Selasa, 31 Agustus 2010

JT 310810 : Kisruh Vinashin Berlanjut

Dikirain setelah ada jaminan dari Hanoi (itu tuh, pusat pemerintahan Vietnam), kisruh di tubuh raksasa transportasi negeri semata wayang Vietnam akan segera berakhir. Ternyata malah makin ruwet. Koq bisa ?

Bulan lalu, pihak kepolisian berhasil menahan salah satu petinggi Vietnam Shipbuilding Industry Group (Vinashin), Pham Thanh Binh karena dituduh melakukan pelanggaran dan salah mengelola perusahaan pelat merah Vietnam.

Belakangan, Tran Quang Vu didaulat menjadi CEO Vinashin,  menjadi petinggi sementara Vinashin untuk mengembalikan kejayaannya walau media setempat mengkritik langkah tersebut, dengan alasan perusahaan sebelumnya pun gagal-kelola.

Asal tahu aja, Vu sebelumnya memegang posisi top di Nam Trieu Shipbuilding Industry Corporation – salah satu afiliasi Vinashin – namun kini Vu malah diangkat menjadi CEO Vinashin. Ada apa ?

Kisruh masih menggelayuti kubu Vinashin dan kayaknya bakal butuh waktu cukup lama untuk bisa keluar dari fenomena kegelapan alias kebangkrutan. Take care.

Sumber : STA.

Senin, 30 Agustus 2010

JT 300810 : COSCO & CSCL Ajak 'Puasa'


Para praktisi senior dari pelayaran besar Cina daratan mengingatkan agar pelayaran global "berpuasa" (limit capacity) dan jang terlalu mengumbar nafsu ekspansif karena bisa berakibat fatal. Setidaknya itu yang terucap dari perwakilan RRCina yang melihat perkembangan terkini.

Berbicara dengan Bloomberg, petinggi China Cosco Holdings Sun Jiakang dan Chairman China Shipping Container Lines (CSCL) Li Shaode meminta insan pelayaran untuk tetap menahan diri agar kestabilan harga bisa dijaga. Pasalnya, ngga mudah me-manage perbaikan yang sudah diperoleh saat ini.

Selain itu, Chairman COSCO Wei Jiafu pun akan mempergunakan pengaruhnya untuk memberikan pengertian kepada anggota Asian Shipowners' Forum (ASF) agar berhati-hati dengan tindakan ekspansif dan dampaknya. Kabarnya COSCO dan CSCL sepakat di tahun 2010 ngga orde kapal baru dulu.

MD CSCL Huang Xiaowen memberikan gambaran optimistis bahwa harga di Trans Pasifik (TP) meningkat 37% dari Juni lalu, menjadi USD 2.600 / FEU sedangkan harga di rute Asia-Eropa meningkat tipis USD 1.750 / TEU. Hmmm, pantas mereka pada ketakutan. Pintarnya, mereka tinggal memanen hasil tuh.

So what gitu 'loh. Akankah ada keseimbangan baru atau setiap pelayaran punya dalih masing-masing ? Just wait and see.

Sumber : Dari Sana-sini.

Minggu, 29 Agustus 2010

JT 290810 : Sinotrans Masuk Jaringan CGLN/WCA

Dalam waktu dekat, Sinotrans bakal join dengan China Global Logistics Network (CGLN) afiliasi  jaringan logistik yang menjangkau lingkup global dan tergabung dalam WCA Family of Logistics Network

Pfffuih, kehadiran anggota baru ini akan berdampak luar biasa bagi CGLN maupun WCA.

Sinotrans bukan merupakan perusahaan biasa tetapi salah satu raksasa transportasi di Cina daratan. Memiliki kantor berjumlah 200 cabang dengan 24.000 staf, sungguh merupakan suatu aset yang menakjubkan.

Presiden CGLN David Yokeum telah beberapa tahun bekerja dengan eksekutif Sinotrans sehingga menghasilkan prestasi besar ini. CGLN bakal segera mendaftarkan 200 kantor Sinotrans agar aktifitas harian WCA Family semakin hidup.

Hasilnya memang ngga akan tiba-tiba melejit tetapi seperti biasa melalui tahapan pengenalan, uji coba dan bila berhasil tinggal menikmati panen raya. Sinotrans memiliki biz di angkutan darat, laut dan udara, serta freight forwarding dan agensi.

