Minggu, 31 Oktober 2010

JT 311010 : NYK Auto Logistics (India) Garap Biz Mobil

Sehubungan dengan meningkatnya aktifitas pengiriman kendaraan dari anak benua ke luar negeri maupun untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, raksasa pelayaran Jepang, Nippon Yusen Kaisha (NYK) Line mentransfer semua kegiatan layanan ekspor mobil ke afiliasinya, NYK Auto Logistics (India) Ltd atau NALI.

Sebelum dialihkan ke NALI, semua aktifitas ekspor impor tetap ditangani oleh NYK Line (India) Ltd atau NYKLI. Nantinya, NALI akan meng-handle juga layanan angkutan daratan, termasuk PDI (pre-delivery inspection), VDC (vehicle distribution centre) de-el-el.

Tak cuma itu, NALI pun akan mendistrubusikan produk hingga semua penjuru India via CONYK CARTRACT Pvt Ltd – sebuah usaha patungan hasil kerja bareng NYK dengan perusahaan kereta swasta, Container Corp. of India Ltd (Concor).

Data berbicara, bila tahun 2004 lalu pasar penjualan otomotif di India 1,3 juta namun di tahun 2011 mendatang bisa melewati angka 3 juta dan di tahun 2016 bahkan melebihi angka 4 juta unit. Woow, siapa juga yang ngga ngiler ...

Bukan karena kebanyakan tidur, terus ngiler. Tapi angka besar yang demikian prospektif bisa menjadikan setiap institusi tergiur masuk untuk meng-handle kargo ini. Jadi, beruntunglah NALI dan semoga sukses deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

NB:
Mohon maaf, JT 301010 ngga terbit, ada urusan keluarga, paham dong ? Thanks.

Jumat, 29 Oktober 2010

JT 291010 : Aksi Mogok Lumpuhkan Sistem Transportasi Perancis

Aksi solidaritas yang ditunjukkan kamu pekerja di Perancis memang maut. Setidaknya, hingga saat ini mereka berhasil melumpuhkan sistem angkutan transportasi nasional dengan menyisakan antara 10 hingga 20% doang. Aksi reformasi atas isu pensiun yang dicanangkan oleh Presiden Sarkozy kini malah telah menyebar kemana-mana sehingga semakin menyulitkan pihak pemerintah.
Pimpinan aksi demo bahkan mengancam lebih keras, bila ruang negosiasi ngga diperkenankan. Sejumlah sektor terhambat oleh aksi mogok kerja yang melibatkan hampir semua pekerja di sektor transportasi, semisal pekerja pompa bensin (SPBU), kereta api, bandar udara hingga sektor kepelabuhanan. Pokoknya, mogok total ! Lokasi penyulingan minyak menjadi target incaran pendemo dan seolah terjadi persaingan untuk melabrak dan mempertahankan pabrik penyulingan karena saking strategisnya.


Polisi berhasil membebaskan bokade di depo minyak Saint-Pierre-des Corps. Disisi lain, pihak pendemo malah berhasil mengambil-alih depo minyak di Fos-sur-Mer dan merupakan salah satu yang terbesar di selatan Perancis. Sejumlah SPBU kekeringan dan ngga mendapat pasok yang cukup. Akibatnya BBM jadi barang langka.


Pemerintah mengaku menderita kerugian besar akibat aksi mogok kerja kali ini dan bakal membebani pemerintah dengan nilai euro 3 milyar dan bisa berpengaruh atas sistem perekonomian nasional yang baru pulih dari krisis global.

Selanjutnya ? Tetap pantau perkembangan lebih lanjut. Perancis krodit Bro' dan berisiko ambil muatan kesana saat ini. Waspada dan waspada saja.


Sumber : EFT.

Kamis, 28 Oktober 2010

JT 281010 : Thai Airways Bangun Armada Kargo Udara

Maskapai penerbangan asal negeri Gajah Putih, Thai Airways, dikabarkan
tengah menggarap langkah strategis ekspansif dalam beberapa dekade mendatang. Apa aja sih ?

Dari info yang berhasil dihimpun, setidaknya, Thai berencana membeli sejumlah pesawat terbang untuk angkutan kargo udara dengan berbagai tipe dan merek. Itulah yang disampaikan bozz kargo udara, Pichai Chunganuwad, kepada media setempat Bangkok Post.

Untuk keperluan ekspansinya, Thai bersiap membeli 8 (delapan) unit pesawat terbang, termasuk Boeing B747F dan sejumlah pesawat berukuran sedang (regional freighter). Hingga saat ini, untuk rute jarak jauh, Thai menyewa slot maskapai murah-meriah Southern Air.

Di rute regional, Thai berniat membeli medium-hail freighter dengan daya muat 40-50 ton, semisal pesawat Airbus A300-600 atau Boeing 767. Target yang dibidik pastinya pasar seperti RRCina dan India dengan hub-port Bangkok.

Keberanian Thai berinvestasi karena meningkatnya volume kargo udara dari waktu ke waktu. Saat ini berkisar di angka 60.000 ton per bulan dan kedepannya diharapkan mencapai 65.000 hingga 70.000 ton di kuartal 4 - tahun 2010 ini.

Terbuktikah perkiraan manajemen Thai Airways mengantisipasi perkembangan yang terjadi sekarang ini? Sekali lagi, hanya waktu yang bisa membuktikannya. Mau dilihat 1 tahun, 2 tahun ataau berapa tahun saja, tergantung sudut pandang posiitif kita semua.

Sumber : Dari Sana-sini.

Rabu, 27 Oktober 2010

JT 271010 : Kuartal 3, SSL Untung USD 6 Juta

Horeee, begitulah pekik kegembiraan (sementara) warga Samudera Shipping Line (SSL) - afiliasi Samudera Indonesia Group (SIG) - spesialis Intra-Asia saat ini. Pelayaran yang bermarkas di Singapura tersebut, berhasil membukukan net profit USD 6,3 juta di kuartal 3 - 2010.

