubara (CEO dan executive director SIG0. Generated revenue 2010 USD 369,1 juta sedangkan 2009 hanya USD 339 juta. Naik 12%, lumayan ‘lah.

Kedepannya, SSL maupun SIG berinisiatif membeli lebih banyak kapal kontainer untuk mengembangkan biz di kawasan regional, selain tentunya membenahi kebutuhan kapal di biz antar-pulau (inter-island) yang sempat terabaikan selama ini.

Info terkait aktifitas Samudera, simak JT 300111 : Samudera Sesuaikan Rasio Kapal Milik Milik – Sewa dan JT 200111 : Samudera Beli Kapal 1.054 TEUs. Congrats and Good luck.

Sumber : Dari Sana-sini.

Sabtu, 05 Maret 2011

JT 050311 : CSAV Meroket Terus, Cari Presiden Baru

Entah energi apa yang dipakai CSAV tetapi yang pasti hampir semua praktisi dan pengamat berdecak kagum atas prestasi yang ditorehkan pelayaran asal Cile ini. Dari posisi hampir bangkrut karena dihadang krisis keuangan, hingga kini boleh dibilang tampil penuh percaya diri.

Compania Sud Americana de Vapores (CSAV) menyebutkan, volume selama Januari 2011 tercatat yang paling tinggi selama kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir, padahal kondisi rate sedang digerogoti hantu over-capacity sehingga rate jeblok dipasaran.

Lifting CSAV Januari 2011 : 295.000 TEUs dibanding Januari 2010 : 189.000 TEUs. Saat ini, posisi CSAV terus merangsek, dari posisi 16 besar dunia menjadi 6 besar dunia (6th place on the global container shipping league).

Sedihnya, salah satu figur yang membuat CSAV begitu maju yakni Presiden Jaime Claro Valdes malah dikabarkan mengundurkan diri. Posisinya menggantikan saudaranya yang wafat, Ricardo Claro Valdes karena serangan jantung saat krisis keuangan tempo hari.

Dimasanya, CSAV kembali bangkit dari keterpurukan. Tahun 2009 lalu, CSAV merugi besar, yakni USD 653,4 juta namun tahun 2010 langsung profit USD 181,5 juta. Siapa juga yang ngga bangga. Namun yang mengherankan Jaime koq malah undur-diri.
Ada apa dibalik motif pengunduran dirinya masih tanda tanya besar. Yang pasti, CSAV harus cepat-cepat segera mencari presiden baru agar hasil yang sudah dipetik ngga sia-sia, Butuh figur yang benar-benar pas dengan karakter CSAV seperti Jaime.

Pokoknya, do the best ‘lah. Bravo CSAV.

Sumber : Dari Sana-sini.

Jumat, 04 Maret 2011

JT 040311 : Giliran Hamburg Jamu CSCL Star

Setelah pelabuhan Felixstowe di Inggeris yang menjamu CSCL Star (baca : JT 240211), kini giliran Hamburg (Jerman) yang mendapat kunjungan kapal terbesar yang dioperasikan pelayaran RRCina, China Shipping Container Lines (CSCL).

Kapal CSCL Star yang berkapasitas 14.074 TEUs diyakini sebagai kapal terbesar yang pernah sandar di Hamburg, dalam rangka pelayaran perdana (maiden voyage) di servis Asia Europe Express 1 ato China Europe-Med Express (AEX-1/CEM).

Pelabuhan Hamburg mendapat kehormatan bisa mengakomodasi kapal besar yang dioperasikan bersama antara CSCL dan Evergreen Line. Makanya nama servis AEX-1 lebih condong ke rasa CSCL, sedangkan penamaan CEM digunakan oleh Evergreen.

Lalu lintas kontainer antara Asia – Hamburg mencapai 4,7 juta TEUs tahun 2010 lalu, dimana 2,7 juta TEUs berasal dari RRCina atau meningkat 20% dibanding volume tahun sebelumnya. Bagi pelabuhan Eropa manapun, daya tarik kargo ex Cina memang menggiurkan.

Kunjungan ULCCS (ultra large container ships) diatas 10.000 TEUs meningkat tajam selama tahun 2010 dan tercatat 125 calls. Tahun ini diprediksikan bakal berlipat, apalagi peluncuran kapal-kapal gede tahun ini cukup banyak, otomatis akan mempengaruhi hasil akhir tahun.