Kekuatan Sinotrans antara lain, memiliki terminal berkapasitas 33,5 juta ton, lantas 98 kapal dengan kemampuan 353.142 ton, 56 lapangan kontainer (CY) seluas 1.872.650 meter persegi dan 335 unit pergudangan.

Selain itu, Sinotrans pun memiliki 6 (enam) pusat distribusi regional, sejumlah besar armada truk serta 8 (delapan) jalur rel kereta api khusus guna mendukung kelengkapan jasa intermodalnya. Pokoknya, kalo disebutin satu per satu, banyak menyita tempat.

 Asal tahu aja dulu deh. Congrats dan selamat bergabung di WCA Family. Good luck !

Sumber : HKSG.

Sabtu, 28 Agustus 2010

JT 280810 : Zim Bangkit Dari Kegelapan

Bisa jadi, tahun 2010 merupakan tahun kebangkitan (sebagian) pelayaran besar yang sebelumnya sempat terseok-seok karena deraan krisis keuangan global tempo hari, bahkan dikabarkan nyaris sekarat.

Namun dengan hentakan penyesuaian tarif di Semester 1 – 2010 yang luar biasa, laporan keuangan pelayaran selama 6 bulan pertama rata-rata menembus level BEP (break event point)  dan memangkas kerugian yang diderita tahun 2009.

Sebut saja, Hapag-Lloyd, CSAV dan kini Zim Line. Pelayaran asal Israel ini mencetak profit USD 3 juta net income di kuartal 2, padahal di priode yang sama tahun lalu Zim ambrol dengan kerugian USD 186 juta.

Zim (dengan bantuan induk perusahaannya, Israel Corp.) berhasil mencatat laba setelah melakukan sejumlah langkah dramatis, seperti restrukturisasi manajemen, efisiensi serta dukungan eksternal, penyembuhan ekonomi dunia.

Sebagai pembanding, rata-rata freight rate kuartal 2 – 2009 USD 1.057/TEU namun di tahun 2010 mencapai USD 1.328/TEU. Jumlah muatan pun meningkat, dari 438.000 TEUs menjadi 547.000 TEUs (Apr-Jun).

Congrats bila memang sudah mulai membaik kondisinya. Inikah indikator membaiknya industri maritim dunia ? Ahhh, terlalu dini menilai cuma satu semester. Kalo gitu, yuuuuk kita lihat di laporaan akhir tahun aja.

Take care.

Sumber : HKSG.

Jumat, 27 Agustus 2010

JT 270810 : CMA CGM Operasikan Kapal 13.830 TEUs Di Asia-Eropa

Pelayaran Perancis, CMA CGM, kembali mendapatkan kapal terbarunya dari seri 13.830 TEUs - CMA CGM Corta Real - yang dibuat galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME).

Kapal ini merupakan yang ke-3 dari total order 8 unit, setelah CMA CGM Amerigo Vespucci dan CMA CGM Christophe Colomb. Dua kapal terakhir sudah masuk servis FAL5 Asia - Eropa.

Kebetulan, CMA CGM Corte Real mulai bertugas di hari kemerdekaan Republik Indonesia (17/08) dan selanjutnya bakal memulai rotasi sbb: Shanghai - Shenzhen/Yantian - Tanjung Pelepas - Port Klang - Le Havre -Hamburg - Rotterdam - Zeebrugge - Port Klang - Singapore.

Pengoperasian kapal-kapal baru dan gede milik pelayaran ke-3 terbesar didunia maupun global operator lainnya, terkait erat dengan kondisi perekonomian dunia yang semakin membaik dan membludaknya muatan di era beban puncak (peak-season).

Mumpung ada kesempatan, kapan lagi Broer ? Ayooo sikat abiiiiiz.

Sumber : Dari Sana-sini.

Kamis, 26 Agustus 2010

JT 260810 : Evergreen Batalkan Order Ke STX


Kabar-kabar yang beredar menyebutkan bahwa pelayaran Taiwan, Evergreen Line, membatalkan order konstruksi kapal baru 10 x 8.000 TEUs ke pihak STX Shipbuilding, yang sempat ditandatangani di bulan Juli lalu. Evergreen tetap mencari galangan lain, sebagai alternatif.
Menurut media American Shipper, pelayaran yang bercokol di posisi 4 rangking dunia dalam jumlah kapasitas, tetap melanjutkan pembicaraan dengan Samsung Heavy Industries (SHI, Korea Selatan) dan CSBC (Taiwan) untuk order 20 unit kapal baru.