Tahun lalu, di periode yang sama, merugi (net loss) USD 4 juta. Angka ini dipercaya masih cukup bagus semenjak 2008 lalu. Revenue kuartal 3 (Jul-Sep) naik 14% ke USD 97,2 juta sedangkan catatan 9 bulan pertama 2010 meningkat jadi USD 5,5 juta, dari rugi (loss) USD 4,9 juta.

Posisi ini belum betul-betul aman karena masih ada masa kritis, yakni kuartal 4 yang bisa saja memporak-porandakan profit yang telah dikantongi. Perjalanan volume di bulan Oktober serasa seret sehingga bisa-bisa saja terus menggerus keuntungan pelayaran manapun.

Waspada dan tetap waspada.

Sumber : HKSG.

Selasa, 26 Oktober 2010

JT 261010 : NYK Tingkatkan Frekuensi DRX

Apaan sih DRX ? Duisburg Rail Express, yakni layanan kereta api yang menghubungkan Rotterdam dan Duisburg. Kini, NYK mengoperasikan 6 (enam) kali selama seminggu, setara dengan setiap hari ada servis - demikian laporan media Transport Intelligence (TI) dari Inggeris.

Kereta api khusus angkutan barang ini disebut dengan block train, dimana setiap rangkaian ditentukan jumlah lokomotif yang menarik serta jumlah kereta api khusus kontainer di belakangnya. Dari Duisburg Trimodal Terminal (D3T), NYK mengakomodir kebutuhan kantong-kantong industri di Jerman (Rhein/Ruhr) ke Rotterdam.

Dengan kapasitas 125.000 kontainer selama kurun 2,5 tahun membuat NYK optimis bisa mengembangkan inland terminal di Duisburg sebagai hub-port bagi wilayah pedalaman Jerman dan sekitarnya - demikian disampaikan oleh Managing Director NYK Line (Deutschland) Klaus-Peter Barth.

Congrats.

Sumber : HKSG.

Senin, 25 Oktober 2010

JT 251010 : CNC Umumkan Servis Intra-Asia

Kalo cerdik, yang namanya buka servis anyar ngga perlu modal gede alias nyiapin kapal segala. Cukup beli slot dan siap tempur deh. Ini kiat jeli yang dilakukan oleh afiliasi CMA CGM yang bermarkas di Taiwan.

Cheng Lie Navigation Co. (CNC) membeli slot dari MCC Transports (afiliasi Maersk Line yang punya spesialisasi di Intra-Asia) di IA-6, malah sebelumnya CNC juga sempat memanfaatkan IA-5 di jaringan servisnya.

IA-6 memiliki rute sbb: Osaka – Kobe – Hakata – Pusan – Keelung - Hong Kong – Haiphong - Tanjung Pelepas – Singapura – Danang – Haiphong - Hong Kong – Shenzhen/Yantian - Xiamen - Osaka.

Loop IA-5 memiliki rotasi sbb: Shanghai – Osaka – Tokyo – Yokohama – Nagoya – Kaohsiung - Hong Kong – Shenzhen/Yantian - Ho Chi Minh City – Sihanoukville - Laem
Chabang - Ho Chi Minh City - Hong Kong – Kaohsiung - Shanghai.

Kalo ngebaca rutenya, pfffuih mantap surantap dan top banget tuh. Lengkap ! MCC gitu 'loh Bro' ehh ... CNC, maksudnya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Minggu, 24 Oktober 2010

JT 241010 : Evergreen - Intra-Asia Andalan Terbaik Pelayaran

Kawasan Intra-Asia diyakini bakal menjadi andalan perusahaan pelayaran kontainer dunia di masa datang, bahkan mengalahkan rute terfavorit saat ini,Asia – Eropa (AE) dan Trans Pasifik (TP).
Hal tersebut diungkapkan oleh Chairman Evergreen Group, Bronson Hsieh, dalam sebuah konperensi industri di Shenzhen. Perkembangan pasa domestik di RRCina berhasil mengurangi dampak resesi dunia,
Pernyataannya dikutip media yang bermarkas di London, Containerisation International (CI), “the Intra-Asia market maintained a high degree of stability throughout the global financial storm”.
Secara statistik saja, periode Jan-Jun 2010 (semester 1) volume kargo Intra-Asia meningkat 16,9% dibanding tahun sebelumnya dan angka ini melebihi kawasan dagang manapun didunia.
Jadi, beralasan khan kalo memang harus ngotot bahwa Intra-Asia bakal jadi ladang duit pelayaran dunia he 3x ...
Sumber : Dari Sana-sini.

Sabtu, 23 Oktober 2010

JT 231010 : CSAV Merangsek Ke Posisi 7 Dunia

Ditengah-tengah kesulitan, biasanya ada yang muncul ‘jagoan baru’ – entah itu disengaja karena strategi biz yang jitu, faktor kebetulan atau sebab alasan lain.

Di industri maritim, banyak pemain global di tahun 2010 ini ‘tertolong nasibnya karena faktor pertumbuhan Asia yang diperkirakan mencapai 8% dan merupakan yang tertinggi dibanding bagian belahan dunia manapun.

Salah satu mutiara yang muncul ditengah krisis panjang saat ini, mencuat nama pelayaran asal Cile yang sebelumnya sempat dibuat sekarat karena krisis keuangan yang melanda dunia. Cile memiliki 2 pelayaran besar dunia, CSAV dan CCNI.

Dalam catatan Alphaliner, CSAV berhasil menggandakan armada operasionalnya dari 280.000 TEUs menjadi 560,000 TEUs hanya dalam kurun waktu 12 bulan saja ! Disaat pelayaran lain prihatin, do'i malah ekspansif.