Congrats deh, CSCL Star lagi dipromosi dan selalu mendapat perhatian para pengamat karena sepak terjangnya bisa mempengaruhi sikon di pasar secara luas. Ingat, ini kapal gede dan bukan kapal sembarangan. Dampaknya akan sangat luar biasa.

Take care.

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 03 Maret 2011

JT 030311 : Prospek KLC Tetap Buram

Bila ditanya prospek perkembangan pelayaran Korea Selatan, Korea Line Corporation (KLC), nampaknya belum semujur yang diharapkan. KLC bahkan mengumumkan, operating loss tahun 2010 mencapai KRW 171,4 milyar (setara USD 153 juta). Alasannya, depresi ekonomi global dan sikon industri pelayaran itu sendiri.

Secara keseluruhan, KLC merugi sampe KRW 424,6 milyar tahun lalu. Jadi hantaman berat kiri-kanan yang harus ditangani banyak betul, makanya prospek kedepannya masih tetap buram bagi KLC.

Musti gimana lagi ya ? Harus ada terobosan berani di tingkatan teratas agar roda biz KLC tetap berjalan ato akan pupus dan dilibas masa, karena ngga sanggup beradaptasi dengan kompetisi yang kian ketat, khususnya industri bulk.

Take care ... Baca juga rujukan sebelumnya di JT 310111. Happy reading.

Sumber : STA.

Rabu, 02 Maret 2011

JT 020311 : CSCL Kirim Kapal Kontainer Evakuasi Warga RRCina

Pemerintah RRCina melalui Kementerian Dalam Negeri meminta pelayaran China Shipping Container Lines (CSCL) membantu evakuasi warga RRCina yang berada di Libya.
Negeri yang terletak di Afrika utara ini, kini sedang dilanda demonstrasi besar-besaran untuk melengserkan pemimpin saat ini, Kol. Muammar Khadaffy. Gile yeee, baru Kolonel 'dah jadi presiden seumur hidup. Contoh klasik seperti Tunisia dan Mesir belum lama ini.
CSCL serta merta membuat pusat komando darurat (emergency command centre) untuk membantu kelancaran operasi pengeluaran warganya dari bumi Libya.
Pusat komando darurat pun  dibagi 2 (dua) tim. Yang pertama, bertanggung jawab memberikan bantuan saat operasi berlangsung sedangkan tim lainnya bertugas di urusan pengamanan.
CSCL telah memerintahkan 2 (dua) unit kapal kontainer memasuki pelabuhan Benghazi, yakni New Qinhuangdao dan New Fuzhou. Untuk operasi ini ngga perlulah ngomongin kapasitas. Yang penting warga RRCina bisa diselamatkan dengan baik dan itulah tugas utama evakuasi.
Ngomong-ngomong, kapal kontainer ini didisain seperti apa ya supaya bisa menampung warganya saat evakuasi? Jadi penasaran juga khan ? Masak dimasukin kontainer begitu aja , mirip trafficking aja ha 3x ....
Sumber : Dari Sana-sini.

Selasa, 01 Maret 2011

JT 010311 : MISC Bekukan HE-2

Setelah sempat bertahan selama beberapa waktu, akhirnya pelayaran negeri Jiran ini resmi membekukan servis yang dirintis dan dibanggakannya, Halal Express 2 (HE-2). Armada yang dioperasikan 4 x 2.800 TEUs dan servisnya terakhirnya HE-2 tanggal 17/02 lalu.

Rotasi HE-2 milik MISC Bhd sebagai berikut : Shanghai – Xiamen – Singapura - Port Kelang - Nhava Sheva - Mundra. HE-2 dioperasikan September 2009 dan MISC menegaskan saat itu ingin menjadi pemain Intra-Asia dan melepas servis Eropa,

Kabarnya, HE-2 kurang menguntungkan dan MISC berniat melepaskan kapal sewanya ke pihak lain, Sementara itu HE-1 tetap beroperasi dan mengkaryakan 6 unit kapal, mulai dari ukuran 3.800 hingga 4.500 TEUs.

Ya begitulah biz, Kalo masih profit, tarik teruuuuuuus. Kalo ngga menguntungkan, ya ditutup saja.

Sumber : Dari Sana-sini.