SHI dan CSBC masing-masing mendapat jatah membuat 10 unit kapal berkapsitas 8.000 TEUs, untuk masa pengiriman mulai tahun 2012 (SHI) dan 2013 (CSBC). Menurut media Jepang, Kaji Press, sang pendiri Chang Yung-fa ngga terburu-buru memutuskan. Enjoy aja lagi.

Asal tahu saja, Evergreen sudah cukup lama 'puasa' en ngga order kapal baru sejak tahun 2008 lalu dan sekalinya ngorder, bisa sampai 32 unit. Nah, setelah STX dicoret dari daftar, siapa lagi nih yang bakal dapat rejeki nomplok dari Evergreen ?

Sumber : HKSG.

Rabu, 25 Agustus 2010

JT 250810 : Pelabuhan Mumbai Kembali Normal

Setelah bergelut dengan kecaman, protes, kerja keras serta upaya-upaya lain, akhirnya bisnis di pelabuhan utama India, Mumbai dinyatakan normal kembali. Dua minggu lebih ditutup akibat timbulnya insiden tabrakan maut.

Rakesh Srivastava yang bertindak sebagai joint shipping secretary, mengatakan tidak ada lagi kongesti, 93 kapal sudah meninggalkan Mumbai dan JNPT sedangkan 80 kapal lainnya sukses melakukan bongkar muat.

Efektif per kemarin (24/08) pelabuhan Mumbai dan JNPT dinyakan normal sudah.  Akibat penutupan tersebut, pihak Federation of Indian Export Organization mengaku merugi USD 4 milyar.

Sebagaimana diketahui, kapal kontainer MSC Chitra bertabrakan dengan kapal bulk Khalijia 3 sehingga mengakibatkan urat nadi perdagangan utama India lumpuh total selama 2 minggu lebih.

Chairman Port of Mumbai, Rahul Asthana, berkomentar bahwa pihak MSC harus bertanggung jawab penuh atas kerusakan lingkungan yang ditimbulkan oleh tumpahan minyak berikut bangkai kontainer yang tercebur sekitar 300 box.

MSC sendiri sudah menyatakan pembelaannya, berdasarkan hasil rekaman black box yang diperdengarkan kepada pihak terkait, sedangkan pihak Khalijia 3 tidak mengungkap banyak atas sanggahan MSC tersebut.

Kelanjutan dampak tabrakan ini masih panjang, jadi simak terus kalo mo tahu perkembangannya.

Sumber : HKSG.

Selasa, 24 Agustus 2010

JT 240810 : CSAV-Libra & Hamburg-Sud Perluas Jangkauan


Pelayaran manapun boleh dibilang lagi sumringah karena rata-rata perolehan freight di Semester 1 (Januari - Juni) tahun 2010 ini cukup menggembirakan. Efeknya, karena banyak yang untung, jadi ya dipake buat ekspansi disamping memang ada rencana yang tertunda dari pelayaran bersangkutan.
CSAV (Cile) dan Libra (Brazil) bahkan bakal segera meluncurkan servis anyar antara Far East - South Africa - demikian papar laporan ComPair Data. Servis New Discovery ini akan memasang 8 kapal berkemampuan 2.609 TEUs dan semuanya disiapkan CSAV, Libra membeli slot doang.

Rotas New Discovery : Xingang - Ningbo - Shanghai - Shezhen/Chiwan - Hong Kong - Singapura - Durban - Cape Town - Singapura - Xingang - Ningbo - Shanghai - Shenzhen/Chiwan - Hong Kong. Mantap Man and Congrats !

Disisi lain, pemain lain yang juga sibuk berbenah adalah Hamburg-Sud (H-S). Tiga servis yang ada saat ini EMNR (Northern Route), UKEI (Europe East Med/Israel service) dan EMSR (Southern Route) bakal disederhanakan menjadi 2 yakni : NESM dan NENM.