Kontan saja, bila dibandingkan dengan peringkat yang diraih tahun lalu (2009), posisi CSAV kini merangsek ke urutan 7 dunia, setelah sebelumnya bercokol di urutan 16 dunia namun berkat agresifitas yang diembannya, kini masuk daftar Top 10.

Prestasi mengagumkan dan brilyan. Simak prestasinya. Pendapatan Semester 1 tahun 2009 merugi USD 403 juta namun berbalik meraih nett profit USD 30 juta selama 6 bulan pertama 2010 (Januari - Juni).

Hebatnya lagi, di saat posisi ocean freight melemah bulan September lalu, CSAV justru mencatat kenaikan rata-rata freight rate 2 persenan dan volume yang ditangani 276.800 TEUs atau naik 3,8% dibanding Agustus 2010.
Menurut Alphaliner lagi, kesuksesan CSAV hal ini didorong karena perubahan fokus pelayaran tersebut yang menggabungkan pola operasi dengan kondisi pasar yang tengah berkembang.
Dua wilayah yang diindikasi punya kontribusi besar terhadap keberhasilan CSAV adalah area dagang Far East – Latin America dan Asia – Amrik (Far East – U.S trade).
Nah, ini tips mantap dari CSAV. Bangkit dari keterpurukan dan meraih mimpi menjadi salah satu Operator besar dijagad dunia pelayaran. Congrats.
Semoga bisa bertahan dan maju terus pantang mundur. Rujukan tambahan pelayaran-pelayaran dunia, simak JT 270910 dan JT 230910 bertitel :Top 50 Operator Pelayaran Dunia (bagian 1 dan 2). Silahkan dibaca.
Sumber : Alphaliner/HKSG.

Jumat, 22 Oktober 2010

JT 221010 : MK Airlines Dilikuidasi

Di republik ini, satu maskapai penerbangan sudah mengibarkan bendera putih tanda menyerah. Dia adalah Riau Airlines. Namun jangan dikira orang-orang di republik ini ngga ada nyalinya. Ngga lama kemudian muncul Surya Air yang dimodali oleh Gudang Garam (GGRM).

Persaingan bakal seru ? Mungkin saja. Apalagi produsen rokok tersebut cukup kuat disisi keuangan, sebagian orang sudah nyolot, jangan-jangan kegiatan merokok di udara tambah gencar lagi nih ? Tergantung yang punya hajatlah, khan masing-masing ada segmennya sendiri.

Berpindah ke negeri nun jauh disana. Adalah MK Airlines - sebuah maskapai berbendera Inggeris yang dikabarkan segera dilikuidasi. Setelah memasuki masa kritis di bulan Juni 2008 lalu dan dipaksa menandatangani Company Voluntary Arrangement (CVA) bulan Februari 2010, akhirnya MK dilikuidasi.

Tragis ? Begitulah nasib sebuah maskapai penerbangan yang beroperasi di Inggeris Raya dan Belgia.
Penerbangan MK terakhir dihentikan sejak April 2010 lalu. Armada pesawat yang dimilikinya meliputi 8 unit Boeing 747 dan 3 unit Boeing 727. Kini, pupus sudah harapan ... Goodbye.

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 21 Oktober 2010

JT 211010 : Aksi Mogok Kerja Landa Perancis

Aksi mogok kerja yang digalang sejumlah serikat pekerja (SP) Perancis rupanya berdampak besar karena tak berkesudahan. Aksi ini jelas-jelas melumpuhkan sektor transportasi negeri menara Eiffel.

Selain pelabuhan Le Havre sebagau pelabuhan kontainer terbesar dan pelabuhan Marseilles – pelabuhan terbesar dalam sisi kapasitas tonase – kini diikuti aksi demo mogok kerja ini diikuti buruh dari perusahaan trucking dan kereta api.

Yang cukup parah terjadi di Fos – terminal minyak Lavera dimana ada 47 kapal mengantri tanpa kejelasan kapan kapal bisa bongkar. Setidaknya 47 kapal yang terdiri dari 29 tanker minyak mentah dan 18 kapal produk minyak.

Para pekerja kereta api SNCF menyetop 95% operasi rutin dan angkutan udara pun menghadapi krisis serius karena suplai bahan bakar gas terhenti. Ada 12 pabrik penyulingan yang menola melayani keperluan bandara besar di Paris, yakni Charles de Gaulle dan Orly.

Dampak aksi mogok ini bisa mempengaruhi pemilihan pelabuhan oleh Operator besar, dengan alternatif : Antwerp, Zeebrugge dan Rotterdam – demikian laporan media Journal of Commerce (JoC). Perancis meng-handle 30% kargo domestik dan sisanya masuk dari Spanyol dan sekitarnya.

Sekali lagi, berhati-hati karena peta situasi angkutan di Perancis sedang dilanda aksi mogok kerja terkait reformasi pensiun dari usia 60 tahun menjadi 62 tahun dan bagi kaum muda, kabarnya ini membuat pengangguran tambah tinggi.

Simak terus perkembangan yang terjadi dan sekali lagi, waspada. Rujukan sebelumnya baca JT 151010 dan JT 081010 terkait aksi mogok kerja ini. Pffffuih. Paris sedang dirundung kelam.

Sumber : Dari Sana-sini.

Rabu, 20 Oktober 2010

JT 201010 : CMA CGM Lepas Saham Ke Perusahaan Turki

Semua galangan Asia kini memelototi perangai pelayaran asal Perancis, CMA CGM, yang kabarnya tengah didekati perusahaan keluarga asal Turki, Yildrim. Malah perusahaan pelayaran ke-3 terbesar didunia ini siap melepas 20% sahamnya. Benarkah ?