NESM = North Europe - South Mediterranean service, memasang kapal 5 x 2.500 - 2.700 TEUs, rotasinya : Felixstowe - Antwerp - Hamburg - Tangiers - Alexandria - Limassol - Ashdod - Mersin - Haifa - Alexandria - Felixstowe.
NENM = North Europe - North Mediterranean service, memasang kapal 5 x 1.700 - 2.100 TEUs, rotasinya sebagai berikut: Felixstowe - Hamburg - Antwerp - Tangiers - Beirut - Lattakia - Kumport - Gebze - Izmir - Salerno - Felixstowe.

Kapal perdana NESM, Cap Bizerta ETD 26/09 (southbound) dan Cap Palmas ETD 03/10 (northbound). Kapal perdana NENM, Santa Francesca ETD 22/09 (southbound) dan Santa Francesca - kapal yang sama - ETD 08/10 (northbound).

Sumber : HKSG.

Senin, 23 Agustus 2010

JT 230810 : Cronos Tambah Modal USD 1 Milyar


Eeh eeh eeh ...duit ngucur darimana tuh ? Gede juga 'loh, USD 1 milyar !
Perusahaan persewaan kontainer yang dikenal dengan lambang kuda laut, Cronos Ltd, baru-baru ini menerima kucuran dana dari Kelso & Company - sebuah perusahaan yang fokus di private equity investment. Tapi nantinya TCG Fund pun akan menambah setoran untuk memperkuat porto folio.

Transportation Capital Group (TCG) merupakan pemegang saham mayoritas di Cronos dan kehadiran mitra baru Kelso pastinya akan memperkuat eksistensi Cronos di industri persewaan kontainer - demikian sebagaimana disampaikan Presiden & CEO Cronos, Peter Younger.

Pokoke, selamat berkolaborasi dan semoga semakin berjaya. Hidup Cronos.

Sumber : HKSG.

Minggu, 22 Agustus 2010

JT 220810 : Pemerintah India Tekan Smith Internationale


Pemerintah India sudah memberikan batas waktu hari Sabtu kemaren kepada tim pembersih, Smith Internationale NV, agar proses pemindahan kontainer yang tercebur ke laut bisa segera beres.
Masalahnya, hingga kini pelabuhan Mumbai dan JNPT nyaris ngga berfungsi normal seperti sediakala karena dampak insiden tabrakan maut antara kapal kontainer MSC Chitra dan kapal bulk Khalijia 3 memang diluar dugaan. Selain menumpahkan kontainer, juga ada tumpahan minyak.

Asal tahu aja, dalam sehari, Smith hanya mampu menarik 4-6 unit kontainer saja. Nah bayangkan bila ada sekitar 300-an kontainer yang tercecer (baik yang mengapung maupun yang terendam di dasar laut), kapan selesainya ?
Pemerintah sangat peduli karena hampir 40 persen pergerakan kargo ekspor India ditangani via pelabuhan ini. Selain itu, pabrik pengilangan minyak Bharat Petroleum pun sempat was-was karena 3 kapal pengangkut minyak mentahnya, sempat tertahan akibat insiden ini.

Bagi pelayaran pelat merahnya, Shipping Corp. of India (SCI) pihaknya sudah nyolot abiiiz karena bisa berdampak kepada bisnisnya. Dari pihak pelabuhan sendiri menyebutkan, 32 unit kapal antri tunggu giliran sandar. Jadi, harus gimana ?

Dari total jumlah muatan 1.219 kontainer diatas kapal, 31 kontainer diantaranya memuat barang berbahaya (dangerous goods) dan pestisida. Namun demikian pihak MSC menyebutnya, dikemas dalam kondisi bagus
("well-packed").

Ikuti terus perkembangannya secara seksama. Ingat, beberapa pelayaran masih menyetop tidak menerima mutaan ke Mumbai. Jadi, jangan pasang badan karena sikonnya benar-benar krodit.

Sumber : HKSG.

Sabtu, 21 Agustus 2010

JT 210810 : Kapal Baru Pengaruhi Harga Akhir Tahun

Hingga pertengahan tahun 2010, boleh dibilang perusahaan pelayaran global berhasil meraih ‘gain’ dan membalik raport dari merah (rugi) menjadi hitam (untung). Namun akankah kondisi ini terus berlangsung di Semester 2 – 2010 ?
Dari pantauan seorang petinggi Wilhelmsen Ship Service, Winston Loo (Managing Director), harga uang tambang kontainer ex Malaysia memang meningkat, mendekati level sebelum krisis global. Hal ini dipacu kombinasi space demand dan kesulitan kontainer.
Dibanding tahun lalu, base ocean freight Asia – Eropa, Middle East dan Trans Pasifik (TP) meningkat antara 50-60 persen. Khusus untuk rute Amerika Selatan, kenaikan tarifnya bisa sampai 3x lipat – demikian papar media Malaysia Star.
Namun memasuki Semester 2 ini, walau sejak sebulan lalu diumumkan bakal ada kenaikan harga seiring traditional peak season surcharge (PSS), nampaknya bakal mengalami ujian berat. Tidak penuh pun (full amount) penerapan PSS sudah beruntung.
Apa pasal yang menyebabkan pesimisme tersebut ? Loo menyebutkan, pengiriman sejumlah kapal baru dengan kapasitas yang juga besar, bisa mempengaruhi komposisi harga menjelang akhir tahun. Bahkan prediksinya, hingga tahun 2011, harga akan benar-benar kritis.
Nah, sudah ada sinyal begini, mari kita simak terus perkembangan info diluar, karena cepat atau lambat, indikasi ini bisa terbukti. Ngga percaya ? Silahkan ikuti terus, stay tune.
Sumber : HKSG.
 

Kamis, 19 Agustus 2010

JT 190810 : Sisa-sisa Tabrakan MSC Chitra

Sudah hampir 2 (dua) minggu kejadian tabrakan antara kapal kontainer MSC Chitra dan kapal bulk Khalijia 3 di perairan India sana, tetapi proses pengangkatan dan pembersihan di sekitar pelabuhan masih berlangsung. Kabarnya dari 250 unit kontainer yang berceceran di laut, masih banyak yang belum terangkat.


Kini, pasukan angkatan laut India turun tangan ikut serta mengamankan aktifitas pelabuhan tersibuk di Mumbai dan Jawaharlal Nehru Port Terminal (JNPT) karena hingga kini belum operasional sepenuhnya seperti sedia kala. Kabarnya malah, ada 2 (dua) kontainer yang berisi bahan kimia berbahaya.

Menurut investigasi tim angkatan laut India, bisa sebagian kontainer sudah 'duduk manis' didasar laut. Kejadian tabrakan ini terjadi tanggal 07/08 lalu dan menghempaskan ratusan kontainer di perairan sekitar serta sempat menimbulkan tumpahan minyak ratusan ton.

Bagaimana detilnya, masih terus diikuti secara seksama. Ngga gampang ngebersihin perairan dari ceceran kontainer dan minyak kapal. Good luck dan semoga cepat beres deh.

Sumber : STA.

Rabu, 18 Agustus 2010

JT 180810 : TCC Maju Selangkah Lagi

The Containership Company (TCC) mengumumkan bahwa dalam waktu dekat, pihaknya akan menambah pelabuhan Ningbo dalam rotasi servis Great Dragon, yang saat ini melayani Taicang – Los Angeles.
 
COO TCC, Franck Kayser, menyebutkan ekspansi servis ini merupakan respon atas permintaan Customer untuk memperluas jaringan TCC di RRCina – demikian pernyataan yang dikeluarkan TCC.
 
Rencananya, Ningbo akan mulai dilayani per tanggal 10/09 dengan kapal Nanjing Dragon (2.900 TEUs), waktu tempuhnya 17 hari dari Ningbo ke Los Angeles. Siiplah, maju terus pantang mundur.
 
Lagi pula, untuk mengikuti tren pasar yang serba berbasis teknologi informatika (TI) maka TCC pun meluncurkan website yang memberikan kemudahan akses jadual kapal dan booking via web.
 
Alamatnya di www.containership-company.com. Enjoy ...
 
Sumber : TCC.

Selasa, 17 Agustus 2010

JT 170810 : RCL Jeblok, CSAV Membaik

Potret industri pelayaran ternyata masih bervaiasi. Buktinya masih ada yang merugi dan ada juga yang meraih profit. Pengamat awalnya optimis banget, semua pelayaran bakal untung karena adanya perbaikan ekonomi dunia.
 
Regional Container Lines (RCL) yang bermarkas di Bangkok, termasuk yang belum beruntung memanfaatkan momen penting dimana perolehan kuartal 2 – 2010 membukukan kerugian THB 193 juta.
 