Bila isu diatas benar, maka bisa dipastikan pelayaran besutan Jacques Sa’ade ini bakal menerima duit segar USD 500 juta. Kenapa banyak pihak galangan peduli dengan perkembangan ini ? Karena CMA CGM tengah mengantungi order konstruksi 30 kapal gede (ka-ge).

Yang jadi permasalahan utama, setelah terbelit krisis global dan likuiditas keuangannya terganggu, CMA CGM harus mengikuti program restrukturisasi ketat, termasuk melengserkan Sa’ade menjadi Komisaris serta mengurangi peran keluarganya.

Rencananya, prosesi penandatanganan perjanjian ini akan dilaksanakan minggu-minggu ini dan CMA CGM akan menerima dananya sekitar akhir November 2010. Sebelum Yildrim, tersebutlah nama-nama Colony Capital (Amrik), Alfred Frere (Belgia) dan Qatar Holding.

Bila lancar semua, pihak lembaga pengelola keuangan Perancis, FSI bakal menggandeng Yildrim untuk mengembangkan biz CMA CGM kedepannya – demikian tulis media setempat Les Echoes memaparkan.

Busyeeeet, komposisi kepemilikan CMA CGM bisa berubah drastis akibat hantaman krisis. Yang lain, bagaimana juga ya nasibnya ? Moga-moga bisa membalik drama kegagalan menjadi sebuah keberhasilan gemilang. Atau cukup bertahan ?

Ikuti perkembangannya secara seksama. Ini penting buat pergaulan. Ibaratnya, jadi 'bahasa gaul' orang pelayaran dan forwarding yang butuh info rujukan yang bisa diandalkan. Semoga bermanfaat.

Sumber : STA.

Selasa, 19 Oktober 2010

JT 191010 : HMM, Dari Long Beach Ke Los Angeles

Operator terminal yang mengurusi keperluan pelayaran Korea Selatan, California United Terminals (CUT) kabarnya bakal merelokasi diri, dari pelabuhan Long Beach (LGB) ke Los Angeles (LAX). Nantinya, servis Hyundai Merchant Marine (HMM) bergeser ke fasilitas APM Terminals di Piers 405/406.


CUT bakal menikmati fasilitas dermaga Pier 400 yang selama ini digunakan Maersk Line serta kenyamanan dermaga sepanjang 1.250 kaki, fasilitas peralatan dan lapangan kontainer yang luas serta gerbang jaringan rel
kereta api dan lain-lain. Namanya pindah, pasti ada kelebihannya dong.

Mulai November hingga Desember 2010, HMM secara bertahap akan memindahkan servisnya Pacific Southwest dan Pacific China Express dari LGB ke LAX di Pier 400. Salah satu alasan kepindahanan, konon sebagai dampak aktifitas konstruksi di LGB. Perluasan kah ? Itu yang kita masih cari tahu.

Namun demikian, kerjasama kemitraan antara HMM, APM Terminals dan Port of Los Angeles bakal menunjukkan babak baru dan komitmen semua pihak untuk menjadikan LAX sebagai gerbang servis mereka yang baru, untuk sekarang dan masa datang - demikian ungkap VP Marketing HMM Lamont Peterson.

Congrats Bro', sukses ya.

Sumber : HKSG.

Senin, 18 Oktober 2010

JT 181010 : SCI Incar Galangan, MISC Minati Reefer Box

Pelayaran pelat merah India yang mulai menekuni industri terpadu, Shipping Corporation of India (SCI), kabarnya telah mendapat penawaran dari sejumlah galangan kapal (shipyard), terkait keinginan pihak SCI untuk bisa memiliki saham minoritas.


Minggu lalu, pihak SCI menunjukkan ketertarikannya via expression of interest (EoIs) dan setidaknya 4 (empat) shipyard langsung merespon. Mereka adalah : Pipavav Shipyard, Bharati Shipyard, ABG Shipyard dan Goodearth Shipbuilders.

Chairman & Managing Director SCI, S. Hajara membenarkan hal tersebut diatas. SCI berencana mengintegrasikan biz pelayaran dengan memiliki industri galangan kapal. Ini sebuah manuver atau inovasi agar lebih kompetitif ? Cuma mereka yang tahu.

Sementara SCI berkutat melirik shipyard, pelayaran negeri Jiran, MISC Berhad menaruh minat membangun 2.000 unit kontainer berpendingin (reefer boxes) untuk mendukung kampanye produk halalnya di kawasan Asia.

Bulan November mendatang, MISC berharap sudah bisa mendapatkan unit baru ini untuk kontainer berukuran 40' hi-cube karena permintaan pasar saat ini banyak ke kontainer panjang. MISC sangat membutuhkannya.

Apapun bisnisnya, kalau ditekuni, pastinya bisa berhasil. Good luck !

Sumber : STA.
 

Minggu, 17 Oktober 2010

JT 171010 : Kapal NYK Disekap Perompak Somalia

Setelah berusaha beberapa minggu dengan hasil nihil, akhirnya para perompak Somalia kembali beraksi dan berhasil menyekap kapal Izumi milik NYK-Hinode Line Ltd. Para pejabat maritim di Tokyo membenarkan hal tersebut karena afiliasi usaha biz ini berasal dari NYK Line, Jepang.


Kapal yang membawa kru 20 orang berkebangsaan Filipina tersebut, dalam kondisi baik-baik saja. Kapal berbobot 14.000 ton dan berbendera Panama ini sedang dalam perjalanan ke Mombasa (Kenya) membawa muatan baja - demikian pernyataan dari Operator.

Kementerian Perhubungan Jepang kehilangan kontak sejak hari Minggu lalu, sementara Ecoterra sebuah lembaga advokasi yang memonitor aktifitas perompak Somalia, menyebutkan kapal tersebut disekap di perairan Somalia.