Angka itu sebenarnya 33% membaik dibanding hasil periode yang sama tahun lalu dan total volume yang diangkut RCL selama Apr-Jun 2010 meningkat 10% ‘loh, menjadu 640.685 TEUs.
 
Disisi lain, pelayaran yang tahun lalu sempat terseok-seok akibat dilanda krisis keuangan, CSAV, kini mulai berangsur-angsur pulih. Selama Semester 1 – 2010 pelayaran asal Cile ini berhasil keluar dari raport merah.
 
Sebagai gambaran, Semester 1 – 2009 CSAV membukukan kerugian USD 402 juta namun di awal tahun ini berhasil membukukan profit USD 37 juta (Semester 1). Secara khusus, perolehan kuartal 2 mencapai USD 69 juta dan itu bagus banget.
Selama 7 bulan pertama tahun ini, volume CSAV melonjak 60% menjadi 1,5 juta TEUs sementara pemulihan harga meningkat 55% dibanding periode terendah di Agustus 2009 lalu – demikian ungkap Containerisation International (CI).
Guys, yang penting sama-sama tahu aja.
Sumber : HKSG. 

Senin, 16 Agustus 2010

JT 160810 : SCI Lepas 20% Saham


Niatan pelayaran pelat merah India, Shipping Corp. Of India Ltd (SCI) untuk ekspansi dan mendapat suntikan dana segar ngga main-main. Target yang dipatok 400 milyar Rupee di tahun ini.

Pemerintah berencana melepas 20% saham SCI, termasuk saham di Coal India Ltd dan Steel Authority 0f India Ltd. Kekuatan ekonomi ke-3 didunia ini sangat memerlukan dana karena dilanda defisit akibat krisis tempo hari.

Hasil positif selama kuartal 1 – 2010 dengan kenaikan profit 60% memunculkan optimisme bahwa perbaikan ekonomi sudah dimulai. Rencana pelepasan saham ini sudah dimulai sejak 2005.

Rencananya duit segar tersebut akan dipakai untuk membeli kapal baru, kapal bekas maupun menyewa kapal komersil lainnya. Watch out !

Sumber : STA (maaf, JT 150810 kemarin ngga terbit, repot Broer).

Kamis, 12 Agustus 2010

JT 120810 : KMTC, Sinotrans Buka Servis CKI

Pelayaran Korea Selatan yang cukup agresif di pasar, Korea Marine Transport Co. (KMTC) menggandeng Sinotrans guna memulai kerjabareng di area Intra-Asia, menghubungkan RRCina - Korea dan Indonesia (CKI). Kapal pertama Ling Yun Fen (1.702 TEUs), dioperasikan Sinotrans, TD Busan 27/07.
Kapal pendukung lainnya disumbang oleh KMTC, yakni KMTC Hong Kong (1.585 TEUs) dan Manuela (1.661 TEUs). Rotasi pelabuhan CKI sebagai berikut : Busan - Kwangyang - Shanghai (Waigaoqiao) - Ningbo - Hong Kong - JAKARTA - Singapura - Kaohsiung - Busan.

Wah baru pindahan kantor (KMTC) ke Thamrin. ehh ... sekarang menggelontorkan servis anyar lagi. Mantap tenan.

Sumber : Dari Sana-sini.

Rabu, 11 Agustus 2010

JT 110810 : Hanoi Janji Selamatkan Vinashin


Merujuk perkembangan terkahir atas nasib raksasa transportasi negeri semata wayang, Vietnam, yang kini tengah diprediksi akan bangkrut,. secara reflek partai komunis yang berkuasa di Hanoi mengindikasikan bakal memberikan pertolongan agar Vietnam Shipbuilding Industry Group (Vinashin) tetap bisa berkibar.
Menurut media setempat, Polit Biro sudah menginstruksikan untuk merestrukturisasi Vinashin dan kedepannya akan fokus di shipbuilding & repair, selain tentunya meningkatkan keterampilan sumber daya manusia (SDM) - papar Vietnam News. Menurut data pemerintah, aset Vinashin per akhir Juni 2010 punya 90 trilyun dong namun hutangnya 86 milyar dong. Gimana dong ?

Akibat mis-manajemen ini, setidaknya terjadi pemangkasan gede-gedean remunerasi 70.000 karyawan, disamping 5.000 pekerja galangan. Polisi berhasil menahan petinggi Vinashin, Pham Thanh Binh (57 tahun) yang didakwa membangkrutkan perusahaan.