Kini yang bisa diupayakan, seperti drama perompakan lainnya, menunggu negosiasi antara perompak dengan operator kapal. Mo bayar upeti ato pilih berlama-lama disandera dan kadang-kadang anak buah kapal dibunuh perompak ?

Just wait and see. Ini kasus pelik dan pasukan multi-bangsa pun ngga bisa berbuat banyak. Pfffuihhh ...

Sumber : STA.

Sabtu, 16 Oktober 2010

JT 161010 : APL & NYK Dapat Penghargaan

Lagi, sebuah penghargaan diberikan oleh retailer global Toys "R" Us kepada APL sebagai Ocean Carrier of the Year. Hal tersebut diperoleh afiliasi NOL Group sesuai kriteria yang disiun, yakni kedatangan tepat waktu, ketersediaan kontainer serta akurasi dokumen pengapalan.

Dengan skor 95,58 APL berhasil memboyong penghargaan tersebut dan prestasi ini merupakan yang kedua kalinya. "We're gratified to be recognised by one of the world's best-known brands," papar George Goldman, vice president & managing director APL area Hong Kong dan RRCina selatan.

Toys "R" Us memiliki outlet sebanyak 1.560 tempat dan tersebar di berbagai belahan dunia, dengan vendor yang amat selektif. Dengan penghargaan ini, APL boleh dikata aman dong membawa muatan ke seluruh toko Toys "R" Us di Amrik ?

Sementara itu untuk penghargaan bidang pengembangan SDM, NYK Line berhasil membuktikan salah satu yang patut diperhitungkan. Pelayaran Jepang ini berhasil meraih Training Award dari Lloyd's List 2010 Global Award, yang diadakan di London belum lama ini.

Program pelatihan ini didisain oleh NYK-TDG Maritime Academy (NTMA) yang didirikan di Filipina, dimana mereka mempunyai fungsi merekrut dan memberikan pelatihan kepada semua awak kapal tentang pentingnya menjaga keamanan dan keselamatan diatas kapal.

Mantap deh, pokoknya selamat bagi para penerima anugerah yang terbaik dibidangnya, semoga bisa memberikan inspirasi buat kita-kita yang membacanya. Amien.

Sumber : Dari Sana-sini.

Jumat, 15 Oktober 2010

JT 151010 : Perancis Kembali Diguncang Aksi Mogok

Hantaman bertubi-tubi di sektor angkutan belakangan ini cukup merepotkan otoritas berwenang di Perancis. Setelah sebelumnya dihantam ancaman buruh-buruh pelabuhan yang menolak swastanisasi dan pensiun dini, sekarang giliran burh kereta api yang berteriak lantang. Isunya serupa koq.

Kabar terakhir menyebutkan, gelombang aksi mogok yang dilaksanakan buruh kereta api milik pemerintah Societe Nationale Chemin de fer France (SNCF) bisa membuat runyam sektor transportasi Perancis - demikian kabar media ITF di London.

Aksi mogok kerja ini digalang oleh serikat pekerja (SP) sehingga membuat lumpuh aktifitas angkutan disana. Dampak aksi ini bisa mengkristal menjadi gelombang aksi besar bila bersatu dengan kepentingan buruh pelabuhan. Sejauh ini masih bergerak sendiri-sendiri.

Saat ini ditengarai ada pembicaraan antara buruh di masing-masing biz unit, seperti : CGT Ports (port), FNPD (dock federation), UNIM (stevedoring) dan UPF (port association). Bagaimana hasilnya, seperti biasa, kita akan memonitor perkembangan setiap saat.

Tetap semangat dan waspada.

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 14 Oktober 2010

JT 141010 : Triton Container Siap Dijual !

Ini bisa disebut gosip atau rumor, sah-sah saja. Toh kantor pusat belum mengeluarkan pernyatan resmi, jadi 'take it easy' aja. Intinya perusahaan persewaan kontainer (leasing container company) Triton Container International Ltd kabarnya siap dijual seharga USD 1 milyar.


Sumber-sumber ngga resmi menyebutkan, perusahaan yang dimiliki Pritzkerts (salah satu orang terkaya di Amrik), bakal dilepas karena berkaitan dengan urusan keluarga. Adakah rebutan saham atau ada konflik tertentu, masih terlalu dini menyimpulkan - demikian laporan media Chicago Tribune.

Triton, mulai beroperasi tahun 1980, diminati oleh 2 (dua) perusahaan Asia namun ngga disebutkan nanamya sedangkan satu perusahaan Amrik yang berminat dengan aset Triton, diidentifikasi sebagai Bank of America Corp. Ini adalah kali kedua Triton dikabarkan bakal dijual.

Sebelumnya, ditahun 2006 Triton pernah ditawarkan melalui Goldman Sachs dengan nilai USD 2,5 milyar. Kemahalan ? Mungkin waktu itu ngambil untungnya kebanyakan tuh he 3x. Mana yang lebih baik dan siapa yang berhasil meminang Triton, kita tunggu ya.

Sumber : HKSG.

Rabu, 13 Oktober 2010

JT 1310101 : Hamburg-Sud Gunakan Low-Sulphur

Beginilah dunia biz. Saat satu pelayaran menggunakan kampanye penghematan bahan bakar atau ,erujuk isu ramah lingkungan, maka beramai-ramai pelayaran lain ikut-ikutan. Mo jadi inovator atau pilih jadi pengikut supaya aman ? Terserah deh.
Setelah Maersk dan APL memanfaatkan bahan bakar low-sulphur saat sandar di pelabuhan Hong Kong (khususnya wilayah Asia), kini Hamburg-Sud (H-S) kembali melakukan hal serupa. Bekerja sama dengan institusi Amrik yang tengah menjaring data pengurangan polusi, Environmental Protection Agency (EPA), H-S diajak berkolaborasi.

Salah satu kapalnya, Cap San Lorenzo (50.200 dwt) yang beroperasi di kawasan Karibia mulai dicekoki low sulphur marine gas oil (LSMGO) dengan kadar sulphur 0,1%. EPA memperkirakan reduksi emisi sulphur dioxide bisa berkurang hingga 95% - demikian dikatakan oleh Gina McCarthy.

Ikut-ikutankah H-S ? Ehh ... ternyata ngga 'loh. Sebelumnya di bulan April 2010, H-S sudah melakukan uji-coba dikapal yang sama di Vera Cruz, Altamira dan Houston, Teluk Meksiko. Rencananya, penerapan low-sulphur justru akan diterapkan di Brazil dan Meksiko dalam waktu dekat.

Pasalnya, sejak awal 2010 Uni Eropa (UE) telah menetapkan standar isi low-sulphur di batas 0,1% dan di tahun 2012 kelak, hanya kapal-kapal yang memenuhi standar diatas yang dapat masuk ke pelabuhan Eropa dan Amrik. Sekarang masa sosialisasi dan transisi. Hmmmm gitu tha.

Memang harus begitu. Pelayaran dah kelamaan terlena berpikir komersil tanpa memikirkan proteksi terhadap lingkungan. Baru setelah isu pemanasan global mendunia, semua pelayarn pun mulai deh 'mengambil hati' dengan berbagai program ramah lingkungan.

Lebih baik terlambat daripada tidak. Positive-thinking saja. Monggo.

Sumber : Dari Sana-sini.

Selasa, 12 Oktober 2010

JT 121010 : Awas, Chittagong Masih Krodit !

Rasa-rasanya, Chittagong belum pulih dari kekisruhan yang melanda pelabuhan tersebut. Kapal tunggu bisa 10-15 hari dimana buruh pelabuhan, manajemen pelabuhan maupun otoritas yang bertanggung jawab saling melempar tanggug jawab.
Adapun dermaga swasta yang ditunjuk oleh pemerintah Bangladesh pun ngga berani bekerja karena ancaman pihak buruh sangat kuat dan bahkan sempat diserang - demikian dilaporkan media cetak berpengaruh Dhaka Star.

Akibat serangan tersebut, operator dermaga swasta Everest Enterprise mengadukan komplein berat ke pihak berwajib Bandar Police Station. Ketua asosiasi dermaga swasta prihatin dengan kejadian tersebut dan meminta polisi melindungi kepentingan mereka.

Editorial Bangladesh Financial Express menyebutkan, pejabat sementara impoten karena ngga bisa mengatasi masalah kritis ini sedangkan isu korupsi disebut-sebut juga berkontribusi besar atas timbulnya kekisruhan nasional di Bangladesh.

Karena pentingnya peran Chittagong Port sebagai urat nadi perekonomian Bangladesh, seyogyanya pemerintah serius mengambil langkah-langkah strategis karena kegagalan menangani isu ekonomi bisa berpotensi menjadi isu politis.

Yang sudah santer dibicarakan kalangan pengamat adalah mundurnya para petinggi dan pemangku jabatan strategis di lingkungan CPA dan juga instansi terkait, semacam administratur pelabuhan hingga ke Menteri Perhubungan atau jabatan setingkat menteri.

Ya gitu deh. Mirip isu di negeri ini. Esa hilang dua terbilang. Kasus lama bakal masuk kakus, digilas oleh kasus baru, begitulah seterusnya. Mirip lingkaran setan, lengkap dengan setannya yang tengah asyik bermanuver. Mereka menentukan, siapa korban berikutnya he 3x.

Chittagong, cepat pulih ya.

Sumber : HKSG.

Senin, 11 Oktober 2010

JT 111010 : Asia & Amerika Latin Dekati '3 Besar' Eropa

Ngga disangkal lagi dan fakta menyajikan hal tak terbantahkan. Dominasi 3 (tiga) perusahaan pelayaran besar dunia berasal dari daratan Eropa. Sebut saja: Maersk Line, MSC dan CMA CGM. Akankah ini bertahan lama ? Alphaliner mencatat akan banyak perubahan di masa datang.
Dari daftar Top 50 Operator yang diterbitkan media riset tersebut (juga pernah dimuat disini, baca JT 230910 dan JT 270910) ternyata 9 dari 10 pelayaran yang bergerak aktif di pasar, berasal dari Asia dan Amerika Latin. Meski kelihatan masih kecil tetapi sesungguhnya mereka siap menggebrak dunia.

Menurut data yang dirilis Organisasi Perdagangan Dunia (WTO, World Trade Organization), pertumbuhan negara-negara industri ngga akan melewati angka 11,5% namun untuk negara berkembang, mereka akan tumbuh 16,5% - pertumbuhan global diprediksi 15% di tahun 2010.

Dari data diatas, ngga berarti 3 besar diatas akan terlibas dalam waktu sekejap, namun operator asal Asia dan Amerika Latin semakin menunjukkan jati diri, sehingga kedigdayaan lautan yang selama ini didominasi Eropa akan mencair dan bermetamorfosa dalam beberapa tahun mendatang.

Sepuluh pelayaran yang cukup agresif dalam pengembangan skala armada kapalnya - waktu pembanding antara September 2008 dan September 2010 (dibaca 2 tahun kemudian), sebagai berikut :
1) STX Pan Ocean (kapasitas terkini 37.977 TEUs atau naik 116%)
2) CSAV (539.313 TEUs, naik 92%)
3) TS Lines (77.029 TEUs, naik 87%)
4) Sinotrans (29.409 TEUs, naik 70%)

5) S.C India (27.503 TEUs, naik 57%)
6) UASC (212.116 TEUs, naik 55%)
7) PIL (250.582 TEUs, naik 36%)
8) APL (607.524 TEUs, naik 31%)
9) Turkon Line (18.325 TEUs, naik 30%)
10) UniFeeder (35.667 TEUs, naik 30%).
Nah, sekarang lebih jelas dong dengan angka-angka yang berbaris rapih diatas he 3x. Tariiiik Maaaaang.
Sumber : Alphaliner, CSM (diolah lagi jadi informasi gado-gado).