Lantas kedepannya, mau kayak gimana wajah Vinashin. Kita tunggu gebrakan selanjutnya, selamat berjuang dan semoga sukses Kamerad !

Sumber : STA.

Selasa, 10 Agustus 2010

JT 100810 : MSC Chitra Bertabrakan Di Mumbai

Sebagai dampak dari tabrakan dramatis antara kapal tramper bulker Kuwait, Khalijia 3 (41.829 ton) dengan kapal kontainer MSC Chitra (2.314 TEUs), pemerintah India menutup pelabuhan Mumbai selama 3 (tiga) hari untuk mengangkat kontainer yang tercebur ke laut dari kapal MSC tersebut.

Padahal pelabuhan Mumbai merupakan salah satu gerbang utama barang keluar masuk India dan meng-handle sekitar 40% kargo ekspor - demikian menurut laporan Bloomberg. Sekitar 250 kontainer berserakan di laut sehingga perlu penyelamatan beberapa hari untuk menetralkan situasi.

Jawaharlal Nehru Port dan Mumbai masih menunggu laporan lebih lanjut karena karena kabarnya kapal Khalijia 3 ternyata ngga laik-laut dan penyelidikan kriminal langsung dilaksanakan. Pemilik kapal Khalijia 3 - Gulf Rocks Co. - enggan berkomentar atas kejadian diatas.

Menurut info, pihak Maersk Line untuk sementara waktu tidak menerima muatan ke tujuan Mumbai karena saat ini pun ada kapal yang siap berlayar namun belum diijinkan karena terhalang kontainer yang jatuh dari kapal MSC Chitra. Puluhan kapal mengantri diluar, menunggu giliran sandar.

Agar diperhatikan bagi Anda yang mempunyai prospek kargo India, khususnya Mumbai atau yang dekat ke JNPT juga. Take care.

Sumber : HKSG.

Senin, 09 Agustus 2010

JT 090810 : SCI Ambil Opsi Kapal Sewa Dulu

Pelayaran pelat merah India, Shipping Corporation of India (SCI), berencana menyewa 3 unit kapal kontainer dengan masa sewa 3-5 tahun, seiring dengan perbaikan perekonomian dunia sehingga semua pelayaran berangsur-angsur merevisi servisnya.

Tak terkecuali dengan SCI, yang di kuartal 2 - 2010 (Apr-Jun) posisi keuangannya membaik atau "back into black'. Divisi kontainer disebut-sebut menyumbang 60% kontribusi positif dan keberuntungan tersebut diperoleh karena membaiknya ocean freight. Jadi semangat ekspansi tumbuh nih.

Lantas, kalau nambah kapal mau dibawa kemana tuh ? Rupanya target yang diincar adalah kawasan Mediterania dan sejumlah pelabuhan yang diminati adalah Port Said, Istanbul, Barcelona, Genoa dan La Spezia. Efektifnya sekitar September-Oktober mendatang.

Kapal yang siap disewa adalah 2 x 3.500 TEUs selama 3 tahun dengan opsi perpanjangan dan 1 x 5.000 TEUs selama 2-3 tahun. SCI sih sudah berencana order 3 x 6.500 TEUs dan 3 x 3.500 TEUs. Saat ini SCI mengoperasikan 8 unit kapal, 5 diantaranya kapal milik (owned).

Congrats deh Bro'.

Sumber : Dari Sana-sini.

Jumat, 06 Agustus 2010

JT 060810 : Ledakan M Star Diklaim Al Qaeda

Sebuah kelompok teroris yang terhubung dengan jaringan Al Qaeda mengklaim bertanggung jawab atas misteri ledakan yang menimpa kapal VLCC Jepang milik Mitsui O.S.K Lines (MOL) bernama M Star di Selat Hormuz minggu lalu. Benarkah ini ada kaitannya ?

Begitulah media mendeklarasikan namun benar tidaknya, baru terbukti di kemudian hari. Brigade Abdullah Azzam mengaku bertanggung jawab atas leadakan yang dilakukannya tanggal 28/07 dan hal tersebut dilakukan atas nama forum Jihad. Benarkah harus begitu caranya ?

Ledakan ini, konon, merusakkan beberapa bagian penting diatas kapal bertipe very large crude carrier (VLCC), termasuk ruang akomodasi kru dan bahkan melukai anak buah kapal. Al Qaeda sendiri belum memberikan respon atas info diatas.

Nah 'loh, memang beneran Al Qaeda atau 'Al Qaeda' jadi-jadian nih ? Main klaim atas nama agama segala lagi ? Pffuih, dunia semakin ribet aja ya ... take care. Pihak berwenang sudah menginvestigasi dan kita tunggu kabar selanjutnya.

Sumber : STA.

Kamis, 05 Agustus 2010

JT 050810 : UASC & UAAA Bekerja Bareng

Inchape Shipping Services (ISS) - afiliasi United Arab Agencies (Australia) Pty Limited, telah ditunjuk menjadi agen pelayaran United Arab Shipping Company (UASC) diseluruh Australia. Penunjukan ini terkait dengan masuknya pelayaran Arab dengan servis barunya AAC1.

Dengan menggandeng HMM, CSCL dan Hapag-Lloyd (H-L), UASC meluncurkan servis barunya Asia Australia Container Service (AAC1), menghubungkan Asia Tenggara dengan benua Kangguru, efektif September mendatang. Setiap pelayaran menyumbang 1 (satu) unit kapal berkapasitas antara 2.200-2.300 TEUs.

Rotasi AAC1 sebagai berikut: Port Kelang - Singapura - Fremantle - Melbourne - Sydney - Adelaide - Port Kelang. Bagi ISS yang dikenal sebagai leading independent agencies di Asia dan Timur Tengah, penunjukan ini merupakan langkah penting untuk kolaborasi lebih lanjut.

Sukseskah ? Semoga. Congrats ya.

Sumber : STA.

Rabu, 04 Agustus 2010

JT 040810 : Cosco Terima Kapal 5.100 TEUs Terakhir

Bukan berarti kedepannya, Cosco ngga dapat atau ngga bisa beli kapal anyar lagi. Tapi ini adalah kapal terakhir dari bagian awal dari proses peremajaan dan penambahan armada untuk keperluan ekspansi. Baru-baru ini, pelayaran pelat merah RRCina ini mendapat kapal Cosco Tian Fu.

Kapal diatas merupakan bagian akhir dari total pesanan 12 unit untuk kelas 5.100 TEUs. Order ini dipercayakan ke putera-puteri negeri sendiri, di galangan kapal Shanghai Jiangnan Changxing Heavy Industry. Jarang denger khan namanya, tapi ya disanalah kapal ini digarap.

Kabarnya, Cosco Tian Fu bakal memperkuat armada di rute Trans Pasific (TP) - demikian tulis media cetak American Shipper. Info lebih lanjut, silahkan kontak agen pelayaran terdekat atau bisa klik di www.coscon.com. Congrats.

Sumber : Dari Sana-sini.

Selasa, 03 Agustus 2010

JT 030810 : Matson Melipat Gandakan Kekuatan

Induk organisasi pelayaran bernama Matson Navigation, Alexander & Baldwin (A&B) mengumumkan rencananya untuk menambah armada kapalnya, terutama ke wilayah RRCina, setelah pada laporan kuartal 2 - 2010 ternyata mendapati kenaikan 129%. Wooow mantap.

A&B akan menyewa 5 (lima) kapal asing dengan kapasitas rata-rata 3.500 TEUs dan mengoperasikannya di rute : Hong Kong - Shenzen - Shanghai - Long Beach - Hong Kong. A&B yang bermarkas di Honolulu ini melaporkan profitnya selama 3 bulan kedua mencapai USD 28,9 juta.

Pasar Amrik - RRCIna merupakan pasar yang penuh pesona, kompetisi dan tantangan sehingga bila bisa melaluinya dengan baik, maka akan menjadi pemain yang cukup diperhitungkan. Setidaknya Presiden dan CEO A&B, Stanley Kuriyama sangat puas dengan hasil kuartal ke-2 tersebut.

Biasanya, Matson selalu menggunakan kapal berbendera Amrik tetapi kali ini tidak. Ada alasan khusus ? Kapal tidak dibuat di Amrik dan tidak pula menggunakan personil berkebangsaan negeri Uwak Sam. Sebegitu yakinnya Matson menggandakan kekuatan kapalnya ?

Pasti ada data yang mendukung sehingga Matson yakin banget dengan prospek diatas, congrats.

Sumber : HKSG.