Minggu, 10 Oktober 2010

JT 101010 : Geologistics, Schenker, BAX Bayar Denda

Hari ini, semua orang bergegas mengambil kesempatan mengambil keberuntungan dari hikmah angka keramat: 10.10.10 yang artinya 10 Oktober 2010. Mudah diingat dan ya hitung-hitung cari polularitas. Semua hari diciptakan baik oleh Allah SWT.

Malah, hal kontras ditunjukkan editor jurnal tr@msport (JT) karena kali ini karena mengangkat isu denda besar yang ditimpakan pemerintah Amrik ke sejumlah international freight forwarding (IFF) global, yang didakwa melakukan hal yang berlawanan dengan hukum Amrik.

Akibatnya, selain harus berurusan dengan pihak berwajib, sejumlah IFF yang kedapatan melakukan aksi ‘nyleneh’ pun diharuskan membayar denda yang lumayan aduhai gedenya. Dari 3 besar saja, dikabarkan bakal ada pemasukan USD 24 juta !

Hari gini, bayar USD 24 juta ? Ngga kebayang deh. Berdasarkan keputusan U.S District Court, 3 (tiga) IFF besar yang dikenai sanksi berkaitan dengan pelanggaran Sherman Act, yakni: Geologistics, Schenker dan BAX Global.

Rinciannya sebagai berikut:
-       Geologistics  – USD 687.960
-       Schenker       – USD 3.535.514
-       BAX Global   – USD 19.745.927

Tuduhan yang dijatuhkan kepada ketiganya, melakukan konspirasi menarik sejumlah biaya tertentu kepada Customer, khususnya air-freight ke Amrik selama periode antara tahun 2002 hingga 2007. Ehh ... ketahuan juga ya.

Geologistics International Management (Bermuda), Schenker AG yang bermarkas di Essen, Jerman serta BAX Global yang bermarkas di Toledo, Ohio, Amrik kabarnya setuju untuk membayar denda diatas.

Ngaku bersalah nih ? Apapun itu jujur dan mau mengakuinya, tindakan elegan dan patut mendapat acungan jempol atas keberaniannya menyadari kekeliruan diatas. Bravo dan tetap berkarya. Didunia ini ngga ada yang sempurna koq.

Jadi, 10.10.10 ngga selalu identik dengan keberuntungan khan he 3x.

Sumber : EFT.  

Sabtu, 09 Oktober 2010

JT 091010 : APL Sabet Terbaik, Widdows Raih Connie

Dasar hobi dan jadi kebiasaan ya gitu deh. Kerjaaannya main sabet piala dan penghargaan sehingga yang ada rasa bangga dan perusahaan sih mesam-mesem mendengarnya. Gimana ngga ? APL menjadi yang terbaik selama 3 tahun berturut sedangkan sang bozz meraih Connie Award.

Anak perusahaan Neptune Orient Lines (NOL) tersebut berhasil dinobatkan sebagai peraih Asian Container Shipping Line of The Year ketiga kalinya, sejak tahun 2008. Penyelenggaranya adalah Lloyd's List, sebuah media cetak yang peduli dan apdet dengan info seputar dunia maritim.

Selain mendapat pengakuan sebagai pelayaran terbaik, APL menempatkan CEO Ron Widdows sebagai peraih Connie Award dari Containerization and Intermodal Institute, sebuah asosiasi yang mempromosikan industri maritim serta mendorong generasi muda (termasuk para pelajar) peduli terhadap perdagangan dan transportasi.

Connie Award dipersembahkan untuk eksekutif yang aktif di industri maritim serta memiliki pengaruh luas sehingga layak mendapat anugerah dimaksud. Selain Widdows, ada juga nama Malcom McLean (bapak kontainer moderen) dan Bruce Seaton (mantan petinggi APL).

Bagi Widdows, ini merupakan penghargaan ke-2 dalam kurun 2 tahun setelah tahun lalu veteran pelayaran 40 tahun silam ini,  dianugerahi Admiral of the Ocean Sea di ajang AOTOS, New York, Amrik. Siapa yang ngga bangga hayooo, dengan sederet pengakuan diatas ?

Congrats 'lah. Anda layak mendapatkannya. Hobi yang positif khan ?

Sumber : Dari Sana-sini.

Jumat, 08 Oktober 2010

JT 081010 : Pelabuhan Perancis Terancam Lumpuh

Dalam beberapa hari mendatang, pelabuhan utama Perancis terancam lumpuh apabila tidak ditangani dengan serius. Dari selebaran yang beredar, para buruh bakal menggelar demo gede-gedean tanggal 12/10 mendatang yang disebutnya mogok nasional (national strike).
Aksi dipicu niatan pemerintah yang akan melaksanakan swastanisasi area pelabuhan, terutama dalam penanganan kargo. Tindakan para buruh ini sudah diimplementasikan sejak awal Januari lalu saat mereka melakukan pengurangan jam kerja 1 jam atau 1 shift.


Malah, terhitung 01/10 akhir pekan (week-end) diliburkan dan itulah awal mulai mogok massal untuk dibesarkan tanggal 12/10 mendatang.

Para supir dan operator crane milik pemerintah pun mendukung demo ini dengan alasan penolakan dipensiunkan di usia 60-62 tahun - demikian laporan Containerization International.


Adakah pihak yang dirugikan ? Pasti ada. Asosiasi Shipper Perancis, l'Association des Utilisateurs de Transport de Fret (AUTF), jelas-jelas protes dan minta kondisi ini diakhiri karena merugikan semua pihak dan kelihatan banget ngga profesionalnya.


Saat ini masih diupayakan agar terjadi negosiasi namun kitaorang masing nunggu perkembangan leih lanjut. Jadi, kalo punya shipment ke Perancis, monggo tanya-tanya dulu si-kon sebelum atau sesudah tanggal tersebut.

Just wait and see.


Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 07 Oktober 2010

JT 071010 : Vinashin Selesaikan Hutang Natixis Bank

Walau digelayuti permasalahan besar, namun niatan pemerintah Vietnam untuk menutup hutangnya satu per satu patut diacungi jempol. Adapun yang mendapat kesempatan melegakan hati adalah pembayaran USD 3 juta dari total pinjaman USD 25 juta kepada pihak Natixis Bank, Perancis.
Pihak galangan kapal pelat merah yang konon merugi USD 4,5 milyar akibat mis-manajemen ini mencampakkan sejumlah eksekutifnya ke penjara untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatan semasa mereka berkuasa - demikian dikabarkan oleh kantor berita Reuters.


Pihak pemerintah sudah berhasil menjual 5 (lima) unit kapal seharga USD 75 juta untuk menggali dana segar serta berencana menjual 35 unit lainnya guna mengeruk dana USD 160 juta di akhir tahun - demikian penjelasan Nguyen Xuan Phuc dalam sebuah konferensi pers.


Pemerintah pun beritikad memperbaiki kinerja yang sempat porak poranda dengan mengucurkan dana USD 130 juta guna menyelesaikan order kapal yang kepalang ditangani Vinashin. Hitung-hitung jaga kondite. Lantas, akankah Vinashin bangkit kembali ?


Perlu waktu cukup lama untuk pemulihan. Namun sebuah sumber menyebutkan, periode 2011-2012 Vinashin memang akan merugi tetapi di 2013-2014 mereka optimis bisa kembali meraih kejayaan. Percaya ngga percaya tetapi bila sebuah komitmen sudah diyakini, bisa maujud.


Negeri ini perlu mencontoh langkah-langkah radikal yang dilakukan pemerintah Vietnam dalam menangani kerikil dalam perusahaan agar tidak terpuruk dan terus menerus digerogoti maling-maling berdasi dengan berbagai dalih.

Kita tunggu perkembangan lebih lanjut Vinashin ini.


Sumber : HKSG.

Rabu, 06 Oktober 2010

JT 061010 : CMA CGM Apresiasi Malta

Penghargaan pelayaran ke-3 terbesar didunia terhadap negeri mungil di kawasan Mediterania memang luar biasa. CMA CGM baru saja mendapatkan kapal teranyar dengan kapasitas 11.400 TEUs CMA CGM Pegasus yang didaftarkan di Valetta dengan bendera Malta.
CMA CGM Pegasus merupakan kapal terbesar berbendera Malta dan dipercaya sebagai salah satu negara dengan tingkat keselamatan tertinggi menurut kriteria “Paris Memorandum of Understanding on Port State Control”. Asal tahu aja, lokasi Malta terletak di lokasi strategis.


Pegasus dipasang di rute Asia - Eropa, servis French Asia Line (FAL1) dengan rotasi: Dalian - Xingang - Shanghai - Xiamen - Hong Kong - Shenzhen/Yantian - Port Kelang - Tangier - Southampton - Hamburg - Rotterdam - Zeebrugge - Le Havre - Malta - Khorfakkan.


CMA CGM memiliki terminal khusus, namanya Malta Freeport Terminals Ltd (MFTL), sebuah hub-port yang berlokasi di area Med barat serta dikelilingi kargo segala penjuru, mulai dari Asia, Timur Tengah, Aegea, Adriatik maupun Laut Hitam serta terdapat diantara bentangan Selat Gibraltar dan Terusan Suez.


CMA CGM Group memang punya program ambisius di kawasan Med, karenanya sejak Oktober 2004 bekerjasama dengan Maltese Authorities, akhirnya memenangkan tender pengelolaan selama 65 tahun untuk membangun dan mengembangkan Malta menjadi salah satu hub port terbesar.


Congrats.


Sumber : CMA CGM.

Selasa, 05 Oktober 2010

JT 051010 : Maersk Gandeng CMA CGM Di Cimex

Kombinasi pelayaran terbesar ke-satu dan ke-tiga di dunia ini membawa berkah buat APM Terminals karena nantinya servis yang diusung Maersk- CMA CGM ini bakal singgah di pelabuhan Pipavav, India.

Keseriusan CMA CGM ke Port Pipavav (180 mil sebelah utara Mumbai, India) jelas-jelas terlihat dengan masuknya kapal CMA CGM Mozart (3.600 TEUs) belum lama ini. Port Pipavav selama tahun 2009 mendapat pertumbuhan luar biasa, yakni sekitar 65% !

Enam unit kapal di CIMEX 2 melayani rute sebagai berikut: Kwangyang - Busan - Shanghai - Hong Kong - Shenzhen/Da Chan Bay - Tanjung Pelepas - Kolombo - Pipavav - Nhava Sheva - Port Qasim - Port Klang - Tanjung Pelepas - Singapura - Hong Kong - Kwangyang.

Hingga saat ini saja, APM Terminals Pipavav membukukan pertumbuhan hingga 50% - belum termasuk CIMEX 2 dimana CMA CGM akan memasukkan kapal-kapal cukup gede sehingga bisa meningkatkan volume setahun penuh dengan angka yang optimistis.

Congrats deh. Sekali lagi, Intra-Asia lahan yang ngga pernah mati khan ?

Sumber : Dari Sana-sini.